FK-KMK UGM Jamin Mutu Program Studi Profesi Lewat Akreditasi LAM-PTKes

FK-KMK UGM. Untuk mempertahankan kualitas mutu Program Studi Profesi di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM), tim asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melakukan asesmen lapangan pada 18-21 September 2024.

Setibanya di FK-KMK UGM, para asesor yakni Prof. Dr. dr. Maimun Syukri, Sp.PD-KGH., Prof. dr. Wawaimuli Arozal, M.Biomed., Pharm.D., dr. Sri Asriyani, Sp.Rad(K), M.Med.Ed., dr. Retno Sari Dewi, M.Kes., Sp.KKLP., dan Prof. Dr. Chatarina Umbul Wahyuni, dr., MS., MPH. disambut oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan dr. Ahmad Hamim Sadewa, Ph.D mewakili Dekan FK-KMK UGM.

“Kita dari universitas yang berbeda, tapi kita memiliki tujuan yang sama. dan membutuhkan kerjasama dari tim borang untuk mengakses penilaian,” tegas Prof Chatarina.

Rangkaian asesmen perdana tersebut berlangsung di Gedung Kantor Pusat dan Tata Usaha (KPTU) FK-KMK UGM yang terdiri dari presentasi oleh pimpinan Program Studi dan Unit Penjamin Mutu FK-KMK UGM.

Kami sudah melakukan audit mutu internal. bahkan jaminan mutu eksternal melalui beberapa lembaga internasional seperti ASIIN untuk melakukan potret kondisi prodi, penilaian, dan rekomendasi untuk perbaikan prodi agar lebih baik,” jelas dr. Hamim.

Menurut dr. Hamim, diharapkan bahwa hasil akhir dari akreditasi ini adalah lulus yang kompeten sekaligus memberi syarat untuk berbakti kepada nusa dan bangsa sebagai pionir-pionir kesehatan.

“Renstra FK-KMK, melahirkan lulusan kreatif, inovatif, dan adaptif dan mampu menjadi agen perubahan,” tambah dr. Hamim.

Lebih lanjut, Direktur SDM, Pendidikan dan Penelitian, RSUP Sardjito Yogyakarta, drg. Nusati Ikawahju, M.Kes. menyampaikan rasa bangganya sebagai rumah sakit pendidikan utama bagi FK-KMK UGM.

“Akreditasi ini sangat penting bersama institusi pendidikan untuk selalu menjamin mutu dan memperhatikan kualitas yg diakui oleh lembaga independen. Sardjito bertanggung jawab bagaimana sumber daya manusia bisa transfer knowledge sesuai ketentuan yang ada,” pungkasnya.

Langkah strategis dalam penjaminan mutu ini menjadi wujud komitmen FK-KMK UGM terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yakni Kehidupan Sehat dan Sejahtera (SDG 3), Pendidikan Berkualitas (SDG 4), Industri, Inovasi, dan Infrastruktur (SDG 9), Berkurangnya Kesenjangan (SDG 10), Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab (SDG 12) serta Kemitraan Untuk Mencapai Tujuan (SDG 17). (Isroq Adi Subakti/Reporter)

Berita Terbaru