Clinical Updates 2024: Peran Dokter Umum dalam Perawatan Bedah yang Berkembang

FK-KMK UGM. Mahasiswa Profesi Dokter Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menyelenggarakan simposium dan lokakarya dengan tema “Clinical Updates 2024: The Evolving Role of General Practitioners in Surgical Care” pada Sabtu (21/09) yang diselenggarakan secara bauran dan disiarkan langsung menggunakan aplikasi Doctor to Doctor. Kegiatan ini diperuntukkan bagi mahasiswa prodi kedokteran, dokter umum, residen, serta dokter spesialis.

dr. Ahmad Hamim Sadewa, Ph.D., selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FK-KMK UGM dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada mahasiswa karena telah mengadakan kegiatan Clinical Updates yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan keilmuan kita sebagai dokter. Kemudian beliau juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bakti pertama mahasiswa dalam berkontribusi melalui keilmuannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan lokakarya secara luring. Lokakarya pertama berjudul “Basic Ultrasonography (USG) for Emergency in Primary Health Care” dipandu oleh dr. Irham Hanafi, Sp.An-TI yang membahas tentang pengetahuan dasar USG bagi dokter umum dan metode Extended Focused Assessment with Sonography in Trauma (E-FAST) dalam penegakan diagnosis kasus trauma. Lokakarya kedua berjudul “Essential Skills in Suturing and Knotting for Optimal Wound Healing” dipandu oleh dr. Imam Sofii, Sp.B, Subsp.B.D(K) dan dr. Siti Isya Wahdini, Sp.B.P.R.E., Subsp.K.M(K) yang membahas tentang bagaimana melakukan teknik menjahit dan simpul serta perawatan luka pada kasus bedah.

Pada kegiatan ini dilaksanakan sesi praktik yang dipandu oleh instruktur. Peserta dapat mencoba langsung alat USG dengan probandus yang ada, sehingga peserta bisa mengetahui secara lebih detail bagaimana pemeriksaan USG untuk membantu penegakan diagnosis pasien. Pada materi teknik menjahit dan simpul serta perawatan luka, peserta mendapatkan kesempatan untuk mencoba langsung teknik menjahit dan simpul dengan manekin yang sudah disediakan serta peserta diberikan kesempatan untuk melihat beberapa jenis derajat keparahan luka dan mencoba cara merawat luka di manekin.

Selain lokakarya juga diselenggarakan symposium. Tema pada sesi yang pertama “Specific Cases” dengan narasumber dr. Nurcahya Setyawan, Sp.B, Subsp.BD(K), Dr. dr. Muhammad Rosadi Seswandhana, SP.B.P.R.E., Subsp.LBL(K), dr. Adiguno Suryo Wicaksono, M.Sc., Sp.BS, Subsp.N-Vask(K), dr. Yuni Artha Prabowo Putro, Sp.OT (K), dan dr. Eko Purnomo, Ph.D, Sp.BA, Subsp.DA (K) yang membahas mengenai kasus-kasus spesifik bedah yang sering dijumpai di fasilitas kesehatan tingkat pertama dan bagaimana manajemen terbaru yang bisa dilakukan oleh dokter umum.

Sesi kedua tema “Role of Other Division in Surgery” dengan narasumber Tony Arjuna, S.Gz., M.Nut.Diet, Ph.D. AN. APD., dr. Andika Laksmana Kurniadi, Sp.KFR, dr. Winengku Basuki Adi, M.Med.Sc., Sp.KJ yang membahas mengenai peran dari divisi lain dalam penanganan kasus bedah. Pada kesempatan kali ini dibahas tentang kolaborasi interprofesi yang melibatkan psikiater, kedokteran fisik dan rehabilitasi, dan ahli gizi dalam penanganan pasien sebelum dan sesudah prosedur bedah. Kegiatan simposium ini berbentuk diskusi panel sehingga peserta dapat turut serta berdiskusi dan bertanya mengenai hal-hal yang sering ditemui selama praktek di tempat masing-masing.

Clinical Updates merupakan kegiatan tahunan yang menjadi salah satu kegiatan bersama dari mahasiswa tingkat akhir sebelum menyelesaikan pendidikan profesi kedokteran. Disampaikan pula bahwa kegiatan ini menjadi bentuk bakti mahasiswa program profesi dokter FK-KMK UGM untuk meningkatkan kapasitas dan keilmuan sejawat dokter. Sehingga kegiatan ini selaras dengan SDG 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera dan SDG 4: Pendidikan Berkualitas. (Kontributor:Panitia Clinical Updates 2024/Editor:Sitam).

Berita Terbaru