Pengabdian Masyarakat Program Gizi Sehat Lansia

FK-KMK UGM. Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada melaksanakan program dengan tema “Gizi Lansia Sehat”. Tujuan program ini untuk mendorong pemilihan menu makan yang lebih sehat dan aktivitas fisik sederhana untuk mempertahankan kemandirian/kondisi fisik lansia. Kegiatan ini diketuai oleh Marina S,Gz., M.Sc.

Proporsi penduduk lansia semakin meningkat terutama di Daerah Istimewa Yogyakarta. Program ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan lansia dalam mengelola kesehatannya dengan mendorong gaya hidup sehat dan memudahkan akses informasi kesehatan yang terpercaya bagi lansia. Kampung Kuningan merupakan salah satu wilayah perkotaan di Kabupaten Sleman yang menjadi salah satu wilayah binaan HDSS Sleman. Sejak dibentuk pada tahun 2001, kelompok lansia di kampung Kuningan masih bertahan meskipun menghadapi tantangan berupa terbatasnya akses informasi yang
terpercaya bagi lansia.

Kamis (18/07), tim mengadakan pertemuan pertama yang disesuaikan dengan jadwal kegiatan posyandu lansia. Pada pertemuan ini tim pengabdian melakukan identifikasi kebiasaan makan para lansia. Rencana implementasi program yaitu sebanyak 4 kali pertemuan.  Lansia aktif, semangat, dan antusias mengikuti kegiatan posyandu dan diskusi pelaksanaan rencana program kegiatan pengabdian. Hasil pertemuan pertama akan dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk materi yang akan diberikan selanjutnya.

Selama program berlangsung, lansia akan mendapatkan beberapa materi yaitu Pemilihan Menu Makanan Sehat dan Pengelolaan Kemandirian serta Aktivitas Fisik Sederhana. Di akhir program akan ada lomba pemilihan menu makanan sehat untuk mengembangkan kemampuan kader dan keluarga dalam penerapan gizi sehat. Dalam upaya mendorong keberlanjutan program, kami juga mengusahakan kolaborasi dengan berbagai pihak diantaranya Puskesmas, BKKBN, Yayasan Rumpun Nurani dan Korpagama mendukung kebutuhan kelompok lansia terhadap informasi kesehatan yang terpercaya. Kegiatan pengabdian masyarakat ini selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan nomor 3 yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera serta nomor 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.(Reporter: Resha Ayu)

 

Berita Terbaru