FK-KMK UGM Menjadi Tuan Rumah Gelaran PIT PERAMI XII 2024

FK-KMK UGM. Departemen Radiologi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menjadi tuan rumah dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan Perkumpulan Subspesialis Radiologi Muskuloskeletal Indonesia (PIT PERAMI) ke XII telah dilaksanakan pada tanggal 5-7 September 2024 di Hotel Tentrem Yogyakarta.

Acara tersebut mengusung tema “MSK Radiology: Prasaja Kanthi Sampurna – Simplicity to Perfection”. Pada rangkaian tersebut, terdapat kegiatan workshop dan symposium dengan menghadirkan pembicara nasional maupun internasional dan diikuti sebanyak 437 peserta yang terdiri atas dokter spesialis radiologi dan residen radiologi.

Di hari pertama, agenda PIT PERAMI diawali dengan workshop USG dan MRI muskuloskeletal yang diperuntukkan untuk dokter spesialis radiologi. Workshop untuk residen radiologi membahas patologi muskuloskeletal seperti fraktur, tumor tulang, dan arthritis menggunakan modalitas rontgen. Workshop untuk dokter umum membahas mengenai dasar-dasar cara membaca rontgen muskuloskeletal.

Rangkaian kegiatan ini juga dibersamai dengan Regional Outreach Program (ROP) oleh International Skeletal Society (ISS) pada tanggal 4 hingga 5 September 2024 yang diikuti oleh dokter konsultan dan spesialis radiologi. Mengundang pembicara-pembicara internasional yaitu Prof. Mahesh Prakash seorang profesor dan konsultan radiologi muskuloskeletal dari PGIMER Chandigarh, India. Pembicara kedua adalah Prof. Berna Dirim Mete, MD, PhD yang juga merupakan profesor dan konsultan radiologi muskuloskeletal dari Faculty of Medicine, University of Izmir Demokrasi, Türkiye.

Pembicara ketiga Luis Cerezal Pasquera, MD seorang konsultan radiologi muskuloskeletal dari Diagnostico Medico Cantabria, Spain. Pembicara keempat, Tatiane Cantarelli Rodrigues merupakan konsultan radiologi muskuloskeletal dari Hospital for the Heart, Sao Paulo, Brazil. Keempat pembicara tersebut membahas mengenai modalitas MRI muskuloskeletal normal maupun patologis.

Simposium musculoskeletal dibagi dalam beberapa sesi. Pada sesi pertama mencakup International Skeletal Society Session, yang mengundang pembicara internasional yang membahas mengenai modalitas MRI di antaranya yaitu bone marrow normal, wrist imaging khususnya patologi tersering yang ditemui pada atlet, TFCC injury, dan mengenai penyakit tropis.

Sesi kedua membahas mengenai osteoporosis and metabolic, yang disampaikan oleh beberapa pembicara, salah satunya Prof. Dr. dr. Rosy Setiawati, Sp.Rad (K)-MSK, CCD, yang membahas materi berjudul sarcopenia imaging. Sesi ketiga merupakan MSK Ultrasound and Post Treatment Imaging, yang salah satunya disampaikan oleh Dr. dr Bambang Supriyadi, Sp.Rad (K)-MSK, MM membahas mengenai modalitas USG pada soft tissue disorder.

Di hari berikutnya diselenggarakan sesi keempat mengenai MSK trauma yang disampaikan oleh beberapa pembicara, salah satunya yaitu, Steven Wong, MD, yang membawakan materi tentang elbow imaging, Dilanjutkan sesi kelima mengenai Arthritis menggunakan modalitas rontgen dan USG, disampaikan oleh Dr. dr. Marcel Prasetyo, Sp.Rad (K)-MSK RMSK,.

Simposium sesi terakhir, yaitu sesi keenam, membahas mengenai MSK infection, salah satunya mengenai spine infection seperti Pott’s disease yang disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Muhammad Ilyas, Sp.Rad (K)-MSK. Kegiatan diakhiri dengan interesting case discussion dan kuis. Acara tahunan ini akan diselenggarakan kembali pada tahun 2025 di Surabaya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari strategi Departemen Radiologi FK-KMK UGM dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) terutama SDG 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera, SDG 4: Pendidikan Berkualitas, dan SDG 17: Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. (Kontributor:Dwita Oktaviani/Editor:Sitam).

Berita Terbaru