FK-KMK UGM Menggiatkan Gerakan Sehat Bersama

FK-KMK UGM. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menggandeng RSA UGM menggiatkan gerakan sehat bersama bertajuk RSA UGM Road to Campus, Jumat (20/5). Adapun ragam kegiatan yang dilakukan di antaranya adalah: Senam Bersama, Pemeriksaan Posbindu yang terdiri dari periksa Gula Darah Rutin, Kolesterol & Asam Urat, dan diakhiri dengan kegiatan talkshow kesehatan Bersama.

Acara senam sehat bersama ini diikuti oleh jajaran Dekanat, Mahasiswa Blok C.6 program internasional maupun regular, maupun tenaga kependidikan FK-KMK UGM. Selepas acara senam sehat, peserta juga mengikuti pemeriksaan Posbindu di selasar Auditorium FK-KMK UGM, paralel dengan kegiatan talkshow kesehatan di ruang Auditorium FK-KMK UGM.

Wakil Dekan Bidang Kerjasama, Alumni, dan Pengabdian Masyarakat FK-KMK UGM, dr. Yodi Mahendradhata, MSc., PhD., FRSPH., mengungkapkan bahwa salah satu implementasi program HPU di FK-KMK UGM adalah senam kluster kesehatan dan posbindu yang telah digelar secara rutin menggandeng Fakultas Farmasi maupun Fakultas Kedokteran Gigi UGM.

“Melalui kegiatan hari ini, semoga semakin banyak terobosan yang dilakukan oleh RSA UGM, dan segenap pihak juga bisa turut berkontribusi untuk meningkatkan program HPU UGM,” terangnya.

Acara ini juga dihadiri oleh Direktur SDM dan Akademik RSA UGM, Apt. Ika Puspitasari, MSi., PhD., serta Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan, dr. Ade Febrina L., MSc., SpA(K).

“Medical Check Up merupakan investasi diri dan institusi untuk mencegah penyakit ke tahap yang lebih serius, serta mengurangi biaya medis jangka panjang,” ungkap dr. Ade saat memberikan paparan dalam sesi Talkshow.

Sesi talkshow kali ini juga membahas mengenai catering sehat nutrihospita yang menyediakan beragam menu sehat.

“Gaya hidup makanan cepat saji dan instant yang dikonsumsi dalam jangka panjang akan mengakibatkan permasalahan kesehatan. Inilah yang menyebabkan peningkatan kasus tidak menular. Peningkatan kasusnya sudah dimulai dari usia muda,” tegas Kepala Instalasi Gizi RSA UGM, Yusmiyati, SGz (Wiwin/IRO); Foto: Yuga).

X