Kepemimpinan Perawat dalam Manajemen Bencana: Studi Kualitatif

FK-KMK UGM. Penelitian yang diinisiasi oleh Yayu Nidaul Fithriyyah bersama tim dari FK-KMK Universitas Gadjah Mada telah membuka wawasan baru mengenai peran kritis perawat dalam manajemen bencana. Melalui pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di dua rumah sakit regional dan satu rumah sakit pusat di Yogyakarta antara November 2017 dan Januari 2018, studi ini berhasil mengidentifikasi 49 indikator kepemimpinan perawat yang esensial dalam manajemen bencana. Metodologi yang digunakan meliputi wawancara mendalam dan Focus Group Discussion (FGD) dengan manajer perawat dan dosen keperawatan, dengan seleksi partisipan menggunakan teknik purposive sampling.

Analisis data dijalankan dengan menggunakan metode kerangka kerja yang dimodifikasi, yang memungkinkan peneliti untuk memetakan indikator-indikator kepemimpinan yang dibagi menjadi dua kategori besar: indikator umum dan indikator spesifik.

Hasil penelitian mengungkap empat tema utama sesuai dengan fase manajemen bencana: mitigasi, persiapan, respons, dan pemulihan/rehabilitasi. Masing-masing tema ini mencakup tiga sub-tema utama yang dikenal sebagai 3Cs: karakter, kompetensi, dan peran sentral pemimpin. Indikator umum mencakup sifat dasar pemimpin seperti ketegasan, kesadaran, kewibawaan, tanggung jawab, kejujuran, ketenangan, dan dedikasi. Kompetensi yang dibahas meliputi pengetahuan mendalam tentang bencana, kemampuan koordinasi yang efektif, dan keterampilan komunikasi L4 yang efisien. Sementara itu, peran sentral pemimpin meliputi fungsi sebagai penilai risiko, pendidik, dan negosiator.

Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan tidak hanya dalam peningkatan Kesehatan masyarakat melalui peran aktif perawat dalam manajemen bencana, tetapi juga mendukung pencapaian Sustainable Development Goals, khususnya pada poin ke-4 mengenai Pendidikan Berkualitas. Melalui hasil studi ini, diharapkan mahasiswa keperawatan dan profesi perawat dapat lebih dipersiapkan untuk menghadapi bencana, memperkuat kapasitas kepemimpinan, dan meningkatkan kualitas pendidikan keperawatan. (Penulis: Yayu Nidaul Fithriyyah, S.Kep., Ns., M.Kep. Editor: dr. Vincent, Ph.D)