Manajemen Kesehatan Mental bagi Mahasiswa Baru FK-KMK

FK-KMK UGM. Menjadi mahasiswa artinya memiliki peran dan tanggung jawab terutama dalam aspek akademik. Hal ini tentunya menjadi tantangan terutama untuk mahasiswa baru yang masih berada dalam masa transisi dari sekolah ke jenjang perguruan tinggi.

Dalam Talkshow Menjadi Mahasiswa FK-KMK yang menjadi salah satu sesi utama pada hari pertama PIONIR Morfogenesis 2024 Rabu (31/07), Prof. dra. R.A Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D selaku Ketua Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan, dan Kedokteran Sosial, menyampaikan materi mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental bagi mahasiswa FK-KMK dan cara mengatasinya.

Menjaga kesehatan termasuk kesehatan mental penting untuk mendukung profesionalisme dan integritas sebagai mahasiswa. Prof. Yayi menyampaikan terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental, salah satunya dengan menerapkan hobi. “Menurut saya hobi itu penting agar tidak stres dan tertekan,” ujar Prof. Yayi.

Hal lain yang dapat dilakukan termasuk menjalin kedekatan dengan teman dan lingkungan sekitar, mengatur dan memprioritaskan kegiatan, menyediakan waktu yang cukup untuk istirahat, menjaga pola makan, dan selalu berpikiran positif. Dengan menerapkan hal tersebut, diharapkan mahasiswa dapat sehat baik secara fisik maupun mental.

Prof. Yayi juga menyampaikan berbagai fasilitas kesehatan mental yang ada di lingkungan FK-KMK UGM. FK-KMK memiliki chatbot untuk kesehatan mental, fasilitas Teman Baik untuk menjadi pendengar, psikolog, psikiater, hingga sistem rujukan terintegrasi dengan rumah sakit jejaring.

Kegiatan PIONIR Morfogenesis merupakan kegiatan pengenalan lingkungan FK-KMK bagi mahasiswa baru. PIONIR Morfogenesis 2024 dilaksanakan pada tanggal 31 Juli hingga 1 Agustus 2024 di FK-KMK UGM. Rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam PIONIR Morfogenesis merupakan salah satu upaya dalam mendukung terciptanya pendidikan berkualitas di lingkungan FK-KMK, sesuai dengan target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 4 yaitu Pendidikan Berkualitas. (Fauziah/Reporter)

Berita Terbaru