UGM Adakan Kuliah Umum Online tentang Teknologi Nanopartikel dalam Pengobatan Herbal

FKKMK UGM. Pusat Kajian Kedokteran Herbal, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM menggelar acara tutupp tahun dengan mengundang pakar dari Pakistan untuk memberikan kuliah tamu secara online. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 50 peserta dari berbagai negara. Narasumber adalah Dr. Mulazim Hussain Asim, seorang Dosen Senior di College of Pharmacy, University of Sargodha, Pakistan, yang merupakan ahli dalam sistem pengantaran obat berbasis nanoteknologi.

Kuliah tamu yang berjudul “Importance and Recent Development of Nanotechnology-based Drug Delivery Systems in Herbal Medicines” membahas peran Sistem Pengantaran Obat Baru (NDDS) berbasis nanopartikel dalam pengobatan herbal. Kuliah ini bertujuan untuk menjelaskan manfaat dan perkembangan terbaru dari teknologi nanopartikel dalam meningkatkan efektivitas, selektivitas, dan keamanan obat herbal, serta mengatasi masalah seperti solubilitas dan bioavailabilitas senyawa aktif dari produk herbal.

Dr. Asim mengungkapkan bahwa teknologi nanopartikel dapat menargetkan obat herbal ke organ tertentu, memperbaiki berbagai aspek pengantaran obat, dan meningkatkan nilai terapeutik produk herbal. Namun, dia juga memperingatkan adanya tantangan seperti biaya tinggi, kesulitan dalam skala besar, dan potensi toksisitas nanopartikel yang memerlukan penelitian lebih lanjut.

Acara ini mendukung tujuan SDG No.3 tentang kesehatan dan SDG No.17 mengenai kemitraan untuk mencapai tujuan. UGM mengucapkan terima kasih kepada Dr. Asim atas wawasan berharga yang telah dibagikan selama kuliah tersebut.(Kontributor: Pusat Kajian Kedokteran Herbal/Editor: Guntari).

Berita Terbaru