FK-KMK UGM Jajaki Kerja Sama dengan Doherty Institute tentang Penelitian Genomik

FK-KMK UGM. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menerima kunjungan dari Center for Pathogen Genomic yang merupakan unit dibawah Doherty Institute dari Melbourne, Australia pada 13-14 Agustus 2024. Perwakilan dari Center for Pathogen Genomic yang berkunjung terdiri dari Prof Norelle Sherry, Prof Torsten Seemann, Dr Celeste Donato dan Dr Lisa Ioannidis. Adapun kunjungan ini dengan perwakilan Pimpinan Universitas, kunjungan laboratorium, serta Joint Workshop.

Kunjungan hari pertama, Tim Center for Pathogen Genomic diterima langsung oleh Dr. Andi Sandi Antonius Tabusassa Tonralipu, S.H., LL.M di Ruang Sidang Pimpinan Gedung Rektorat UGM. Pertemuan ini bertujuan untuk membangun hubungan yang lebih erat dan mengembangkan kerja sama akademis antara kedua institusi. Dari pertemuan tersebut diharapkan akan menjadi langkah awal yang signifikan salam memperkuat kolaborasi yang dapat memberikan manfaat jangka panjang.

Selanjutnya mengunjungi labolatorium riset terpadu yang didampingi oleh   Dr.med. dr. Dyah Laksmi Dewi, M.Sc., Sp.B., Labolatorium World Mosquito Program yang didampingi oleh dr. Eggi Arguni, M.Sc., Ph.D., Sp.A(K) dan Labolatorium Penelitian dan Pengujian Terpadu UGM yang didampingi oleh Dr.med.vet., Hevi Wilhamadyatami, M.Sc. Pada kunjungan laboratorium tersebut menjelaskan alat dan fasilitas yang tersedia serta digunakan untuk penelitian-penelitian terkait Genomik yang telah dan sedang berlangsung di masing-masing labolatorium tersebut.

Hari kedua diagadakan Joint Workshop dihadiri oleh peneliti dari UGM yang berhubungan dan tertarik dengan penelitian tentang genomic. Sebanyak 13 peneliti dari UGM dan 4 orang dari Center for Pathogen Genomic berkesempatan menyampaikan penelitian tentang Genomik yang telah dan sedang berlangsung saat ini yang dibagi menjadi empat sesi. Hal ini bertujuan untuk saling mengenalkan penelitian dari masing-masing institusi dengan harapan bisa mendapatkan ide untuk kolaborasi tentang penelitian genomic yang selanjutnya dapat dikembangkan bersama.

Selanjutnya pihak UGM dan Doherty Institute akan menentukan prioritas topik penelitian yang akan dikembangkan mulai dari Tuberculosis, Resistensi Antibiotik, Typhi. Kemudian menentukan bentuk dukungan yang dibutuhkan seperti Project Support, Pelatihan dan Networking dengan peneliti-peneliti bidang Genomik. Semoga penelitian tentang genomic bisa mulai dilakukan dalam waktu dekat.

Rangkaian kunjungan sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Pertemuan ini selaras dengan SDG 17 Kemitraan untuk Mencapai Tujuan, karena berpotensi adanya kerja sama. Selain itu, kegiatan Joint Workshop sejalan dengan SDG 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera, SDG 4 Pendidikan Berkualitas, serta berpotensi mendapatkan inovasi yang sesuai dengan SDG 9 Industri, Inovasi, dan Infrastruktur. (Kontributor: apt. Sarah Ulfa, MPH/Editor:Sitam).

Berita Terbaru