Dosen FK-KMK UGM Berpartisipasi dalam Pelatihan Manajemen Bioresiko di IPB

FK-KMK UGM. Prof. Dr. dr. Hera Nirwati, M.Kes, Sp.MK, yang merupakan Guru Besar di Departemen Mikrobiologi FK-KMK UGM, berperan aktif dalam pelatihan Komite Manajemen Bioresiko yang diselenggarakan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 19-21 Juni 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para peserta dalam mengidentifikasi, menilai, serta mengelola risiko biologi terkait pengelolaan sampel atau spesimen.

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari ini berfokus pada peningkatan kapasitas dalam penanganan risiko biologis yang aman dan efektif, yang sangat relevan dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit. Inisiatif ini mendukung pencapaian tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya SDG 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera, yaitu memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan untuk semua orang.

Berbagai pembicara berkompeten turut serta dalam kegiatan ini, antara lain Drh. Huda S Darusman, M.Si, PhD, Dr. drh Diah Iskandriati, IFBA PC, Dr. Silmi Mariya, SSi., M.Si, IFBA PC, Drh. Indrawati Sendow, M.Sc., IFBA PC, Drh. Suryo Saputro, M.Si., Dr. Uus Saepuloh, SSi., M.Biomed, Dr. drh Susan M Noor M.Sc, IFBA PC, serta Tim Komite Manajemen Biorisiko PSSP. Kegiatan ini selaras dengan SDG 4 Pendidikan Berkualitas, serta dapat mencapai SDG 17 Kemitraan untuk Mencapai Tujuan, karena berpotensi terjalinnya kolaborasi.

Para peserta mendapatkan pengetahuan mendalam terkait berbagai aspek bioresiko, termasuk teknik identifikasi risiko potensial, metode penilaian risiko, dan pendekatan manajemen yang tepat. Topik-topik penting seperti peran komisi ad hoc dalam institusi yang mengelola bahan biologis, prinsip dasar manajemen bioresiko, tanggung jawab penasehat manajemen, serta praktik mikrobiologi. (Penulis:Dian & Ayu/Editor:Sitam).

Berita Terbaru