Sosialisasi Pelaksanaan Hibah Damas Abdimas 2024

FK-KMK UGM. Unit Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM telah menyelenggarakan Sosialisasi Pelaksanaan Hibah Damas Abdimas Tahun 2024 pada Kamis (28/3) secara daring melalui platform zoom meeting. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan arahan terkait jadwal pelaksanaan Hibah Damas dan mekanisme sistem keuangan.

“Usulan tema kegiatan pengabdian masyarakat tahun ini sangat menarik,” tutur Dr. Supriyati, M.Kes., selaku koordinator unit pengabdian masyarakat. Beliau menekankan beberapa poin, di antaranya kegiatan skema terintegrasi, human sociopreneur, dan klaster dapat mengajukan surat izin etik kegiatan.Harapannya, tim pengusul dapat menjalin kerja sama multiheliks agar bisa memecahkan permasalahan yang ada sesuai kepakaran dan mendapatkan hasil maksimal. Hal ini sejalan dengan tujuan SDGs 17 Kemitraan untuk Mencapai Tujuan. Pada Tahun 2024, Unit Pengabdian akan mengadakan monitoring Hibah Damas Abdimas sebanyak dua kali yaitu pada bulan Mei dan Agustus. Dr. Supriyati, M.Kes. menuturkan, “Saat monev diharapkan sudah ada progress kegiatan, bukan hanya serapan anggaran yang dilaporkan, serta alokasi honorarium tidak lebih dari 20%.”

Mekanisme pembayaran dana hibah tahun 2024 berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu tidak lagi menggunakan wallet SIMASTER. Subhianawati Utama, S.E., selaku Pemroses Keuangan Hibah menjelaskan pencairan dana melalui rekening riil. Nantinya, setiap pengusul utama penerima hibah akan dibuatkan rekening bank baru.

Dr. dr. Sudadi, Sp.An-TI., Subsp.N.An(K)., Subsp.An.R(K) selaku Wakil Dekan Bidang Kerja Sama Alumni dan Pengabdian kepada Masyarakat turut hadir memberikan sambutan secara langsung. “Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat yang mendapatkan Hibah Dana Masyarakat Tahun 2024 diusahakan tepat waktu, tidak molor. Semoga upaya kegiatan yang dilakukan berjalan lancer dan outcome yang diharapkan sesuai target fakultas dan universitas bisa tercapai sebaik-baiknya.” tuturnya dalam sambutan acara ini.

Pelaksanaan Hibah Damas Abdimas yang rutin dilaksanakan dan hasil yang nantinya akan dihasilkan oleh para peneliti merupakan salah satu upaya FK-KMK untuk mewujudkan kegiatan yang dapat menunjang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, yakni SDGs 3  Kehidupan Sehat dan Sejahtera dan SDGs 4 Pendidikan Berkualitas. (Penulis: Bidang Pengabdian Masyarakat/Editor: Putri)

Berita Terbaru