Kuliah Perdana dan Welcome Party Prodi Doktor FK-KMK UGM Angkatan 2024

FK-KMK UGM. Pada Kamis, 22 Agustus 2024, suasana Auditorium Gedung Pascasarjana Tahir FK-KMK UGM dipenuhi oleh semangat dan antusiasme mahasiswa baru Program Doktor (S3) angkatan 2024. Mengenakan pakaian adat daerah yang beragam, 58 mahasiswa dari berbagai penjuru nusantara hadir untuk memulai perjalanan akademik tertinggi mereka. Acara ini menjadi momen berharga sebagai awal dari perjalanan panjang yang akan ditempuh para calon doktor dalam bidang kesehatan.

Acara diawali dengan sambutan hangat dari Kaprodi Doktor, Prof. dr. Adi Utarini, MSc, MPH., Ph.D, yang menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya kepada para mahasiswa baru yang telah memilih untuk melanjutkan studi ke jenjang tertinggi di FK-KMK UGM. “Studi S3 adalah studi tertinggi, ini merupakan keputusan yang baik. Kami berterima kasih untuk itu dan termotivasi untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas pendidikan,” ungkapnya. Prof. Uut, sapaan akrabnya, juga berpesan, “Jangan jadi sprinter, jadilah pelari maraton yang spirit dan lajunya berkelanjutan.”

Sementara itu, dr. Ahmad Hamim Sadewa, Ph.D, yang mewakili Dekan FK-KMK UGM, menekankan harapan agar para lulusan S3 nantinya dapat menjadi pemimpin yang mandiri dan berperan sebagai agen perubahan di masyarakat. “Ketika selesai menempuh prodi S3, diharapkan sudah menjadi pribadi mandiri yang bisa berperan sebagai leader di laboratorium, departemen, institusi, dan menjadi agent of change di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi materi yang berfokus pada proses pendidikan dan administrasi akademik. Kaprodi dan Sekprodi, Prof. dr. Adi Utarini dan Dr. Fitri Haryanti, S.Kp., M.Kes., memberikan panduan lengkap tentang struktur pendidikan, prosedur administrasi, serta penggunaan website S3 yang menjadi portal utama bagi mahasiswa dalam mengakses informasi akademik. Kegiatan ini selaras dengan tujuan SDGs khususnya pada SDG 4 Pendidikan Berkualitas.

Selain itu, Prof. Dra. RA. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D, sebagai Ketua Komite Standar Akademik, memberikan materi yang mendalam tentang pentingnya mempertahankan integritas akademik selama menempuh studi doktoral. Tidak kalah penting, Prof. dr. Mohammad Hakimi, Sp.OG(K)., Ph.D, memberikan  materi bertajuk “How to Get a PhD (Successfully and Timely). Sesi terakhir diisi oleh Prof. Dr. dr. Sutaryo, Sp.A(K), yang mengajak para mahasiswa untuk memahami dan menginternalisasi nilai-nilai ke-UGM-an yang menjadi landasan dalam menjalani pendidikan di Universitas Gadjah Mada.

Acara diakhiri dengan perkenalan dan sapaan dari pengelola dan tim sekretariat yang akan menjadi garda depan dalam mendukung perjalanan akademik para mahasiswa. Harapan besar disematkan kepada angkatan baru ini, agar mereka dapat menyelesaikan studi tepat waktu dan menjadi doktor-doktor yang mampu memberikan kontribusi nyata bagi dunia kesehatan di Indonesia. “Semoga yang diawali tepat waktu bisa diakhiri tepat waktu,” tutup Prof. Uut, memberikan semangat kepada seluruh mahasiswa yang hadir. (Assyifa/Reporter).

Berita Terbaru