FK-KMK UGM Terima Kunjungan Studi Banding UPH Bahas Akreditasi ACEN

FK-KMK UGM. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menerima kunjungan studi banding dari Universitas Pelita Harapan, Tangerang pada Jumat (04/10) di Gedung Ismangoen Lantai 3, FK-KMK UGM. Kunjungan ini membahas terkait akreditasi ACEN serta pembelajaran di Program Studi Keperawatan.

dr. Ahmad Hamim Sadewa, Ph.D Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan menyampaikan bahwa FK-KMK UGM sudah menjalin beberapa kerja sama dengan Universitas Pelita Harapan, khususnya terkait pembaruan ilmu di bidang kesehatan. Seiring berjalannya waktu, kerja sama ini mempunyai progres yang bagus, termasuk dengan fakultas Keperawatan UPH.

Pada sambutannya, dr. Hamim menekankan bahwa salah tantangan terbesar terkait keperawatan adalah terbatasnya perawat yang menempuh pendidikan S1. Karena banyak di antaranya hanya sampai Diploma. Di FK-KMK UGM, khususnya Program Studi Ilmu Keperawatan membuka jalur Rekognisi Pembelajar Lampau (RPL) untuk perawat-perawat yang saat ini berstatus sebagai perawat di Rumah Sakit jejaring dari Diploma menjadi sarjana keperawatan dan profesi ners.

Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Pelita Harapan, Dr. Grace Solely Houghty MBA., M.Kep menyampaikan bahwa kunjungan ke FK-KMK UGM, khususnya ke Program Studi Ilmu Keperawatan untuk mendapatkan berbagai informasi terkait akreditasi The Accreditation Commission for Education in Nursing (ACEN).

Diskusi pada studi banding ini membahas tentang Persiapan ACEN Candidacy serta Aplikasi pengisian dokumen pre candidacy dari Accreditation Commission for Education in Nursing (ACEN). Narasumber yang memberikan materi dari Program Studi Ilmu Keperawatan FK-KMK UGM. Selain itu juga adanya paparan terkait program studi.

Pertemuan kedua institusi pendidikan ini selaras dengan tujuan SDGs. Pembahasan terkait akreditasi ACEN sesuai dengan SDG 4: Pendidikan Berkualitas dan adanya potensi untuk kolaborasi sejalan dengan SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. (Humas/Sitam).

Berita Terbaru