Dosen FKKMK UGM Melakukan Pelatihan Tata Kelola Program Kesehatan di Pulau Taliabu

FKKMK UGM. Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan dan Sosial, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM (FKKMK UGM) menyelesaikan kegiatan pendampingan tata kelola program kesehatan di Dinas Kesehatan, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara. Tim yang terdiri dari Aditya Lia Ramadhona, Ph.D, Chandra, S.KM., MPH, Faisal, S.KM., MPH, dan Megarini Sulistyo, S.Ikom melakukan pelatihan dari 6 sampai 14 Juli 2024. Tujuan pelatihan yaitu meningkatkan kapasitas perencanaan dan penganggaran berbasis bukti.

Tim pelatih memfokuskan pada penggunaan visualisasi data. Metode ini membantu perencana untuk mengidentifikasi pola, tren dan hubungan dalam data serta membuat keputusan yang lebih terinformasi mengenai program kesehatan yang harus diprioritaskan. Visualisasi data juga digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi efektivitas program kesehatan yang ada.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas tata kelola program kesehatan di Pulau Taliabu sesuai dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDG 3 yang berfokus pada kehidupan sehat dan kesejahteraan. Selain itu, pelatihan ini mendukung pencapaian SDG 10 dengan mengurangi kesenjangan dalam akses layanan kesehatan dan SDG 16 dengan memperkuat kapasitas tata kelola program kesehatan lokal. Dengan meningkatkan penggunaan data dan visualisasi, diharapkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Pulau Taliabu menjadi lebih berkualitas dan terarah. (Penulis: Penulis : Zilfani Fuadiyah HaqYusuf Mukasyafah Rizqi Rahman/Editor: Guntari)

Berita Terbaru