Sambutan Dekan FK-KMK UGM Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Ph.D., SpOG(K)

sekilasedit

Selamat datang di laman web Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM.

Kami, jajaran pimpinan fakultas dengan penuh suka cita mengajak para pembaca sekalian untuk berselancar mengenal program maupun lingkungan kampus FK-KMK UGM melalui laman web ini. Semoga laman ini bisa menjadi sumber beragam informasi akademis maupun dinamika fakultas yang bermanfaat bagi para pembaca.

FK-KMK UGM dikenal sebagai Fakultas Kedokteran tertua di Indonesia. Perpindahan Perguruan Tinggi Kedokteran (PTK) Jakarta ke Klaten sebagai pusat bagian preklinik dan Surakarta sebagai bagian klinik tahun 1946 telah menjadi penanda tonggak sejarah pendirian Fakultas Kedokteran UGM, yang sejak tahun 2017 bernama Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM.

Sejak awal pendiriannya, fakultas memegang teguh nilai Pancasila, Perjuangan, Nasionalisme Kebangsaan, Kerakyatan, dan Kebudayaan yang telah menjadi urat nadi institusi dalam mengejawantahkan penyelenggaraan kegiatan Tri Dharma perguruan tinggi. Semangat kekeluargaan, gotong royong, pantang menyerah, kerjasama tim, kearifan lokal, kemanusiaan, dan kerakyatan telah menjadi nilai keutamaan untuk proses perkembangan fakultas.

Berbasis pada perkembangan disiplin ilmu, saat ini fakultas memiliki 32 departemen, 3 program studi Sarjana, 7 program studi Magister, 20 Program Pendidikan Dokter Spesialis serta 1 program Doktoral. Internasionalisasi institusi pendidikan menjadi semangat kami dalam mengelola fakultas. Program student exchange, International Undergraduate Program (IUP) Kedokteran, guest lecture, akreditasi internasional, peningkatan kualitas sarana prasarana, perbaikan kurikulum berkesinambungan, hingga perluasan mitra kerjasama internasional menjadi bentuk program fakultas untuk mendukung atmosfer pembelajaran mahasiswa yang kondusif dan bertaraf global. Profil departemen, sarana prasarana, penelitian, publikasi, kerjasama, dan ruang mahasiswa menjadi ragam menu yang telah kami sajikan melalui laman web ini.

Fakultas juga memiliki program unggulan Community and Family Health Care Interprofessional Education (CFHC-IPE). Program ini merupakan bagian dari upaya fakultas untuk membangun wahana pembekalan dan pembelajaran mahasiswa mengenai permasalahan kesehatan masyarakat secara komprehensif. Selain itu CFHC-IPE menjadi wadah untuk membangun kerjasama tim lintas profesi yang menjadi bekal bagi mahasiswa dalam memberikan pelayanan kesehatan masa depan. Program pendidikan yang dikembangkan dalam proses pembelajaran fakultas juga selaras dengan semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk memberikan ruang keterbukaan pembelajaran bagi seluruh mahasiswa.

Akhir kata, fakultas akan terus berupaya menyajikan informasi berkualitas dan up to date dalam pengelolaan laman web: https://fkkmk.ugm.ac.id. Oleh karenanya, kami juga membuka ruang kritik, masukan, maupun saran dari para pembaca untuk merawat pengembangan laman media informasi ini. Terima kasih dan selamat membaca.

 

Dekan

Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., PhD., SpOG(K)

X