Kementerian Kesehatan Selenggarakan Monitoring AHS Wilayah IV

FK-KMK UGM. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan kegiatan monitoring dalam rangka Pemenuuhan Kebutuhan Dokter Spesialis pada Jumat, 26 Juli 2024. Kegiatan yang  berlangsung di Fakultas Kedoketran, Kesehatan Msyarakat, dan Keperwatan ini dihadiri oleh Direktorat Jenderal Tenaga Kesehatan, Wakil Dekan Bidang Kerja sama, Alumni, dan Pengabdian Masyarakat FK-KMK UGM, serta perwakilan AHS UGM. Agenda utama dalam pertemuan ini adalah membahas strategi dan upaya pemenuhan kebutuhan dokter spesialis di AHS Wilayah IV.

Dalam forum ini, dr. Haryo Bismantara selaku perwakilan AHS UGM menyampaikan dalam pemenuhan kebutuhan dokter spesialis, diharapkan tidak hanya fokus mencetak kuantitas namun juga kualitas.  Menurut dr. Haryo, pencapaian ini memerlukan kerja sama yang erat antara fakultas kedokteran dengan rumah sakit pendidikan. Hal ini penting untuk memastikan bahwa lulusan tidak hanya memenuhi standar jumlah tetapi juga memiliki kompetensi yang tinggi dalam melayani pasien.

Kegiatan ini juga sejalan dengan dua tujuan dari Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yaitu nomor 4 yang berfokus pada Pendidikan Berkualitas dan nomor 17 yang mengedepankan Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. Kemenkes berharap dengan adanya koordinasi dan kolaborasi yang lebih baik antara berbagai lembaga dan instansi terkait, target pemenuhan kebutuhan dokter spesialis dapat tercapai secara efektif dan berkelanjutan.

Kemenkes berkomitmen untuk terus memantau dan mengevaluasi berbagai program dan inisiatif dalam pemenuhan kebutuhan tenaga medis, guna memastikan bahwa seluruh masyarakat dapat menikmati akses terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas. Dengan strategi yang tepat dan kerjasama yang solid, diharapkan sistem kesehatan nasional dapat ditingkatkan untuk memberikan manfaat maksimal bagi seluruh lapisan masyarakat. (Reporter: Resha Ayu)

 

Berita Terbaru