Dosen FK-KMK UGM Hadiri Konferensi Internasional tentang Penelitian Nikotin dan Tembakau di Edinburgh

FK-KMK UGM.  Dosen Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM turut berpartisipasi dalam konferensi bergengsi bertajuk THE Scientific Forum for Presentation and Respectful Discussion of Cutting-Edge Nicotine and Tobacco Research yang berlangsung pada Kamis (27/03) di Edinburgh, Skotlandia.

Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D., dari Departemen Perilaku, Kesehatan Lingkungan, dan Kedokteran Sosial FK-KMK UGM mempunyai fokus dalam upaya global melawan konsumsi nikotin dan tembakau, yang merupakan penyebab utama penyakit tidak menular (PTM).

Konferensi ini merupakan wadah penting untuk mendiskusikan temuan terbaru terkait penelitian nikotin dan tembakau. Keterlibatannya dalam konferensi ini mendukung tujuan SDGs 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Kegiatan tersebut menghadirkan sejumlah ahli terkemuka yang membahas berbagai aspek penelitian terkini mengenai nikotin dan tembakau, termasuk dampaknya terhadap kesehatan, strategi pencegahan, dan intervensi pengendalian.

Selain berpartisipasi dalam sesi konferensi, Prof. Yayi juga memanfaatkan kesempatan ini untuk bertemu dengan Professor Faisel Khan, Associate Dean (International) dan Professor of Cardiovascular Sciences Division of System Medicine di University of Dundee. Pertemuan ini bertujuan untuk melanjutkan kerja sama antara FK-KMK UGM dan University of Dundee dalam penelitian dan pendidikan kesehatan masyarakat. Sehingga selaras dengan SDGs 17 Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat kapasitas penelitian yang berkualitas dan memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan kesehatan masyarakat, khususnya dalam mengatasi PTM yang berkaitan dengan konsumsi nikotin dan tembakau. (Kontributor: Zilfani Fuadiyah Haq, Yusuf Mukasyafah Rizqi Rahman, Ari Prayogo Pribadi/Editor:Sitam).

Berita Terbaru