Profil Departemen

tanggarpedit

Departemen Anatomi adalah nama menurut Struktur Organisasi dan Tatakelola Fakultas di Lingkungan UGM tahun 2015 sebelumnya bernama Bagian Anatomi, Embriologi dan Antropologi. Kegiatan Departemen Anatomi dimulai sejak awal didirikannya Perguruan Tinggi Kedokteran pada tahun 1946 di Klaten. Pendiri Departemen ini ialah Prof. Drs. R. Radiopoetro dan Prof. dr. R. Soewasono. Selanjutnya pada tahun 1949 Perguruan Tinggi Kedokteran, termasuk Departemen Anatomi, pindah ke kawasan Mangkubumen Kompleks Kraton Yogyakarta sebagai Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Farmasi Universitit Gadjah Mada, yang kemudian mandiri menjadi Fakultas Kedokteran UGM. Pada tahun 1966 terjadi perubahan, yaitu dikembangkannya Bagian Histologi di luar Departemen Anatomi. Dengan dibangunnya kampus FK UGM di Sekip, sejak tahun 1980 Departemen Anatomi menempati Gedung Anatomi Histologi sampai sekarang. Pada Tahun 2008 terjadi perubahan yaitu Lab. Bio & Paleoantropolgi beserta staf pendidik dan kependidikannya terlepas dari struktur Departemen Anatomi.

Pengurus Departemen Anatomi Periode tahun 2021 – 2026

Ketua Departemen       : Dr. dr. Dwi Cahyani Ratna Sari, MKes., PA(K)

Program S2

Sejak tahun ajaran 1980/1981, diselenggarakan Pendidikan Pascasarjana Program Studi Ilmu Kedokteran Dasar dan Biomedis, minat Anatomi, dengan subminat : 1) Makroanatomi 2) Neuroanatomi 3) Anatomi Perkembangan. Ketua minat Anatomi adalah dr. Nur Arfian, PhD. dengan Program Unggulan pada Neuroscience, Makroanatomi, Kinesiolog dan Biomekanika serta Anatomi Perkembangan

Staf Pendidik

  1. Dr. dr. Ch. Tri Nuryana, M.Kes
  2. dr. Dian Prasetyo Wibisono, M.Sc.
  3. Dr. dr. Dwi Cahyani Ratna Sari, M.Kes.PA(K)
  4. dr. Dwi Yatmo, M.Kes, PA
  5. dr. Efrayim Suryadi, S.U., PA(K)., MHPE.
  6. dr. Eryna Ayu Nugra Desita
  7. dr. Junaedy Yunus, M.Sc., Ph.D.
  8. dr. Nur Arfian, Ph.D.
  9. dr. Ratih Yuniartha, Ph.D.
  10. dr. Santosa Budiharjo, M.Kes., PA(K).
  11. Wiwit Ananda Wahyu Setyaningsih, S.Keb., M.Sc.

Divisi Makroanatomi

  1. dr. Dwi Yatmo, M.Kes.,PA
  2. dr. Santosa Budiharjo, M.Kes., PA(K).
  3. dr. Nur Arfian, Ph.D

 

Divisi Neuroanatomi

  1. Dr. dr. Dwi Cahyani Ratna Sari, M.Kes.,PA(K)
  2. dr. Junaedy Yunus, M.Sc., PhD
  3. dr. Dian Prasetyo Wibisono, MSc.

 

Divisi Anatomi Perkembangan

  1. dr. Efrayim Suryadi, SU.,PA(K).,MHPE
  2. Dr. dr. Muhammad Mansyur Romi, SU.,PA(K)
  3. Dr. dr. Ch. Tri Nuryana, M.Kes

 

Staf Kependidikan

  1. Murjiono
  2. Mulyana
  3. Sukarjo
  4. Suyadi
  5. Krisna Wulandari
  6. Harjito
  7. Gampang Haryono

 

Kontak Departemen

Departemen Anatomi

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan  Universitas Gadjah Mada

Jalan Farmako, Sekip Utara, Yogyakarta 55281

Telp. +62 274 6492521; Fax. +62 274 547730

Email : anatomi.fk@ugm.ac.id

Website:https://anatomi.fk.ugm.ac.id

Proses pendirian Laboratorium Anestesiologi tidak terlepas dari perkembangan laboratorium bedah. Sebelum tahun 1980 Anestesiologi masih merupakan Unit dari Laboratorium Bedah FK UGM dimana pendidikan dokter (S1) kuliah anestesi untuk mahasiswa masih bersama sama dengan ilmu bedah, namun persiapan untuk menjadi bagian Unit tersendiri sudah mulai dirintis oleh alm. Dr Ismail Sudjud SpAn, dr Bambang Suryono, SpAn, dr Pandit Sarosa, SpAn, dr. Muhdar Abubakar, SpAn,. Kepala Laboratorium Bedah pada saat itu dr Sudibyo (alm) sangat mendorong serta mendukung proses terbentuknya laboratorium anestesiologi FK UGM. Unit anestesi di RS Mangkuwilayan adalah tempat awal mempersiapkan Laboratorium Anestesiologi FK UGM.

Tahun 1980 sudah ikut dalam lokakarya pendidikan S1 dan pada tahun 1981 proses pembentukan Bagian Anestesiologi FK UGM berjalan terus dengan keikutsertaan dalam menyusun kurikulum inti Fakultas Kedokteran. Sebagai Kepala Laboratorium Anestesiologi dan Perawatan Intensif FK UGM yang pertama adalah dr. Muhdar Abubakar dan Kepala Unit Pelaksana Fungsional (UPF) adalah dr. Pandit Sarosa H, SpAn.

Tahun 1982 acara resmi FK UGM telah berdiri Laboratorium Anestesiologi dan perawatan intensif (sekarang bagian Anestesiologi dan Terapi Intensif) dan sekaligus sebagai unit pelaksana Fungsional (UPF), sekarang SMF  (Satuan Medik Fungsional) Anestesiologi dan perawatan Intensif RSUP Dr. Sardjito (sekarang RS Sardjito)

Pada Tahun 1985 Bagian Anestesiologi FK UNDIP Semarang ( Sebagai bapak) Angkat) dapat menyetujui Bagian Anestesiologi dan Perawatan Intensif FK UGM RSUP Dr. Sardjito sebagai pembimbing / pembina PPDS 1 Anestesiologi FK UGM dengan jumlah Staf 5 orang (lima) orang yaitu dr. Ismail Sudjud, SpAn (alm), dr. Bambang Suryono, SpAn, dr. Muhdar Abubakar SpAn, dr. Pandit Sarosa, SpAn dan dr. Tantani Sugiman (dokter umum) serta mendapat 3 orang residen dari UNDIP (dr. Urip Suroyo, dr. Sudarto, dan dr. FX Suwandi) dari bagian Anestesiologi FK UNDIP untuk melaksanakan pendidikan selama 1 semester di laboratorium Anestesiologi dan Perawatan Intensif FK UGM / RSUP Dr Sardjito.

Pada tanggal 1 Januari 1989 mulai mendidik residen sendiri (dr. I Gusti Nguarah Rai A sebagai residen pertama) sekarang Staf / konsulen Anestesi Bedah Jantung. Dan secara resmi diakui oleh departemen pendidikan dan kebudayaan (DEP. P dan K) sebagai pusat pendidikan PPDS I dalam bidang studi Anestesiologi dan Perawatan Intensif.

Terjadi beberapakali perubahan nomenklatur Anestesi, sesuai dengan perkembangan keilmuan. Pada tahun 1998 sesuai konggres di Jogjakarta disepakati berubah menjadi Anestesiologi dan Reanimasi, dan mulai 2010 sampai sekarang menjadi Anestesiologi dan Terapi Intensif.

Pengembangan Keilmuan

Saat ini Keminatan di Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif ada 8, meliputi Intensive Care, Neuroanesthesia, Pediatric Anesthesia, Obstetric Anesthesia, Regional Anesthesia, Pain Management, Anesthesia Kardiovaskuler dan Emergency. Selama enam tahun terakhir 5 staf telah menyelesaikan pendidikan doktor, masing – masing dalam bidang neuroanesthesia, obatetric anesthesia dan kardiovaskuler.

Deivisi obstetric anesthesia ditunjuk oleh perhimpunan untuk menyelenggarakan pendidikan konsultan, saat ini telah memasuki tahun kedua. Pengembangan terus dilakukan untuk menyempurnakan sistem pendidikan di bidang ini yang semula hospital base menuju university base.

Divisi Kardiovaskuler mulai dikembangkan sejak dua puluh tahun yang lalu. Bekerjasama dengan Rumah Sakit Pusat Jantung Nasional Harapan Kita Jakarta dan saat ini tim bedah kardiovaskuler dengan tim anestesi cardiovaskuler Dr, Ngurah Artika SpAn, KAKV, Dr. Bhirowo Yudo Pratomo, SpAn, KAKV dan Dr, Juni Kurniawaty SpAn telah mampu melaksanakan bedah jantung mandiri, dengan jumlah pasien yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Divisi Pediatric Anesthesia yang bergabung dengan tim bedah anak dirintis oleh Dr. Muhdar Abubakar SpAn, KAP. Saat ini tim anesthesia pediatric telah bertambah dua konsultan yaitu Dr. Djajantisari SpAn, KAP dan Dr. Yunita Widyastuti SpAn, KAP, PhD. Tim ini telah beberapa kali berhasil melakukan pemisahan bayi kembar siam. Saat ini  anesthesia pediatric bersama tim transplan hepar bekerjasama dengan Kyoto University Hospital Jepang telah berhasil melakukan transplantasi hepar. Tim ini terus berkembang dan secara intensif bekerja sama dengan tim transplan universitas Kyoto Jepang.

Divisi – divisi yang lain seperti neuroanestesia, pain managemen dan emergensi juga mengembangkan diri. Di bidang pain mangement berkolaborasi dengan divisi dari departemen lain merintis pendirian klinik nyeri. Sedang dalam bidang kegawatdaruratan bidang pendidikan dan pelatihan mendesign pelatihan “Code Blue Training”, pelatihan ini mengkhususkan diri pada pencegahan dan penatalaksanaan henti jantung. Beberapa rumah sakit telah melaksanaankan pelatihan ini.

 

Kontak Departemen
Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif
RSUP Dr. Sardjito, Jln. Kesehatan N0.1 Sekip Yogyakarta 55284
No. Telepon: (0274) 514495
Email: anestesi.fkkmk@ugm.ac.id
Website: https://anestesi.fk.ugm.ac.id

Departemen Biokimia merupakan salah satu departemen yang berada di lingkungan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan. Saat ini, Departemen Biokimia memiliki 8 staff dosen dan 7 staff tenaga kependidikan. Sebagai departemen yang berada di bawah Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan, Departemen Biokimia mendukung dan menyokong visi FK-KMK, yaitu dengan melakukan penelitian, pengajaran, dan pengabdian masyarakat guna turut serta membangun FK-KMK menjadi fakultas yang berstandar internasional yang inovatif dan unggul, serta senantiasa mengabdi pada kepentingan bangsa dan kemanusiaan.

 

Kontak Departemen
Departemen Biokimia
Gedung Radiopoetro lantai 6
Jl. Farmako Sekip Utara
Email :bk@ugm.ac.id
Website : https://biokimia.fk.ugm.ac.id/

Departemen Biostatistik, Epidemiologi dan Kesehatan Populasi (BEKP) merupakan suatu bidang ilmu yang menggunakan pendekatan interdisipliner, yang bertujuan untuk memahami, mempertahankan, dan meningkatkan kesehatan populasi manusia dan individu melalui pendidikan, penelitian, dan pemberian layanan dari perspektif berbasis populasi. Ilmu inti dari departemen ini berfokus pada tiga disiplin ilmu, yaitu: Biostatistik, Epidemiologi, dan Kesehatan Populasi.

Departemen Biostatistik, Epidemiologi dan Kesehatan Populasi ingin mempromosikan kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia, yang berada di komunitas, kabupaten, provinsi, dan nasional. Hal ini bertujuan untuk mencapai tingkat status kesehatan yang sebanding dengan negara-negara maju melalui penguatan produktivitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Departemen ini bekerja sama dengan semua kementerian, organisasi non-pemerintah, lembaga swasta dan masyarakat untuk memperluas layanan publik untuk semua Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Kerjasama yang dilakukan menggunakan prinsip-prinsip keadilan sosial, tindakan berbasis bukti, bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan kesehatan. Program kesehatan masyarakat dan penelitian yang termasuk di dalam Departemen ini meliputi (1). mengembangkan bantuan teknis bagi masyarakat dalam pengendalian penyakit menular dan tidak menular, kesehatan reproduksi, gizi kesehatan masyarakat, dan sistem informatika kesehatan masyarakat untuk memantau status kesehatan, (2). menghasilkan penelitian multidisiplin, melibatkan siswa dan mitra di luar universitas, bahwa kekhawatiran masalah kesehatan masyarakat kelompok rentan, (3). bekerja sama dalam melakukan penelitian kesehatan masyarakat dengan berbagai lembaga internasional, dan (4) menyebarluaskan hasil penelitian dalam seminar dan publikasi ilmiah di tingkat nasional dan tingkat internasional.

 

Kontak Departemen

Departemen Biostatistik, Epidemiologi, dan Kesehatan Populasi
Gedung IKM Lt. 1
Farmako, Sekip Utara, Yogyakarta, 55281
Nomor Telpon : 0274 – 548156
Email : dep-beph.fk@ugm.ac.id
Website : https://beph.fk.ugm.ac.id
Instagram : dep.beph.ugm
Twitter : dep.beph.ugm
Facebook : Dep Beph Ugm

Departemen Dermatologi dan Venereologi merupakan salah satu departemen di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK KMK UGM), yang sebelumnya, bernama Bagian Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin.  Departemen Dermatologi dan Venereologi  FK-KMK UGM aktif melakukan kegiatan pendidikan untuk S1 kedokteran dan kedokteran gigi, profesi dokter, pendidikan dokter spesialis (PPDS) dermatologi dan venereologi, serta S2 dan S3.

Departemen Dermatologi dan Venereologi memiliki 8 divisi yang masing-masing aktif melakukan kegiatan penelitian. Kedelapan divisi tersebut adalah alergi dan imunologi, fotodermatologi, bedah dan tumor kulit, dermatopatologi, dermatologi tropis, infeksi menular seksual, kosmetik medik, dermatologi anak dan genodermatologi. Kegiatan penelitian, baik penelitian dasar maupun klinis juga menjadi agenda utama yang terus dikembangkan dengan inovasi dan kolaborasi baik dengan institusi dalam negeri maupun luar negeri. Topik penelitian unggulan yang dilakukan antara lain regenerative medicine, fotodermatologi, alergi dan imunologi, lepra, serta genodermatologi. Selain itu, kegiatan pengabdian masyarakat juga rutin dilakukan bersama dengan departemen lain di FK-KMK UGM maupun dengan organisasi perhimpunan dokter spesialis kulit dan kelamin Indonesia (Perdoski).


Kontak Departemen

Departemen Dermatologi & Venereologi
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada
Gd. Radiopoetro, lt. 3, Sekip, Yogyakarta 55281
No tlp +62 (274) 560700
Email : ikkk.fk@ugm.ac.id
Website : https://dv.fkkmk.ugm.ac.id

Departemen Farmakologi dan Terapi sebagai salah satu departemen pre klinik di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FKKMK UGM) bertanggungjawab dalam memberikan bekal pengetahuan dasar tentang obat-obatan bagi mahasiswa Pendidikan Dokter dan mahasiswa medis lainnya yang membutuhkan. Berkembangnya program studi dan minat kesehatan lain menambah peran departemen ini  tidak terbatas untuk S1 tetapi juga untuk S2, S3, profesi, spesialis baik sesama disiplin ilmu maupun lintas disiplin. Untuk memperkuat pengetahuan farmakologi, departemen  ini mempunyai program studi lanjut  bagi  lulusan S1 melalui minat Farmakologi, dibawah Program Studi Paskasarjana, yaitu Magister Ilmu Biomedik FKKMK UGM.

Penelitian tentang obat-obatan, pengembangan obat mulai dari pre klinik sampai  klinik juga dapat difasilitasi oleh Departemen karena tersedianya tenaga ahli yang sudah berpengalaman baik tingkat nasional maupun internasional, laboratorium dan peralatan yang cukup memadai, fasilitas laboratorium hewan coba, laboran dan tenaga penunjang  terlatih, dll.

Selain banyak melakukan kegiatan pendidikan dan penelitian, kegiatan pengabdian masyarakat sebagai wujud dharma bakti kepada negara dan masyarakat selalu dilakukan secara rutin oleh para dosen dan tenaga kependidikan dalam bentuk sebagai pembicara dalam pertemuan ilmiah, melayani konsultasi obat bagi mahasiswa semua program jenjang studi, memberikan penyuluhan terkait pengetahuan obat ke masyarakat, dll.

 

Kontak Departemen

Departemen Farmakologi dan Terapi
Gedung Radioputro, Lt 2, Sayap Timur
Jalan Farmako, Sekip Utara, Yogyakarta, 55281
Telp (0274) 511103
Email: farmakologi.fk@ugm.ac.id
Website: farmakologi.fk.ugm.ac.id

Bagian Ilmu Faal atau yang kini dikenal dengan nama Departemen Fisiologi merupakan salah satu depertemen pre-klinik di FKKMK UGM. Didukung oleh 12 orang staf dosen aktif dan 2 orang dosen luar biasa yang seluruhnya memiliki belakang pendidikan dokter,  Departemen Fisiologi FK UGM terlibat aktif dalam proses pendidikan di prodi S1 Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan, dan Gizi Kesehatan; Pendidikan Profesi Dokter Spesialis (PPDS) ilmu bedah, ilmu penyakit mata, ilmu penyakit syaraf dan ilmu penyakit dalam; prodi S2 Magister Ilmu Biomedis, Ilmu Kesehatan Kerja, Ilmu Kedokteran Tropis, dan Ilmu Kedokteran Klinik; serta prodi S3 Kedokteran di lingkungan FK UGM. Selain memberikan Pendidikan di lingkungan FFKMK, Departemen Fisiologi juga terlibat dalam proses pengajaran di Fakultas Farmasi, Fakultas Kedokteran Gigi selain juga mengajar di PPDGS program studi periodonti, ortodonti serta bedah mulut.

Sebagai bagian dari proses pendidikan di prodi S1 Pendidikan Dokter, Bagian Ilmu Faal aktif mengirimkan delegasi mahasiswa untuk mengikuti Inter Medical School Physiology Quiz (IMSPQ) yang secara berkala diadakan di Universiti Malaya, Kuala Lumpur, Malaysia. Sejak tahun 2018, Departemen Fisiologi juga rutin menerjunkan tim mahasiswa dalam olimpiade nasional bertajuk Respiquiz.

Dalam bidang penelitian, staf Departemen Fisiologi aktif menjalankan penelitian  bersama dengan mahasiswa, internal departemen, lintas departemen, maupun lintas universitas. Topik penelitian yang dilakukan meliputi kedokteran olahraga, sistem kardiovasa, sistem endokrin, sistem respirasi, sistem reproduksi, sistem urinaria, nutrisi klinik, sistem imun, dan neurosains.

Sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, staf Departemen Fisiologi rutin menyelenggarakan kursus nasional bertema kultur. Depatemen Fisiologi juga rutin memberikan penyuluhan bagi siswa SD. Selain agenda yang dilaksanakan secara internal, Departemen Fisiologi juga bekerjasama dengan Departemen Fisiologi lintas Fakultas dan lintas Universitas untuk menyelenggarakan berbagai seminar nasional.

Kontak Departemen

Depertemen Fisiologi, FKKMK UGM.

Jalan Farmako, Sekip Utara, Yogyakarta 55281

Gedung Radioputro Lantai 5.

Nomor telepon  : 0274- 6492492

Email : physiology@ugm.ac.id

Website : https://fisiologi.fkkmk.ugm.ac.id/

Permasalahan gizi bukan saja bervariasi antarwilayah propinsi karena perbedaan potensi dan ketahanan pangan setempat serta beranekaragamnya sosial budaya dan kondisi psikologis individu atau masyarakat, namun juga bervariasi antar daerah perkotaan dan daerah pedesaan yang dipengaruhi oleh faktor produksi/persediaan pangan, distribusi, dan konsumsi gizi. Penanganannya dilakukan melalui kerjasama lintas program dan lintas sektoral, baik oleh pemerintah swasta maupun lembaga swadaya masyarakat. Penanganan masalah gizi bukan sekedar menurunkan prevalensi penderita kekurangan gizi dan menekan gangguan akibat gizi lebih, namun lebih jauh menuju masyarakat sadar gizi yang cerdas, kreatif, produktif secara sosial, dan ekonomis.

Salah satu faktor penting yang memengaruhi keberhasilan upaya perbaikan gizi adalah keadaan ketenagaan gizi yang ada. Kendala yang dihadapi upaya perbaikan gizi kaitannya dengan faktor ketenagaan gizi adalah terbatasnya jumlah tenaga gizi yang ada dalam unit pelayanan, dan kurang sesuainya kompetensi tenaga yang ada dengan lingkup permasalahan ataupun program yang berkembang. Departemen Gizi Kesehatan sebagai penyelenggara Program Studi S1 Gizi Kesehatan dan Program Pendidikan Profesi Dietisien, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM) diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tenaga ahli gizi berkualitas di Indonesia yang dapat memberikan alternatif strategi untuk menghadapi dan memecahkan masalah-masalah kesehatan masyarakat yang makin kompleks berkaitan dengan masalah gizi.

Kontak Departemen

Departemen Gizi Kesehatan FK-KMK UGM
Komplek FK-KMK UGM, Jl. Farmako, Sekip Utara, Yogyakarta
Telp./Fax. 0274 – 547775
Hotline Number : 088229547378
Email : gizi@ugm.ac.id
Website : https://gizikesehatan.ugm.ac.id

Instagram : gizikesehatanugm

Struktur Departemen

Ketua Departemen: dr. Rina Susilowati, Ph.D

Staf Pendidik

  1. Dewi Kartikawati Paramita, S.Si., M.Si., Ph.D.
  2. Dian Eurike Septyaningtrias, S.Ked, M.Sc
  3. dr. Rina Susilowati, Ph.D.
  4. Dra. Dewajani Purnomosari, M.Si., Ph.D.
  5. drg. Yustina Andwi Ari Sumiwi, M.Kes.
  6. Jajah Fachiroh, SP., M.Si., Ph.D.
  7. Prof. dr. Marsetyawan Heparis Nur Ekandaru, M.Sc., Ph.D.
  8. Prof. dr. Sofia Mubarika Harjana, M.Med.Sc., Ph.D.
  9. Saihas Suhda, S.Si., M.Sc.
  10. dr. Satrio Adi Wicaksono, M.Biomed

Departemen Histologi dan Biologi Sel

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada


Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta 55281

0274 546486

histocellbiol@ugm.ac.id

https://www.facebook.com/HistologiUGM

histo.biosel.ugm

https://www.youtube.com/channel/UCSCAaMJW5fAgBa11qJ4KEdA

Website: https://histobiosel.fkkmk.ugm.ac.id

Bagian Bedah PTK Yogyakarta pertama kali berdiri pada tahun 1949 di Kompleks Mangkubumen. Gagasan pertama mendirikan Bagian Bedah ini berasal dari Prof. dr. Moch Salim dan Prof. Dr. M. Sardjito dengan kegiatan poliklinik, namun pelayanan Bedah bidang Orthopedi tetap di Surakarta dipimpin oleh dr. Soeharso SpB. Pada tahun 1950 dimulai kegiatan pendidikan bedah oleh Prof. dr. Moch. Salim dengan 2 orang peserta didik (residen) yaitu dr. RH. Sentral & dr. Soewito (yang kemudian mendapat brevet pada tahun 1957).

Saat ini Departemen ilmu bedah memiliki 8 subdivisi yaitu divisi bedah onkologi, divisi bedah digestif, divisi bedah plastik, divisi urologi, divisi ortopedi, divisi bedah anak, divisi bedah thoraks kardiovaskuler dan divisi bedah syaraf. Dalam penegembangan pendidikan, departemen ilmu bedah memiliki program studi baik Sp1 dan Sp2. Untuk Program studi Sp1 terdiri dari Prodi Bedah Umum, Prodi urologi, Prodi Orthopedi, Prodi Bedah Syaraf dan Prodi Bedah Anak, sedangkan program studi Sp2 terdiri dari Prodi bedah digestif dan prodi bedah onkologi.

 

Kontak Departemen

Departemen Ilmu Bedah FK-KMK UGM
RSUP Dr. Sardjito Jln. Kesehatan No. 01 Yogyakarta, 55284
Phone : +62 274 581 333
Fax : + 62 274 581 333
Email : bedahumum_ugm@yahoo.co.id

Departemen Ilmu Kesehatan Anak (IKA) merupakan salah satu departemen di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM). Sebagai sebuah institusi pendidikan, Departemen IKA FK-KMK UGM memiliki visi dan misi sebagai berikut.

Visi 

  1. Menjadi institusi berstandar internasional yang inovatif dan unggul, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dengan dukungan sumber daya manusia yang profesional, kompeten, berkomitmen tinggi, dan sejahtera dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.
  2. Unggul dan terdepan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu kesehatan anak.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan kedokteran untuk S1 dan Profesi Pendidikan Dokter, Spesialis Anak, dan Spesialis Anak Konsultan yang terakreditasi secara nasional dan bertaraf internasional.
  2. Menjalankan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang inovatif, unggul, dan berbasis bukti yang bermanfaat bagi anak Indonesia pada khususnya dan masyarakat pada umumnya tanpa diskriminasi.
  3. Melaksanakan program pendidikan dengan memperhatikan pengembangan ilmu yang unggul, bermanfaat bagi masyarakat, berkesinambungan, dan berkelanjutan dengan dijiwai nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.
  4. Menyelenggarakan penelitian kolaboratif nasional dan internasional demi kepentingan kemanusiaan, kemajuan ilmu kesehatan anak, dan merujuk pada kepentingan bangsa dan negara.
  5. Melaksanakan pelayanan interprofesional berstandar internasional di bidang ilmu kesehatan anak yang dilandasi moral dan etika berdasarkan Pancasila.
  6. Mengupayakan peningkatan kualitas kompetensi dan profesionalisme sumber daya manusia yang beretika dan bermoral tinggi di bidang keilmuan, pendidikan, dan pengabdian masyarakat.
  7. Mensejahterakan staf pendidik dan kependidikan Departemen IKA FK-KMK UGM.

Sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Departemen IKA FK-KMK UGM melaksanakan tugas dan kewajiban dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat. Selain di lingkungan FK-KMK UGM, proses pendidikan dan pengajaran juga dilakukan di tiga Rumah Sakit Pendidikan Utama, yaitu Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. Sardjito (Yogyakarta), RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro (Klaten), dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banyumas, serta beberapa Rumah Sakit Jejaring Pendidikan, yaitu RSUD Sleman, RSUD Wates, dan RSUD Muntilan. Program penelitian dan pengembangan dilakukan secara individu (staf pengajar dan peserta didik) maupun pada tingkat institusi dengan adanya Pusat Kajian Kesehatan Anak (Pediatric Research Office) yang menjalin kerja sama dengan beberapa rumah sakit, fakultas kedokteran lain, dan pemerintah daerah di Indonesia, maupun institusi internasional. Program pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan secara rutin oleh staf pengajar dan peserta didik Departemen IKA FK-KMK UGM, baik di dalam rumah sakit maupun di luar rumah sakit. Kegiatan pelayanan kepada pasien-pasien yang dilaksanakan di Rumah Sakit Pendidikan Utama dan Rumah Sakit Jejaring Pendidikan mengutamakan pelayanan kesehatan anak yang bersifat paripurna, promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, dan mengedepankan prinsip-prinsip evidence-based medicine maupun clinical decision making.

Keunggulan Departemen

  • Program Pendidikan Dokter Spesialis IKA yang mengkombinasikan kurikulum dari Kolegium IKA Indonesia dan Program Studi Magister Ilmu Kedokteran Klinik FK-KMK UGM.
  • Program Pendidikan Dokter Subspesialis IKA untuk peminatan-peminatan sebagai berikut:
    • Gastrohepatologi
    • Hematologi-onkologi
    • Kardiologi
    • Neonatologi
    • Neurologi
    • Respirologi
  • Pusat Kajian Kesehatan Anak (Pediatric Research Office)
  • Kursus Proposal Development dan Clinical Decision Making

Struktur Departemen

Ketua Departemen : Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), Ph.D
Sekretaris Departemen : Dr. dr. Ida Safitri Laksanawati, Sp.A.

Staf Pendidik

  1. dr. A. Roni Naning, M.Kes., Sp.A(K).
  2. dr. Ade Febrina Lestari, M.Sc., Sp.A. (K)
  3. dr. Agung Triono, Sp.A.(K)
  4. dr. Alifah Anggraini, M.Sc., Sp.A.
  5. dr. Amalia Setyati, Sp.A(K).
  6. dr. Bambang Ardianto, M.Sc., Ph.D., Sp.A
  7. dr. Braghmandita Widya Indraswari, M.Sc., Sp.A.
  8. dr. Budyarini Prima Sari, M.Sc., Sp.A.
  9. dr. Cahya Dewi Satria, M.Kes., Sp.A(K).
  10. dr. Desy Rusmawatiningtyas, M.Sc., Sp.A(K).
  11. dr. Dian Kesumapramudya Nurputra, M.Sc, Ph.D, SpA
  12. Dr. dr.. Ekawaty Lutfia Haksari, MPH., Sp.A(K).
  13. Dr. dr. Rr. Ratni Indrawanti, Sp.A(K).
  14. Dr. dr. Sri Mulatsih, M.P.H., Sp.A(K).
  15. Dr. dr. Titis Widowati, Sp.A(K).
  16. dr. Dwikisworo Setyowireni, Sp.A(K).
  17. dr. Eddy Supriyadi, Sp.A(K)., Ph.D.
  18. dr. Eggi Arguni, MSc., Ph.D., Sp.A(K)
  19. dr. Endy Paryanto, MPH., Sp.A(K).
  20. Dr. dr. Ida Safitri Laksanawati, Sp.A(K)
  21. dr. Endy Widya Putranto, Ph.D
  22. dr. Indah Kartika Murni, M.Kes., Sp.A(K)., Ph.D.
  23. Dr. Dra. Indria Laksmi Gamayanti, M.Si., Psi.
  24. dr. Kristy Iskandar, M.Sc, Ph.D, Sp.A
  25. dr. Mei Neni Sitaresmi, Sp.A(K)., Ph.D.
  26. dr. Muslikhah Yuni Farkhati, M.Sc., Sp.A.
  27. dr. Nenny Sri Mulyani, Sp.A(K).
  28. dr. Neti Nurani, M.Kes., Sp.A(K).
  29. dr. Noormanto,Sp.A(K)
  30. Dr. dr. Nurnaningsih, Sp.A(K)
  31. dr. Pudjo Hagung Widjajanto, Ph.D., Sp.A(K).
  32. dr. Retno Palupi, B.Med.Sc., M.Epid., M.Sc., Sp.A(K).
  33. dr. Retno Sutomo, Sp.A(K), Ph.D.
  34. dr. Rina Triasih, M.Med(Paed)., Sp.A(K)., Ph.D.
  35. dr. Samad, Sp.A(K).
  36. dr. Sasmito Nugroho, Sp.A(K).
  37. dr. Setya Wandita, M.Kes., Sp.A(K).
  38. dr. Sumadiono, Sp.A(K).
  39. dr. Suryono Yudha Patria, Sp.AK, Ph.D.
  40. dr. Tri Budi Hartomo, Ph.D.
  41. Dr. dr. Tunjung Wibowo, MPH., M.Kes., Sp.A(K).
  42. dr. Wahyu Damayanti, M.Sc., Sp.A(K).
  43. dr. Yudha Nur Patria, DCH, MMed (Clin Epi), MMS, PhD
  44. Prof. dr. Djauhar Ismail, Sp.A(K), MPH., Ph.D.
  45. Prof. Dr. dr. Elisabeth Siti Herini, Sp.A(K)
  46. Prof. Dr. dr. Sutaryo, Sp.A(K).
  47. Prof. dr. Madarina Julia, Sp.A(K), MPH., Ph.D.
  48. Prof. dr. Mohammad Juffrie, Sp.A(K), Ph.D.
  49. Prof. dr. Sri Suparyati Soenarto, Ph.D., Sp.A(K).
  50. Prof. dr. Sunartini, Sp.A(K), Ph.D.
  51. Dr.Med. dr. Intan Fatah Kumara, Sp.A(K)
  52. dr. Afrilia Intan Pratiwi, M.Sc., Sp.A.

Departemen dan Program studi Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal sebagai bagian dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM, berkeinginan untuk menjadi departemen dan program studi ilmu kedokteran forensik dan medikolegal yang unggul, serta mengedepankan nilai-nilai Pancasila. Nilai-nilai dasar Departemen dan program studi ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal melaksanakan misinya dengan memegang teguh nilai-nila dasar Pancasila dan nilai-nilai : Kejujuran, Keadilan, Keterbukaan, Kebersamaan.

Visi Departemen “Menjadi Departemen Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal yang unggul pada tahun 2025 dengan dijiwai Pancasila.” Sedangkan Visi Program Studi “Menjadi Program Studi Ilmu Kedokteran Forensik yang berstandar internasional yang inovatif dan unggul serta senantiasa mengabdi pada kepentingan bangsa dan kemanusiaan”.

Misi Departemen, Meningkatkan Departemen Ilmu kedokteran Forensik dan Medikolegal melalui kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian dan pelayanan yang unggul, berlandasakan Pancasila, Kearifan lokal, Etika, profesionalisme dan keilmuan berbasis bukti. Misi Program studi, Menyelenggarakan program studi ilmu kedokteran forensik dan medikolegal melalui kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian dan pelayanan yang unggul, berlandaskan kearifan lokal, etika, profesionalisme dan keilmuan berbasis bukti

Komitmen departemen :

  • Meningkatkan manajemen departemen yang berintegritas, transparan, akuntabel, kredibel, efisien dan adil.
  • Menerapkan keilmuan berbasis bukti dalam pengambilan keputusan ilmiah dan manajerial.
  • Membangun kemitraan yang saling menguntungkan dengan wahana pendidikan.
  • Melakukan adaptasi dan perbaikan mutu berkelanjutan.

 

Kontak Departemen

Departemen Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal FKKMK UGM
Jl.Farmako, Sekip Utara, Sleman, Yogyakarta. 55281
Website : forensik.fk.ugm.ac.id

Departemen Ilmu Kedokteran Jiwa merupakan salah satu Departemen yang berada dibawah naungan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat , dan Keperawatan UGM. Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kedokteran Jiwa pada Departemen Ilmu Kedokteran Jiwa merupakan program pendidikan yang bertujuan untuk mendidik seorang dokter menjadi spesialis kesehatan jiwa (psikiater) dengan kemampuan akademik maupun klinik yang seimbang, sehingga mampu mengatasi berbagai masalah psikiatri klinik dengan ilmu dasar psikiatri seperti neuroscience, kesehatan jiwa, psikopatologi, atau simptomatologi, di dalam masyarakat. Selain itu, peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis Ilmu Kedokteran Jiwa juga diharapkan aktif melakukan penelitian dengan basis ilmu kedoketran jiwa dasar, klinik, maupun komunitas.

 

Kontak Departemen

Departemen Ilmu Kedokteran Jiwa
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM
Jl. Medika, Eks Bioetiks, belakang Lab Paleoantropologi FK-KMK UGM
Email: psikiatri_fkugm@yahoo.com
Website: http://jiwa.fk.ugm.ac.id

Departemen Ilmu Kesehatan Mata FK-KMK mengampu 11 bidang pengembangan ilmu kesehatan mata yaitu :

  1. Katarak,Kornea dan Bedah refraksi
  2. Infeksi dan Imunologi Mata
  3. Glaukoma
  4. Vitreo-retina
  5. Neuro-Oftalmologi
  6. Refraksi dan optimasi penglihatan
  7. Onkologi
  8. Okuloplasti dan rekonstruksi
  9. Pediatric Ophthalmology
  10. Strabismus
  11. Oftalmologi Komunitas

Pada tahun 2016, karena terbatasnya jumlah staf , maka ke sebelas bidang pengembangan ilmu tersebut dibagi ke dalam 5 Divisi. Pada tahun 2020 ini, karena jumlah staf sudah lebih memadai, maka dapat dimekarkan menjadi 7 subdivisi sebagai berikut :

Divisi :

  1. Infeksi dan Imunologi Mata , Katarak,kornea dan Bedah Refraksi dan Oftalmologi Komunitas

Ketua divisi : Prof. Suhardjo SU SpM K

  1. Glaukoma

Ketua Divisi : Dr. Retno Ekantini SpM K MKes

  1. Vitreo retina

Ketua Divisi : dr. Angela Nurini Agni SpM K MKes

  1. Pediatric ophthalmology & Strabismus

Ketua subdivisi : Dr. Haryo Yudono SpM K. MSc

  1. Tumor, Rekonstruksi dan Okuloplasti

Ketua subdivisi : Dr. Agus Supartoto SpM K

  1. Refraksi dan Optimasi Penglihatan

Ketua divisi : dr Sagung Gede Indrawati SpM (K)

  1. Neuro Oftalmologi

Ketua divisi : dr Widyandana SpM (K)

 

Kontak Departemen

Alamat :               Jl. Kesehatan No. 1, Gedung Rawat Jalan RSUP Dr. Sardito,

Lantai 5 – KSM Mata,  Sekip, Sinduadi, Yogyakarta, DIY 55284

Telepon  :            (0274) 552850

Email    :               ppdsmatafkugm@gmail.com

Website:              https://matagama.fkkmk.ugm.ac.id/

Departemen Kesehatan Telinga Hidung Tenggorok Bedah Kepala dan Leher (THTKL) yang dirintis oleh Prof. R. Oepomo, MD pada tahun 1959 di Rumah Sakit UGM Mangkuwilayan merupakan bagian dari fakultas yang mengembangkan displin ilmu di bidang THTKL. Pada tahun 1977 proses Pendidikan THTKL mulai terstruktur dalam kurikulum akademik Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) I dibawah naungan UGM.

Departemen THTKL mempunyai visi menjadi program studi berstandar global yang inovatif dan unggul, serta mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dengan dukungan sumber daya manusia yang profesional dan dijiwai nilai-nilai Pancasila. Dalam perwujudan visi tersebut maka disusunlah misi departemen yaitu peningkatan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat; pengembangan sistem tata kelola program studi; serta pembangunan kemitraan dengan rumah sakit dan seluruh pihak yang berkepentingan untuk mendukung kegiatan tri dharma universitas.

Penelitian di masing-masing divisi juga meningkat dengan adanya kerjasama multicenter di tingkat nasional maupun internasional, terutama di bidang Onkologi-Bedah Kepala dan Leher.

Kontak Departemen

Alamat: Jl. Farmako, Sekip Utara, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281 Gedung Radioputro Lantai 3 Sayap Selatan.

Nomor Telpon: (0274) 518717

Alamat Email: fk@ugm.ac.id

Alamat Website: tht.fk.ugm.ac.id

Alamat Media Sosial: Youtube (THT-KL FKKMK UGM), Instagram (@thtklugm)

Pada tahun 2016, Bagian Ilmu Penyakit Dalam berubah nama menjadi Departemen Ilmu Penyakit Dalam. Sebagai bagian dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM, Departemen Ilmu Penyakit Dalam mendidik mahasiswa S1, koas, dan calon ahli penyakit dalam. Terdapat 11 divisi yang melengkapi Departemen Ilmu Penyakit Dalam sebagai pusat pendidikan.

Berdasarkan Surat Keputusan Kolegium Ilmu Penyakit Dalam Nomor: 57/KIPD/SK/V/2010, Departemen Ilmu Penyakit Dalam mulai membuka pendidikan konsultan penyakit dalam yang meliputi bidang Endokrinologi, Reumatologi, Geriatri, Penyakit Tropik dan Infeksi, Hematologi Onkologi, Gastroentero-Hepatologi, Ginjal Hipertensi, dan Pulmonologi.

 

Kontak Departemen

Gedung Instalasi Rawat Jalan, Blok 3 Lantai 5 RSUP Dr. Sardjito

Jalan Kesehatan No. 1, Sekip, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta 55284

Telepon: 0274-553119

Email: ipdfkugm@yahoo.com

Website: interna.fk.ugm.ac.id

Instagram : interna_jogja

Facebook : Penyakit Dalam FKKMK UGM

Layanan Unggulan/Riset Unggulan/Bidang kepakaran

1. Menjadi pusat pendidikan berbasis RCOG di Indonesia.

Departemen Obgin Fakultas Kedokteran UGM berhasil menyelenggarakan MRCOG preparatory course untuk pertama kalinya di Indonesia dengan bekerjasama dan mendatangkan perwakilan Royal College Obstetrician and Gynecologist (RCOG), kemudian disusul dengan penyelenggaraan MRCOG part I examination. RCOG merupakan organisasi perkumpulan spesialis kebidanan dan kandungan di UK yang mempunyai standar pelayanan yang diakui dan digunakan oleh negara-negara di Eropa, Afrika dan Asia.

2. Pusat layanan klinik bayi tabung

Struktur Departemen

Ketua Departemen : Dr. dr. Ardhanu Kusumanto, SpOG(K)

Sekretaris Departemen : Dr. dr. Eugenius Phyowai Ganap, SpOG(K)

Divisi

  1. Divisi Onkologi
  2. Divisi Obginsos
  3. Divisi Endokrinologi Reproduksi
  4. Divisi Uroginekologi
  5. Divisi Fetomaternal

Staf Pendidik

  1. dr. Ratri Wulandari, M.Sc., Ph.D
  2. dr. Agung Dewanto, Sp.OG(K)., Ph.D
  3. dr. Ahsanudin Attamimi, Sp.OG(K)., M.Med.Ed.
  4. dr. Anis Widyasari, Sp.OG.
  5. dr. Diannisa Ikarumi Enisar Sangun, Sp.OG
  6. Dr. dr. Addin Trirahmanto, Sp.OG(K).
  7. Dr. dr. Ardhanu Kusumanto, Sp.OG(K).
  8. Dr. dr. Diah Rumekti Hadiati, Sp.OG(K), M.Sc.
  9. Dr. dr. Nuring Pangastuti, Sp.OG(K).
  10. dr. Endah Rahmawati, M.A., Ph.D
  11. dr. Eri Perdana Ushan, Sp.OG(K)
  12. Dr. dr. Eugenius Phyowai Ganap, SpOG(K)
  13. dr. Imanuddin Sugihartomo, Sp.OG.
  14. dr. Irwan Taufiqur Rachman, Sp.OG(K).
  15. dr. Mochamad Munir, Sp.OG(K).
  16. dr. Moh. Nailul Fahmi, Sp.OG.
  17. dr. Muhammad Ary Zucha, Ph.D., Sp.OG
  18. dr. Muhammad Lutfi, Sp.OG(K).
  19. dr. Muhammad Nurhadi Rahman, Sp.OG.
  20. dr. Puska Primi Ardini, Sp.OG(K)
  21. dr. R. Detty Siti Nurdiati Z, MPH., Ph.D., Sp.OG(K).
  22. dr. Rukmono Siswishanto, Sp.OG(K)., M.Kes., MPH.
  23. dr. Sarrah Ayuandari, Ph.D.
  24. Dr. dr. Shinta Prawitasari, Sp.OG(K).,M.Kes.
  25. dr. Shofwal Widad, Sp.OG(K).
  26. dr. Tri Turniati Hastuti, Sp.OG(K)
  27. Dr. dr. Cahyono Hadi, SpOG(K)
  28. Prof. dr. Djaswadi Dasuki, Sp.OG., MPH., Ph.D.
  29. Prof. Dr. dr. Heru Pradjatmo, Sp.OG(K). M.Kes.
  30. Prof. dr. Moh. Anwar Hsa., M.Med.Sc., Sp.OG(K)
  31. Prof. dr. Mohammad Hakimi, Sp.OG, Ph.D.
  32. Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Ph.D., Sp.OG(K)
  33. dr. Fauzan Achmad Maliki, Sp.OG
  34. dr. Pramudita Putri Dyatmika Mandegani, MPH

Kepakaran

No Nama Dosen Deskripsi Staf
1. Prof. dr. Moh. Anwar Hsa., M.Med.Sc., Sp.OG(K) Fertilitas Endokrinologi Reproduksi
2.

dr. Zain Alkaff, SpOG(K)

Lektor Kepala

Fertilitas Endokrinologi Reproduksi
3.

Prof.dr.Djaswadi Dasuki, SpOG(K)., MPH., PhD

Guru Besar

Fertilitas Endokrinologi Reproduksi
4.

dr. Shofwal Widad, SpOG(K)

Tenaga pengajar

Fertilitas Endokrinologi Reproduksi
5.

dr. Muhammad Lutfi, SpOG(K)

Tenaga pengajar

Fertilitas Endokrinologi Reproduksi
6.

dr. Agung Dewanto, SpOG(K)

Tenaga pengajar

Fertilitas Endokrinologi Reproduksi
7.

dr. Sarrah Ayuandari

Tenaga pengajar

Fertilitas Endokrinologi Reproduksi
8.

Prof.dr.Moh.Hakimi, SpOG(K)., PhD

Guru Besar

Obstetri dan Ginekologi Sosial
10.

dr. Ova Emilia, M.Med.Ed.,SpOG(K)., PhD ***)

Lektor

Obstetri dan Ginekologi Sosial
11.

dr. Shinta Prawitasari, M.Kes., SpOG(K)***)

Asisten Ahli

Obstetri dan Ginekologi Sosial
12.

dr. Eugenius Phyowai Ganap, SpOG(K)

Tenaga pengajar

Obstetri dan Ginekologi Sosial
13.

dr. Diannisa Ikarumi Enisar Sangun, SpOG

Tenaga pengajar

Obstetri dan Ginekologi Sosial
14.

dr. Endah Rahmawati, MA

Tenaga pengajar

Obstetri dan Ginekologi Sosial
15.

dr. Yuliana Sakti Dwi Astuti, MSc.

Tenaga pengajar

Obstetri dan Ginekologi Sosial
16.

dr. Burham Warsito, SpOG(K)

Lektor Kepala

Ginekologi Onkologi
17.

Dr.dr.Heru Pradjatmo, SpPOG(K).,M.Kes ***)

Lektor Kepala

Ginekologi Onkologi
18.

dr. Ardhanu Kusumanto, SpOG(K)

Tenaga pengajar

Ginekologi Onkologi
19.

dr. Addin Trirahmanto, SpOG

Asisten Ahli

Ginekologi Onkologi
20.

dr. Moh. Nailul Fahmi, SpOG

Tenaga pengajar

Ginekologi Onkologi
21.

dr. Muhammad Ary Zucha, PhD

Tenaga pengajar

Ginekologi Onkologi
22.

dr. Ratri Wulandari, MSc

Tenaga pengajar

Ginekologi Onkologi
23.

Prof. Dr. dr. Ibnu Pranoto, SpOG(K)

Guru Besar

Uroginekologi Rekonstruksi
24.

dr. Nuring Pangastuti, SpOG(K)

Tenaga pengajar

Uroginekologi Rekonstruksi
25.

dr. Muhammad Nurhadi Rahman, SpOG

Asisten Ahli

Uroginekologi Rekonstruksi
26.

dr. Edi Patmini Setya Siswanti, SpOG

Tenaga pengajar

Uroginekologi Rekonstruksi
28.

dr. Detty Siti Nurdiati, MPH., PhD., SpOG(K) ***)

Kepala Departemen, Lektor Kepala

Fetomaternal

Nutrisi, Obstetri Emergensi, Prematuritas

29.

dr. Rukmono Siswishanto, SpOG(K)., M.Kes

Tenaga pengajar

Fetomaternal

Diagnostik (USG/CTG/ProsedurInvasif/Laboratorium), ManajemenKlinik, Biomolekuler

30.

dr. Diah Rumekti Hadiati, SpOG(K)., MSc

Lektor

Fetomaternal

Preklampsia, Diagnostik (USG/CTG/ProsedurInvasif/Laboratorium), Imunologidalamkehamilan,MFICU

31.

dr. Irwan Taufiqur Rachman, SpOG(K)

Tenaga pengajar

Fetomaternal

Kelainan Endokrin pada kehamilan, Kelainan darah/ Genetik/ Abortus/ Infeksi pada Kehamilan

32.

dr. Ahsanudin Attamimi, SpOG(K)

Tenaga pengajar

Fetomaternal

Kelainan Endokrin pada kehamilan, Kelainan darah/ Genetik/ Abortus/ Infeksi pada Kehamilan

Informasi lebih lanjut

Departemen Obstetri dan Ginekologi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan,

Universitas Gadjah Mada

Jl.Farmako Sekip Utara,Yogyakarta 55281 Indonesia

Email: info@obgin-ugm.com
Tlp: +62 274 544003
Fax: +62 274 544003

Website: http://obsgyn.fk.ugm.ac.id/

Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FK-KMK UGM merupakan salah satu departemen paling muda di lingkungan FK-KMK UGM. Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular berdiri berdasarkan SK Dekan FK UGM No. UGM/KU/5136/UM/01/39, tanggal 1 November 2004. Peresmian Bagian (saat itu departemen disebut bagian) Kardiologidan Kedokteran Vaskular dilakukan pada tanggal 28 Desember 2004. Kepala Bagian Kardiologi dan Kedokteran Vaskular yang pertama adalah Prof. dr. Bambang Irawan, Sp.PD-KKV, Sp.JP(K).

Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular telah mengembangkan diri mengikuti kemajuan ilmu pengetahuan di bidang kardiovaskular dan pelayanan jantung dan pembuluh darah. Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular membuka Program Studi Pendidikan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah mulai tahun 2006. Di bidang pelayanan jantung dan pembuluh darah, Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular bersinergi dengan RSUP Dr. Sardjito sebagai Rumah Sakit Pendidikan Utama FK-KMK UGM, dimana RSUP Dr. Sardjito telah memiliki Pusat Jantung Terpadu dengan pelayanan terkini di bidang jantung dan pembuluh darah.

Saat ini Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FK-KMK UGM memiliki 8 divisi yaitu (1) Divisi Perawatan Intensif dan Kegawatan Kardiovaskular, (2) Divisi Kardiologi Intervensi, (3) Divisi Prevensi dan Rehabilitasi Kardiovaskular, (4) Divisi Aritmia, (5) Divisi Echocardiografi, (6) Divisi Pencitraan Kardiovaskular, (7) Divisi Kedokteran Vaskular dan (8) Divisi Kardiologi Pediatrik dan Penyakit Jantung Bawaan. Disamping divisi, para staf departemen mempunyai kepakaran di bidang masing-masing.

Di bidang penelitian, Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FK-KMK UGM  mempunyai Cardiology Research Office yang mengelola berbagai penelitian dan registri dari pasien dengan penyakit kardiovaskular. Di bidang pengabdian masyarakat, selain pelayanan kepada pasien di rumah sakit maka kegiatan di masyarakat yang meliputi penyuluhan kesehatan, promosi kesehatan, pelatihan tenaga medis dan non medis dan bakti sosial telah lama diselenggarakan.

 

Kontak Departemen

Kantor Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular
Gedung Radiopoetro Lantai 2 Sayap Barat
Jalan Farmako Sekip Utara 55281
Telepon : +62 (274) 631011
Fax : +62 (274) 547783
Email : kardiologi_fkugm@yahoo.co.id
Website : http://kardiologi.fk.ugm.ac.id/

 
 

Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan adalah Departemen bidang ilmu kesehatan yang berfokus kepada ilmu-ilmu kebijakan dan manajemen dalam konteks kesehatan. Departemen ini terdiri dari 4 minat yaitu:

  1. Minat Manajemen Rumah Sakit (MMR)
  2. Minat Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan (KMPK)
  3. Minat Sistem Informasi Manajemen Kesehatan (SIMKES)
  4. Minat Kebijakan Pembiayaan dan Manajemen Asuransi Kesehatan (KP-MAK)

Visi kami adalah menjadi program perintis kelas dunia dalam keunggulan dan inovasi bidang kebijakan kesehatan dengan layanan perawatan manusia dan basis solidaritas internasional.

Kami akan melaksanakan misi program dengan:

  • Mendidik melalui penelitian dan layanan sosial di bidang kebijakan kesehatan dan manajemen perawatan kesehatan kelas dunia, oleh karena itu kami memberikan kembali kepada masyarakat berdasarkan kearifan lokal.
  • Menciptakan lulusan yang kompeten dalam kebijakan kesehatan dan manajemen perawatan kesehatan untuk tenaga kerja, profesional dengan etika kerja yang tinggi.
  • Memperluas lingkungan akademik dalam Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Pascasarjana yang mempromosikan inovasi saya dan penerapan tridharma .
  • Mengembangkan dan memperkuat manajemen tata kelola yang baik dalam Kebijakan dan Manajemen Kesehatan pendidikan Pascasarjana.
  • Meningkatkan kesejahteraan di lingkungan akademik dan solidaritas melalui profesionalisme.

 

Kontak Departemen

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan
Jalan Farmako, Sekip Utara, Yogyakarta, 55281, Indonesia
Nomor telepon : +62 274 547659 / +62 274 542900
Email : hpm.fk@ugm.ac.id
Website : https://hpm.fk.ugm.ac.id/

Instagram : @hpm.ugm

Facebook : HPM FKKMK UGM

Departemen Kedokteran Keluarga adalah departemen dengan dokter keluarga yang memiliki kompetensi dalam metode klinis yang berpusat pada pasien; dokter keluarga mengintegrasikan cara-cara identifikasi penyakit secara sensitif, terampil, dan tepat. Dokter keluarga dapat menunjukkan pemahaman tentang pengalaman penyakit pasien (terutama ide, perasaan, dan harapan mereka) dan dampak penyakit pada kehidupan pasien. Praktik kedokteran keluarga berbasis di masyarakat dan secara signifikan dipengaruhi oleh faktor-faktor masyarakat. Sebagai anggota masyarakat, dokter keluarga mampu menanggapi perubahan kebutuhan masyarakat, beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan keadaan, dan memobilisasi sumber daya yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pasien. Dokter keluarga memandang masyarakat yang dilayaninya sebagai “populasi berisiko”, dan mengelola praktik tersebut untuk memastikan bahwa kesehatan pasien tetap terjaga baik apakah mereka mengunjungi tempat praktik atau tidak. Mengoptimalkan hubungan dokter-pasien merupakan peran inti Dokter keluarga. Dokter keluarga memiliki pemahaman dan apresiasi terhadap kondisi-kondisi esensial manusia, terutama sifat penderitaan dan respons pasien terhadap penyakit.

 

Kontak Departemen
Alamat : Gedung Radiopoetro Lantai 1 Sayap Barat, Jl. Farmako Sekip Utara, Senolowo, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 
Nomor telepon : (0274) – 631203
Alamat media sosial : Instagram : fm_ugm

 

Departemen Keperawatan Anak dan Maternitas adalah salah satu Departemen di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM) yang memiliki dua divisi yaitu Divisi Keperawatan Anak dan Divisi Keperawatan Maternitas. Sebelumnya Departemen Keperawatan Anak Dan Maternitas merupakan divis/kelompok keilmuan Keperawatan Anak dan Maternitas yang telah dikembangkan di Bagian  Keperawatan sejak tahun 1998. Pada tahun 2016, dengan adanya struktur tata kelola yang baru di lingkungan Universitas Gadjah Mada, Bagian Keperawatan berkembang menjadi 4 Departemen Keperawatan yaitu Departemen Jiwa dan Komunitas, Keperawatan Medikal Bedah  Keperawatan Dasar Dan Emergensi serta  Departemen Keperawatan Anak  dan Maternitas. Saat ini, bersama dengan departemen-departemen keperawatan lainnya, Departemen Keperawatan Anak Dan Maternitas bertanggung jawab untuk mengembangkan keIlmuan Keperawatan yang dapat diaplikasikan bagi peningkatan kualitas pelayanan dan Kesehatan masyarakat melalui kegiatan tri dharma perguruan tinggi.

Pada ranah Pendidikan dan pengajaran, Departemen Keperawatan Anak dan Maternitas terlibat aktif dalam Program Pendidikan Ners sejak tahun 1998 dan Magister Keperawatan sejak tahun 2012. Kegiatan penelitian juga terus dikembangkan pada masing-masing divisi, beberapa topik penelitian unggulan yang dikembangkan antara lain penanganan anemia pada ibu hamil dengan menggunakan model keperawatan maternitas, kajian kesehatan reproduksi pada remaja dengan menggunakan pendekatan model keperawatan maternitas, kajian kesehatan pada kondisi disaster dalam lingkup keperawatan anak dan maternitas, peningkatan kemampuan perawatan komprehensif anak sakit dan anak dengan kebutuhan khusus bagi tenaga kesehatan di RS dan Puskesmas, optimalisasi pertumbuhan dan perkembangan anak dengan pendekatan family centered care, pengembangan instrument penkajian perilaku, perawatan paliatif pada anak dan keluarga, pengembangan intervensi keperawatan berbasis kearifan lokal dan budaya. Departemen ini juga telah menggagas berbagai bentuk kerjasama antar institusi di dalam dan di luar negeri untuk menunjang pelaksanaan kegiatan tridarma perguruan tinggi.

 

Kontak Departemen:

Departemen Keperawatan Anak dan Maternitas, FK-KMK UGM
Gedung Ismangoen Lt. 2
Jl. Farmako, Sekip Utara. Yogyakarta 55281
Telp. : 0274 545674
Fax.  : 0274 631204
Email : nursing.fkkmk@ugm.ac.id
Website : nursing.fkkmk.ugm.ac.id

Departemen Keperawatan Dasar dan Emergensi (Departemen KDE) FK-KMK UGM merupakan salah satu departemen keperawatan dari 4 departemen keperawatan yang ada di FK-KMK. Seperti halnya departemen lain di FK-KMK, Departemen KDE berdiri sejak tahun 2016 yang terdiri dari 2 divisi yaitu Divisi Keperawatan Dasar dan Manajemen, dan Divisi Keperawatan Gawat Darurat. Saat ini Departemen KDE memiliki 10 staf dosen dengan didukung oleh 4 staf tenaga kependidikan.

Divisi Keperawatan Dasar dan Manajemen

Divisi Keperawatan Dasar dan Manajemen Keperawatan merupakan bagian dari Departemen Keperawatan Dasar dan Emergensi FK-KMK UGM. Kegiatan utama Divisi adalah melakukan pendidikan, pengembangan, dan riset tentang teori-teori Keperawatan, Manajemen Keperawatan, dan Pendidikan Keperawatan. Divisi juga bertanggungjawab dalam penyelenggaraan aktivitas belajar mengajar yang terkait dengan Keperawatan Dasar dan Manajemen Keperawatan, baik di fase akademik maupun di program pembelajaran Profesi Ners.

Divisi Keperawatan Gawat Darurat

Divisi Keperawatan Gawat Darurat melingkupi keilmuan keperawatan kegawat-daruratan (pre-hospital dan intra hospital), keperawatan kritis dan keperawatan bencana. Saat ini, Departemen KDE ikut terlibat aktif dalam seluruh kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) baik pada Prodi Ners dan Prodi Magister Keperawatan. Departemen KDE memiliki tanggung jawab dalam mengembangkan dan menyokong kegiatan akademik konsentrasi keperawatan (minat) Gawat Darurat pada Prodi Magister keperawatan. Divisi Keperawatan Gawat Darurat berperan aktif dalam pengabdian masyarakat terkait bidang kegawat-daruratan dan kesiapsiagaan bencana dengan daerah binaan Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul dan Desa Banjararum yang berada di Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon progo, D.I Yogyakarta. Selain di wilayah DIY, Divisi Keperawatan Gawat Darurat juga berperan aktif dalam kegiatan penanggulangan bencana pada sector kesehatan di tingkat nasional.

 

Kontak Departemen

Departemen Keperawatan Dasar dan Emergensi FK-KMK UGM
Gedung Ismangoen FK UGM, Jl.Farmako Sekip Utara, Yogyakarta 55281 Indonesia
Telepon: (0274) 545674
Email: deptkde2@gmail.com

Departemen ini terdiri dari dua divisi yaitu divisi keperawatan jiwa dan divisi keperawatan komunitas. Departemen keperawatan jiwa dan keperawatan komunitas terbentuk mulai 2019 sejak Fakultas Kedokteran menjadi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK). Departemen ini memiliki keunggulan dalam bidang keperawatan komunitas, keperawatan jiwa serta keperawatan komplementer.

 

Kontak Departemen

Gd Ismangoen, Program Ners FK-KMK UGM
Jl Farmako Sekip Utara, Bulaksumur Yogyakarta, 55284

Departemen Keperawatan Medikal Bedah (KMB) merupakan salah satu Departemen di FK-KMK yang  terdiri dari 2 divisi yaitu divisi Keperawatan Medikal dan divisi Keperawatan Bedah. Departeman KMB berfokus pada pengembangan ilmu di area keperawatan pada klien dewasa (Adult Nursing) yang mencakup keperawatan medikal bedah, seperti keperawatan penyakit kronis dan penyakit akut, perawatan penyakit terminal, keperawatan jangka panjang dan pengendalian infeksi serta pengobatan komplementer dan ilmu keperawatan lain yang terkait dengan perawatan pasien dewasa baik terkait upaya promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif maupun perawatan paliatif yang mengacu pada bukti-bukti ilmiah. Departemen KMB memiliki 8 staf dosen dengan kualifikasi 4 dosen bergelar Doktor, 1 dosen sedang menempuh pendidikan S3 di United Kingdom , 3 dosen bergelar Magister  dan 5 staf tenaga kependidikan.

 

Kontak Departemen

Departemen Keperawatan Medikal Bedah FK-KMK UGM
Gedung Ismangoen Lt. 2
Jl Farmako, Sekip Utara, Yogyakarta
Nomor telpon: 0274 545675
Email: kmb.fkkmk@gmail.com
Website: fk.ugm.ac.id

Departemen Mikrobiologi adalah departemen yang memiliki tugas untuk mengembangkan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat serta pelayanan dalam bidang mikrobiologi. Departemen Mikrobiologi mengampu pembelajaran dalam bidang mikrobiologi dan penyakit infeksi pada berbagai program studi di UGM. Departemen Mikrobiologi mendukung berbagai penelitian yang berhubungan dengan disiplin ilmu mikrobiologi dan penyakit infeksi. Departemen mikrobiologi juga berpartisipasi dalam pelayanan mikrobiologi klinik di berbagai rumah sakit.

 

Kontak Departemen

Departemen Mikrobiologi FK-KMK UGM
Jl. Farmako Sekip Utara No. 1, Catur Tunggal, Depok Sleman, Yogyakarta

Nomor Telpon : 0274-580297; 08112511293
Email : Bm.fk@ugm.ac.id

Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FKKMK UGM) berdiri pada tahun 1977 dirintis oleh “ tiga sekawan” yaitu dr. Soeharso, dr. Lucas Meliala dan dr. M. Landung Soebijantoro, setelah sebelumnya masih bergabung dengan departemen psikiatri. 

Pada tahun 1986, Departemen Neurologi  ditetapkan menjadi salah satu Pusat Pendidikan Dokter Spesialis Penyakit Saraf secara penuh. Hingga kini, Departemen Neurologi melalui program studi Pendidikan Dokter Dokter Spesialis neurologi telah meluluskan lebih dari tiga ratus orang dokter spesialis. Program studi Pendidikan Dokter Dokter Spesialis Neurologi juga saat ini telah terakreditasi A oleh Lamp PT Kes.

 

Kontak Departemen

Kantor KSM Saraf RS Sardjito
gedung IRNA 1 lantai basement
Jl Kesehatan No 1 Sekip Yogyakarta
Telp : 0274 – 543 473
Email : saraf.fk@ugm.ac.id
Website: https://neurologi.fk.ugm.ac.id/

Indonesia sebagai negara tropis tidak pernah lepas dari ancaman penyakit yang disebabkan oleh parasit, terutama penyakit akibat infeksi protozoa, penyakit kecacingan, dan penyakit tular-vektor. Dengan Visi menjadi Departemen Parasitologi yang unggul di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dengan inovasi pendidikan berkesinambungan dan inovasi kurikulum berbasis kompetensi menuju persaingan global, baik secara nasional maupun internasional didukung oleh sumber daya yang berkualitas dan berkinerja tinggi, Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM) terus berusaha menjadi unggulan dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit parasitik dan tular-vektor di Indonesia, sesuai dengan salah satu tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu mengurangi beban penyakit menular, terutama malaria dan Neglected Tropical Diseases. Dengan didukung oleh fasilitas laboratorium dan sumber daya manusia yang handal, Departemen Parasitologi telah banyak  melakukan  kegiatan pendidikan, penelitian, serta pengabdian masyarakat untuk mendukung peran pemerintah dalam pencegahan dan pengendalian penyakit parasitik.

Saat ini, Departemen Parasitologi memiliki sebanyak 8 orang dosen aktif yang didukung oleh 7 orang tenaga kependidikan. Penerapan Tridharma Perguruan Tinggi oleh Departemen Parasitologi FK-KMK UGM terutama diterapkan dengan menyelenggarakan pendidikan parasitologi yang inovatif dan berkualitas pada strata S1, S2, dan S3, melaksanakan penelitian dengan memanfaatkan teknologi kedokteran terkini yang menunjang pengembangan mutu pendidikan dan pelayanan kesehatan, serta melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan penyuluhan kesehatan, konsultasi penelitian, dan pelayanan laboratorium dengan menerapkan teknologi tepat guna. Selain itu, Departemen Parasitologi FK-KMK UGM senantiasa meningkatkan kemampuan dan karir sumber daya manusia edukatif dan non-edukatif sesuai dengan kepakaran dan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan seluruh staf secara adil dan merata.

 

Kontak Departemen

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada
Gedung Prof. Drs. Radiopoetro Lantai IV, Sayap Timur
Jalan Farmako, Sekip Utara, Yogyakarta 55281.
Telepon/Fax: (0274) 546215
Email: parasitologi.fk@ugm.ac.id

Website: https://parasitology.fkkmk.ugm.ac.id

Website pendukung: https://parasito.fkkmk.ugm.ac.id

Bagian Patologi Anatomik (PA) FK UGM dirintis pada tahun 1952 pada saat  dr. Bambang Soetarso menjabat sebagai Profesor dan menjadi Kepala Bagian PA pertama. Bagian PA pada saat itu berlokasi di Rumah Sakit Gadjah Mada yang terletak di Pugeran. Pada tahun 1982, Bagian PA berpindah tempat di Kompleks Bulak Sumur, dan kemudian pada tahun 2004 mulai menempati Gedung Radiopoetro lantai 4 sampai sekarang.

Pemeriksaan bidang onkologi dan penyakit sistemik termasuk patologi infeksi terkait tumor yang didukung oleh kemajuan pemeriksaan histopatologi, sitopatologi, panel imunohistokimia / imunositokimia, imunofluoresen, dan patologi molekuler yang mendukung diagnosis di era terapi individual serta kemajuan penelitian.

Menyelenggarakan lokakarya bidang patologi guna meningkatkan kemampuan diagnostik dan pembaharuan ilmu.

Sebagai institusi sentra diagnostik dalam kasus-kasus rujukan (diagnosis kasus sulit) yang didukung oleh laboratorium yang rutin terdaftar dalam jaminan mutu internasional, staf / ahli yang memiliki gelar spesialis konsultan dan Doktoral, serta teknisi yang tersertifikasi.

 

Kontak Departemen

Departemen Patologi Anatomik
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan  Universitas Gadjah Mada
Gedung Prof. Drs. Med. R. Radiopoetro Lt. IV
Jl.  Kesehatan, Sekip, Yogyakarta 55281
Telp. / Fax  :  0274-540460
Email           :  bpa.fkugm@ugm.ac.id
Website        :  http://pa.fk.ugm.ac.id

Pada tahun 1954 di RS UGM, Pugeran dimulai kegiatan kimia klinik yang dipimpin oleh dr. Aryono dibantu oleh dr. Herdjuno, dr. Rochyat dan dr. Sutaryono. Bersama-sama dengan Biokimia, Kimia Klinik berada di bawah pimpinan Prof. R.Sardjono Kepala Bagian Kimia Kedokteran. Pada tahun 1960, dr. Aryono pindah ke Bagian Penyakit Dalam dan Pimpinan Kimia Klinik dipegang oleh dr. RM. Tedjo Baskoro yang berasal dari Biokimia.

Pada tahun 1961, Kimia Klinik menjadi Bagian tersendiri yang disebut Bagian Klinika Kimia. Pada saat awal ini peralatan yang ada masih sangat sederhana dan tenaga analisnya baru seorang yaitu Nn. Hindun, sedangkan tenaga laborannya sebagian besar hanya berpendidikan SD yang dididik menjadi laboran.

Pada tahun 1974, Kimia Klinik berkembang menjadi Bagian Patologi Klinik dengan Ketua Bagian Prof. dr. RM. Tedjo Baskoro. Dengan mulia aktifnya RSUP Dr. Sardjito pada tahun 1975, maka Bagian Patologi Klinik tenaganya dibagi di dua tempat yaitu Bagian Patologi Klinik FK UGM di Rumah Sakit Pugeran dan Instalasi Laboratorium Klinik di RSUP Dr. Sardjito. Pada saat itu jumlah tenaga analis hanya 3 orang dengan tata usaha seorang, sehingga diperlukan tenaga tambahan dari Bagian Patologi Klinik Fakultas Kedokteran UGM. Pada masa-masa perpindahan itu, Instalasi Laboratorium Klinik bekerja di dua tempat yaitu Selatan (RS. Pugeran)  dan di Utara (RSUP Dr. Sardjito) selama beberapa tahun. Kepala Bagian masih tetap dipegang Prof. dr. RM. Tedjo Baskoro.

Pada tahun 1980 – 1982 dengan meleburnya RS UGM ke RSUP Dr. Sardjito kegiatan Laboratorium Klinik di RS Pugeran dipindahkan ke RSUP Dr. Sardjito. Pada saat itu segala fasilitas peralatan laboratorium yang ada di laboratorium RS Pugeran diserahkan ke RSUP Dr. Sardjito meliputi Pelayanan Kimia Klinik, Hematologi, Bakteriologi, Mikrologi dan Serologi. Alat alat ini semuanya menjadi modal dasar untuk berkembangnya Instalasi Laboratorium Klinik RSUP Dr. Sardjito di kemudian hari. Sedangkan peralatan untuk praktikum mahasiswa digunakan untuk menunjang pendidikan di Bagian Patologi Klinik di Kampus FK UGM.

Dulu ahli-ahli Ilmu Patologi tergabung dalam suatu perhimpunan yang disebut Ikatan Ahli Patologi Klinik Indonesia (IAPI). Brevet spesialis pertama kali diberikan kepada Prof Tedjo Baskoro oleh Ikatan Ahli Patologi Klinik. Pada tahun 1981, dr. Haryono Soeharto telah selesai finishing PPDS Patologi Klinik di FK UI karena pada saat itu Bagian PK FK UGM belum menjadi pusat Pendidikan Dokter Spesialis PK. Pada tahun 1981 FK UGM mengakui 5 Staf PK (dr. Suroto, dr. Wijono, dr. Deddy Koesnady, dr. Sukarmo dan dr. Soeharjanto) sebagai dokter spesialis dengan diberikannya SK Spesialis Patologi Klinik. Pada tahun 1984, Bagian PK FK UGM divisitasi oleh Board of Study IAPI yang dipimpin oleh Prof. Siti Boedina Kresna sehubungan dengan persiapan menjadi salah satu pusat pendidikan PPDS 1. Akhirnya berdasarkan hasil visitasi tersebut, pada Konker IAPI tahun 1986 di Palembang, Bagian PK FK UGM disyahkan sebagai salah satu pusat pendidikan PPDS 1.

Sebagai peserta didik pertama yang diuji adalah dr. Budi Mulyono yang memulai pembuatan tesisnya pada tahun 1987 dan lulus pada tahun 1989. Setelah itu Bagian PK – PPDS 1 FK UGM mulai rutin menerima peserta didik baik berasal dari Yogyakarta maupun dari luar kota/ daerah misalnya Surakarta, Semarang, Cilacap, Surabaya, Jakarta, Bengkulu, Palembang, Bali, Kalimantan, Sulawesi dan Irian Jaya. Sekarang jumlah peserta didik PPDS 1 sebanyak 29 orang.

Mulai tahun 1982, Ketua Bagian Patologi Klinik/ Kepala Instalasi Laboratorium Klinik RSUP Dr. Sardjito diserahkan kepada dr. Soeharjanto, DSPK.

Pada tahun 1984, tenaga administrasi dari Bagian Patologi Klinik FK UGM yang bekerja di Instalasi Laboratorium Klinik RSUP Dr. Sardjito kembali ke Bagian Patologi Klinik FK UGM. Staf edukatif sebanyak 12 orang dengan 7 orang spesialis Patologi Klinik. Sedang di RSUP Dr. Sardjito ada penambahan tenaga dari Bagian

Mulai tahun 1987 Kepala Bagian dipegang oleh dr. Wijono Js. Jumlah Analis RSUP Dr. Sardjito meningkat menjadi 40 orang. Berhubung pelayanan meningkat mulai digunakan alat otomatisasi khususnya untuk pemeriksaan-pemeriksaan Kimia Klinik.

Mulai tahun 1990 Kepala Bagian kembali dipegang oleh dr. Soeharjanto. Tenaga Analis meningkat menjadi 65 orang, otomatisasi alat termasuk untuk penetapan-penetapan hematologis, penanda-tumor, pengembangan immunologis untuk hormone-hormon dan virologis (penanda-penanda untuk hepatitis, TORCH, dll). Pada saat itu peserta didik PPDS Patologi Klinik mulai banyak, dan sudah menghasilkan lulusan dokter Spesialis PK.

Pada tahun 1995, tenaga spesialis menjadi 12 orang, oleh karena Prof. dr. RM. Tedjo Baskoro dan dr. H. Soeroto Hd telah meninggal dunia. Seiring dengan perkembangan disiplin Ilmu Patologi Klinik, maka telah berkembang ke arah subspesialisasi yang meliputi : Hematologi, Nefrologi, Endokrinologi, Hepatogastroenterologi, Infeksi, Imunologi dan Kardiovaskular.

Bagian PK terlibat dalam kegiatan pendidikan untuk mahasiswa S1 Pendidikan Dokter, Ilmu Keperawatan dan Ilmu Gizi, serta kegiatan kegiatan kepaniteraan umum/ PKMT. Sebelum tahun 2003, sistem pendidikan yang dijalankan adalah system kredit semester. Mata Kuliah PK diberikan dalam bentuk kuliah dan praktikum yaitu pada semester 4 sebanyak 3 SKS dan semester 5 sebanyak 2 SKS.

Pada tahun 2003 sistem pendidikan Patologi Klinik  untuk mahasiswa S1 Pendidikan Dokter mengikuti sistem Problem Based Learning (PBL) yang diberlakukan di Fakultas Kedokteran UGM, baik kelas regular maupun kelas internasional. Mata Kuliah Patologi Klinik dijabarkan dalam Blok 8,9,11,12,13,14,15,16,17,18,20,21,22 dalam bentuk kuliah, tutorial, praktikum serta skill lab. Staf PK terlibat secara aktif dalam kegiatan tutorial blok. Mata Kuliah Patologi Klinik tetap diajarkan menggunakan sistem lama (SKS) untuk pendidikan ilmu keperawatan dan ilmu gizi.

Program PPDS 1 pertama kali diselenggarakan selama 7 semester secara regular dengan satu gelar yaitu Spesialis Patologi Klinik. Sejak tahun 1999 PPDS 1 Patologi Klinik menyelenggarakan program double degree yaitu Magister Sains – PPDS 1 (MS PPDS 1) Patologi Klinik bekerja sama dengan Program Studi Ilmu Kedokteran Klinik. Program ini ditempuh selama 8 semester (ditambah 1 semester MS PPDS 1) dengan mengikuti Mata Kuliah Dasar Umum dan ujian proposal. Program ini merupakan program pilihan. Lulusan akan menyandang dua gelar yaitu Spesialis Patologi Klinik dan Magister Kesehatan. Untuk menstandardisasi mutu kelulusan, kolegium mulai menerapkan Ujian Nasional pada tahun 2003. Pada tahun 2005, dalam rapat kolegium yang dihadiri anggota Kolegium se Indonesia Bagian PK FK UGM disetujui dapat menyelenggarakan pendidikan konsultan dalam bidang infeksi dan hematologi, yang pada tahun 2006 divisitasi oleh Kolegium Pusat.

Sejak bulan Juni 2005, Bagian Patologi Klinik FK UGM menempati Gedung Radioputro lantai 5 dan 6 sayap timur. Lantai 6 digunakan sebagai ruang praktikum untuk mahasiswa S1. Fasilitas praktikum di bagian PK meliputi ruang praktikum berkapasitas 60 mahasiswa yang dilengkapi dengan fasilitas audiovisual dan peralatan untuk praktikum. Lantai 5 digunakan untuk ruang administrasi, ruang pengurus bagian, ruang sebagian staf edukatif, ruang untuk riset imunoserologi & biologi molekuler untuk staf, mahasiswa S1, S2, PPDS Patologi Klinik ataupun S3 serta untuk proyek penelitian bekerjasama dengan pihak lain. Salah satu perangkat unggulan yang ada yaitu flowcytometer, yang dapat digunakan dalam berbagai pemeriksaan imunologi seluler misalnya pemeriksaan cluster of  differentiation (CD), sitokin, DNA content dan lain-lain. Sebagian staf Patologi Klinik menempati ruang di Instalasi Laboratorium Klinik RSUP Dr. Sardjito. Pada tahun yang sama Instalasi dan PPDS Patologi Klinik menempati ruang baru di bekas Bedah Sentral RSUP dr. Sardjito. Tenaga analis dan administrasi saat itu 70 orang, staf 14 orang, residen 30 orang. Sejak bulan Desember 2015, Kelompok Staf Medis (KSM) Patologi Klinik yang diketuai dr. Usi Sukorini MKes, SpPK(K) menempati ruangan kerja baru di lantai 6 Instalasi Rawat Jalan RSUP Dr. Sardjito.

Pada perkembangannya Bagian Patologi Klinik telah mengalami perubahan nama menjadi Departemen Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium sejak Desember 2015. Departemen ini telah bertransformasi menjadi bagian dari FK UGM dan RSUP Dr. Sardjito yang tidak bisa dipandang sebelah mata dalam memberikan kontribusi nyata di bidang pelayanan, pendidikan, maupun riset. Departemen Patologi Klinik dan Laboratorium Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM)/RSUP dr. Sardjito saat ini sedang mengembangkan berbagai bidang layanan salah satunya adalah Bank Darah dan Kedokteran Transfusi (BDKT). Sejak tahun 2011 PPDS II (konsultan) Bank Darah dan Kedokteran Tranfusi diresmikan dan telah meluluskan konsultan yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia. Divisi Bank Darah dan Kedokteran Transfusi semakin berkembang baik dalam bidang penelitian, pelayanan, maupun pendidikan. Kerja sama dengan pihak luar dijalin untuk semakin memantapkan eksistensi Divisi ini. Kedokteran transfusi merupakan ilmu yang sudah berkembang sedemikian pesat baik dari aspek riset maupun aplikasi klinik. Namun demikian masih cukup banyak aspek yang belum diperhatikan secara adekuat dalam rangka menjaga keamanan darah maupun keselamatan transfusi serta efikasinya. Praktek transfusi yang aman harus didasarkan kepada pemahaman tentang ilmu transfusi yang memadai. Berbagai upaya pengembangan khususnya pengembangan sumber daya manusia agar mumpuni dalam bidang transfusi dilakukan antara lain dengan mengadakan workshop  bertajuk Advance Course in Blood Transfusion dan Pelatihan Bank Darah Rumah Sakit bagi dokter dan teknisi sebagai beberapa kegiatan rutin dari Departemen Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium FK UGM / RSUP Dr. Sardjito yang melibatkan dokter umum maupun dokter spesialis serta tenaga teknis transfusi/ analis kesehatan.

Selain Divisi Bank Darah dan Kedokteran Tranfusi, perkembangan yang pesat juga terlihat pada Divisi Infeksi. Sejak tahun 2011, dibuka program Sp2 Infeksi dan telah mendidik fellow Konsultan Infeksi dari berbagai Propinsi di Indonesia. Divisi Endokrinologi telah mulai mendidik fellow Konsultan Endokrinologi sejak tahun 2015.

Departemen Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Fakultas Kedokteran UGM / Instalasi Laboratorium Klinik RSUP Dr Sardjito telah mengembangkan berbagai tes laboratorium untuk mendukung keberhasilan transplantasi organ, memiliki peran aktif dalam pengelolaan dan pencegahan infeksi di rumah sakit (PPI / Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi) dan program pengelolaan dan pengendalian antimikroba (PRA / Pengendalian resistensi antibiotika). Pengembangan bidang Hematologi pada topik hemostasis dan parameter trombosis serta panel lengkap anemia serta penerapan  immunophenotyping dan sitogenetika dalam pengelolaan leukemia.

Dalam bidang riset, beragam penelitian dilakukan secara aktif oleh para staf dengan melibatkan para peserta didik PPDS I maupun II, serta para mahasiswa S1 Pendidikan Dokter. Berbagai publikasi internasional staf Departemen Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium FK UGM / RSUP Dr. Sardjito telah diterbitkan dalam jurnal internasional. Beragam penelitian ini dilakukan sebagai wujud kontribusi Departemen terhadap kemajuan ilmu pengetahuan di bidang Patologi Klinik dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Departemen Patologi Klinik dan Laboratorium Kedokteran memiliki beberapa mitra penting bagi pendidikan, penelitian dan pelayanan klinis, seperti: Sysmex Jepang, Sanquin Bank Darah Belanda, Sekolah Kesehatan dan Olahraga Ilmu Fac. Ilmu, Pendidikan Kesehatan & Engineering, Univ of The Sunshine Coast Australia, dll Semua kegiatan di atas bertujuan untuk meningkatkan kualitas kinerja akademik dan pelayanan.

Dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, Staf Departemen Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium FK UGM / RSUP Dr. Sardjito terlibat aktif dalam tim bayi tabung, tim transplantasi ginjal, tim kanker, tim leukemia, tim DBD, tim hemophilia, tim audit medik, tim peningkatan mutu, tim ISO, tim PSBH, tim HIV, tim bedah jantung, tim penanggulangan dan pemberantasan tuberkulosis, tim transfusi darah, tim pencegahan dan pengendalian infeksi, tim pengendalian resistensi antibiotika, tim ISO/JCI/akreditasi RS, penanganan kasus-kasus sulit terintegrasi, dan pemberdayaan kapasitas pelayanan laboratorium di berbagai wilayah DIY maupun Indonesia. Departemen ini juga ikut dalam kegiatan pengabdian masyarakat oleh fakultas antara lain kegiatan penyuluhan, pemeriksaan fisik, pemeriksaan gula darah, asam urat, profil lipid dan pengobatan gratis pada manula di beberapa tempat antara lain di Minomartani Sleman, Condongcatur dan Bantul serta kegiatan peningkatan SDM di Aceh pasca tsunami. Adapun kegiatan lain dari pengabdian bagi masyarakat oleh staf Departemen Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium FK UGM diwujudkan dalam bentuk: Pelayanan Laboratorium integratif 1 pintu di RSUP Dr. Sardjito, Pelayanan laboratorium di Departemen Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium FK UGM (Gedung Radiopoetra lantai 5), pelayanan pemeriksaan laboratorium untuk calon PPDS FK UGM (sejak tahun 1999-sekarang), Seminar-seminar untuk medis dan awam, Penyuluhan tentang peran pemeriksaan laboratorium ke masyarakat, Kegiatan desa binaan dan skrining penyakit dengan pemeriksaan laboratorium (anemia, DM, hipotiroid, emerging-reemerging infectious disease), Konsultasi hasil-hasil laboratorium untuk masyarakat melalui radio atau media lain, Pelatihan/training pemeriksaan laboratorium untuk pelayanan kesehatan tingkat pertama (pencegahan infeksi, dengue, sepsis, kardiovaskuler, anemia), Skrining hipotiroid kongenital nasional di DIY-kerjasama dengan Dinkes DIY sejak tahun 2008, Edukasi pada berbagai sasaran pengguna layanan laboratorium aspek pra-analitik untuk peningkatan mutu hasil laboratorium, dan lain-lain.

Saat ini Departemen Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium memiliki 20 staf yang berdedikasi dalam mengajar, pelayanan dan penelitian, termasuk 1 penuh Profesor, 11 Doktor, 16 Konsultan, dan 5 spesialis, dan juga Spesialis lain di rumah sakit afiliasi. Dengan jumlah yang memadai staf, rasio guru per penduduk yang ideal sekarang. Departemen Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium Staf memiliki lima divisi: Penyakit Infeksi & Gastroenterohepatologi, Bank Darah & Kedokteran Transfusi, Hematologi & Onkologi, Imunologi, Nefrologi & Respirasi, dan Endokrinologi & Kardioserebrovaskular.

Semua upaya diatas sejalan dengan misi dari Departemen Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium FK UGM / RSUP Dr. Sardjito yakni melaksanakan pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat dan pelayanan laboratorium yang unggul dan bermanfaat dalam memajukan kesehatan masyarakat dan kalangan patologi klinik. Adapun visi dari Departemen Patologi Klinik dan Kedokteran Laboratorium FK UGM / RSUP Dr. Sardjito adalah menjadi Bagian Patologi Klinik yang inovatif dan unggul, serta mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dengan dukungan teknologi kedokteran dan sumber daya manusia yang berkinerja tinggi dan menjadi bagian yang mampu melaksanakan Dharma Perguruan Tinggi secara efektif dan efisien.

Pemegang jabatan Kepala Bagian Patologi Klinik:

2016-2021     : Dr. dr. Tri Ratnaningsih, MKes., SpPK(K)
2014-2015     : Prof. dr. Budi Mulyono, SpPK(K), MM
2010-2013     : Dr. Med. Dr. Suwarso, SpPK(K)
2006-2009    : dr. Setyawati , SpPK(K)
2004-2006    : dr. Setyawati, SpPK(K)
2004-2004    : dr. Budi Mulyono, SpPK(K)
2001-2004    : dr. Pramono Sidhi, DSPK
1991-2001      : dr. Soeharjanto, DSPK
1987-1991       : dr. Wiyono, DSPK
1978-1987       : dr. Soeharjanto, DSPK
1974-1978       : dr. Soekarmo, DSPK
1960-1974       : Prof. Tedjo Baskoro
1954-1960       : dr. Arjono

Kontak Departemen

Sekretariat Bagian Patologi Klinik
Gedung Radiopoetro lantai 5, FK-KMK UGM
Jalan Kesehatan, Sekip Utara, Yogyakarta 55281
Telp. : +62-274-7103748
Fax. : +62-274-518687
Email : pkugm@yahoo.com

Instagram : pkfkugm

Keberadaan tenaga pendidik dokter dan profesi kesehatan dibutuhkan untuk menghasilkan tenaga-tenaga kesehatan yang bermutu. Undang-Undang Guru Dosen No. 14 Tahun 2005 menuntut peningkatan profesionalisme tenaga kependidikan-baik bagi pendidikan kedokteran, maupun pendidikan kesehatan. Undang-Undang Guru Dosen ini mengharuskan setiap tenaga pendidik di perguruan tinggi untuk memiliki sertifikat sebagai pendidik. UU Pendidikan Kedokteran No. 20 Tahun 2013 Pasal 17 Ayat 1 menyatakan dengan jelas bahwa ‘ilmu pendidikan kedokteran’ merupakan salah satu cabang ilmu pada Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi. Pasal 20 Ayat 3 UU tersebut juga menegaskan bahwa ilmu pendidikan kedokteran merupakan salah satu cabang ilmu pada ilmu kedokteran yang diperlukan untuk penyelenggaraan pendidikan kedokteran, sehingga setiap institusi perlu menjamin ketersediaan dosen yang memiliki keahlian di bidang pendidikan kedokteran.

Di tingkat internasional, ilmu pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan telah diakui sebagai cabang ilmu pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan.. Berbagai asosiasi intrnasional yang menerbitkan jurnal ilmiah di bidang ini telah didirikan semenjak awal abad ini, seperti American Association of Medical Colleges yang menerbitkan jurnal Academic Medicine; Association for the Study of Medical Education (ASME) yang menerbitkan jurnal Medical Education; World Federatioan of Medical Education dan regional asosiasinya, dan lain-lain.

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan Program Studi S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan dalam rangka peningkatan profesionalisme tenaga pendidik profesi dokter dan profesi kesehatan lainnya, sehingga mutu pendidikan kedokteran dan kesehatan dapat ditingkatkan. Yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan melalui peningkatan kompetensi dokter.

Program Studi S-2 Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan ini mulai beroperasi pada tahun ajaran 2006/2007 dengan nama PS S-2 Ilmu Pendidikan Kedokteran (IPK). Telah mendapatkan persetujuan oleh Senat Fakultas Kedokteran UGM tanggal 19 Mei 2006, No. 108/MWA/2006 dan oleh Senat Akademik UGM tanggal 10 Maret 2006. Ijin resmi diperoleh dari Rektor Universitas Gadjah Mada Nomor 223/P/SK/HT/2006. Program Studi S-2 Ilmu Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan ini berada di bawah tanggungjawab Dekan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Kepegawaian  Universitas Gadjah Mada.

 

Kontak Departemen

Departemen Pendidikan Kedokteran dan Bioetika

Universitas Gadjah Mada

Gedung Radioputro Lt. 6, Jl. Farmako, Sekip Utara, Yogyakarta 55281

Telepon: (0274) 562139

Email: medicaleducation@ugm.ac.id

Website: http://medicaleducation.fk.ugm.ac.id/

Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan, dan Kedokteran Sosial merupakan salah satu departemen di dalam Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) FK-KMK UGM yang berdiri pada tahun 2016 setelah sebelumnya menjadi bagian dari IKM. Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan, dan Kedokteran Sosial terdiri dari 3 peminatan 3 yaitu minat Perilaku dan Promosi Kesehatan (PPK), minat Kesehatan Lingkungan (Kesling), dan minat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan dan Kedokteran Sosial terbuka untuk semua pemangku kepentingan yang mencari bantuan dalam bidang kesehatan masyarakat, khususnya perilaku kesehatan, lingkungan dan kedokteran sosial, konsultasi pembuatan kebijakan, seminar mengenai topik khusus kami, dan kolaborasi penelitian. Secara kolektif, menjadi bagian penting dari reformasi manajemen kesehatan masyarakat, secara nasional dan internasional.

 

Kontak Departemen

Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan
Gedung S2 IKM Lantai 3
Jl. Farmako Sekip Utara Yogyakarta 55281 Indonesia
Nomor telepon/fax : +62 274 551409 / +62 274 551410
Email : departemenperkesling.fk@ugm.ac.id
Website : departemenperkesling.fk.ugm.ac.id

Instagram : departemenhbes

Facebook : departemenhbes

 
 

Radiologi adalah mata dunia kedokteran. Dengan menggunakan prinsip-prinsip radiologi, tenaga kesehatan mampu mendiagnosis kelainan dan memberikan terapi yang sesuai. Radiologi memainkan peran penting dan selama 100 tahun terakhir, radiologi terus mengembangkan teknik dan peralatan baru agar dapat mendiagnosis penyakit dengan lebih cepat, akurat, dan makin tidak invasif. Perkembangan terakhir dalam bidang radiologi adalah penggunaan radiologi intervensional minimal-invasif untuk menangani penyakit-penyakit vaskuler maupun non-vaskuler.

Departemen Radiologi FK-KMK adalah salah satu pusat pendidikan ilmu radiologi terbaik di Indonesia yang telah mendapatkan akreditasi tertinggi sebagai lembaga pendidikan berkualitas. Didukung dengan fasilitas pembelajaran dan modalitas radiologi yang lengkap, staf konsulen yang ahli dalam masing-masing bidang, serta iklim studi yang mendukung peserta didik mencapai kompetensi maksimalnya, Departemen Radiologi FK-KMK telah berulang kali mendapatkan prestasi dan pengakuan baik pada tingkat nasional maupun regional.

 

Kontak Departemen

Departemen Radiologi, RSUP Dr. Sardjito
Jl. Kesehatan No.1, Sekip, Yogyakarta, 55284
Nomer Telepon & Fax : (0274) 631037, 544004, hunting 587333 psw. 565
Email : radiologi.fk@ugm.ac.id

Informasi terkait Identitas Fakultas/Sekolah Pascasarjana
Website: radiologi.ugm.ac.id

Instagram : radiologiugm

X