Workshop Metodologi Penelitian 6-8 Maret 2024

FK-KMK UGM. Pada bulan Maret 2024, TKP-PPDS berkolaborasi dengan Pusat Kajian CE&BU, telah sukses menyelenggarakan Workshop Metodologi PPDS 2024 untuk Gelombang 1 (Pertama) pada tanggal 6-8 Maret. Workshop Gelombang Pertama ini bertempat di Gedung Tahir Sayap Utara lantai 7 FKKMK UGM. Peserta yang hadir merupakan mahasiswa PPDS non-MS PPDS FKKMK UGM. Workshop ini diikuti oleh sekitar 35 peserta.

Agenda workshop berupa penyampaian materi dan dilanjutkan dengan sesi exercise di akhir pertemuan. Selama sesi exercise yang dipandu oleh instruktur,  peserta dikelompokkan ke dalam beberapa kelompok untuk mempraktikkan materi yang telah disampaikan. Pada hari pertama, peserta diberikan materi mulai dari dasar-dasar penelitian, literature searching, dan study design. Pada hari kedua, materi yang diberikan berupa berbagai jenis study design, confounding and bias, dan cara perhitungan sampel. Pada hari ketiga, diberikan materi terkait data analisis dan data management.

Selama tiga hari workshop, materi disampaikan oleh:

  1. dr. Afrilia Intan Pratiwi, M.Sc., Sp.A.
  2. Althaf Setyawan, S.Sc., MPH
  3. dr. Arditya Damarkusuma, MMed(Clin Epid), Sp.JP(K)
  4. Dewi Ismi Masithoh
  5. dr. Dhite Bayu Nugroho, M.Sc., Ph.D
  6. Dwi Purnama, S.Si., M.Sc.
  7. dr. Endah Rahmawati, MA, PhD, Sp.OG
  8. dr. Fitriana Murriya Ekawati, MPHC, PhD
  9. dr. Lukman Ade Chandra, M.Med, M.Phil
  10. dr. Mawaddah Ar Rochmah, Sp.N., Ph.D
  11. dr. Yudha Nur Patria, DCH, MMed(Clin Epid), MMS, PhD

Workshop Metodologi Penelitian ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) poin ke-4, yaitu Quality Education atau Pendidikan Berkualitas dan tujuan ke-17 yaitu kemitraan untuk mencapai tujuan. Pelatihan Metode Penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman tentang konsep-konsep dasar penelitian, meningkatkan kualitas penelitian, dan meningkatkan kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan. (Penulis: Pusat CEBU FK-KMK. Editor: Kuni Haqiati)

Berita Terbaru