FK-KMK UGM Dorong Kesadaran Kesehatan Telinga Melalui Skrining Terpadu

FK-KMK UGM. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menyelenggarakan skrining telinga bagi sivitas akademika pada Jumat (16/08) di Gedung Genose FK-KMK UGM dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran terkait pentingnya menjaga kesehatan pendengaran.

Kegiatan skrining telinga ini diikuti oleh tenaga kependidikan FK-KMK UGM, Farmasi, serta FKG UGM. Menurut dr. Deden Siswanto selaku tim dari Departemen Telinga, Hidung, Tenggorokan dan Kepala Leher (THT-KL) menyampaikan bahwa banyak peserta yang ditemukan kurang peduli terhadap kesehatan telinga mereka.

“Harapannya bagi kami dari departemen THT-KL dengan adanya skrining telinga semoga semakin meningkatnya kesadaran sivitas FK-KMK UGM terkait fungsi pendengaran dan kesehatan telinga,” ujar dr. Deden.

Dengan skrining ini, diharapkan mereka yang memiliki masalah pendengaran dapat segera mendapatkan perawatan yang lebih baik. Selain itu, edukasi mengenai pentingnya pemeriksaan rutin ke dokter THT setiap enam bulan sekali juga diberikan. Hal ini penting untuk mendeteksi masalah telinga sedini mungkin dan menjaga kesehatan pendengaran.

Kegiatan ini sejalan dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya SDG 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera, yaitu memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua, khususnya dalam aspek kesehatan telinga dan pendengaran. Harapannya, kesadaran akan pentingnya pemeriksaan telinga akan terus meningkat di kalangan sivitas FK-KMK UGM.

Skrining telinga ini merupakan bagian dari kegiatan yang dilaksanakan oleh Posbindu Sehati. Posbindu Sehati merupakan kegiatan pemeriksaan kesehatan secara rutin yang diselenggarakan oleh HPU FK-KMK UGM. (Humas/Sitam).

Berita Terbaru