Discard: Panggung Kompetensi Ulasan Riset Kardiologi oleh Mahasiswa UGM

FK-KMK UGM. Baru-baru ini, SCORE CIMSA UGM menggelar acara DISCARD (Delving into Cardiovascular Disease through Research and Education), sebuah kompetisi yang dirancang untuk menumbuhkan minat riset terkait bidang kardiologi oleh mahasiswa dari FKKMK UGM. Acara ini diadakan pada 17 Februari 2024 oleh SCORE CIMSA dengan dibersamai dosen berbagai departemen untuk penjurian dan bimbingan: Kardiologi, Psikiatri, Anatomi, Obstetri dan Ginekologi, Penyakit dalam, Cochrane Indonesia, dan Ilmu Biomedis; dan didukung oleh Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan untuk bimbingan dan penjurian.

Acara ini dipandu oleh MC Gladiola Valmai dan Muhammad Devino Kevan Putra Santosa, dengan agenda yang meliputi sambutan pembuka, sesi ice breaking, dan presentasi dari kelompok 1 dan 3.

  • Presentasi pertama membahas peran transplantasi feses dalam hipertensi, menunjukkan hasil yang menjanjikan pada uji coba hewan namun bukti terbatas pada manusia.
  • Kelompok kedua menyoroti bagaimana latihan kebugaran kardiorespiratori dapat berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung lebih efektif daripada latihan rutin.
  • Presentasi kelompok 3 sangat menarik, membahas bagaimana Alirocumab dapat mengurangi plak fibrosa pada pasien aterosklerosis.

Setelah presentasi awal, acara dilanjutkan dengan penghargaan untuk relawan, istirahat makan, dan presentasi lebih lanjut dari kelompok 4 dan 5.

  • Kelompok 4 memaparkan temuan mereka tentang bagaimana tidak sarapan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler
  • Kelompok 5 mengungkapkan kekhawatiran tentang risiko potensial miokarditis yang terkait dengan vaksin mRNA COVID-19, terutama pada pasien muda.

Juri, yang terdiri dari beberapa spesialis seperti dr. Junaedy Yunus, M.Sc., Ph.D, dr. Detty Siti Nurdiati, MPH, Ph.D, Sp.OG(K), dr. Dyah Wulan Anggrahini, Ph.D, Sp.JP(K), dr. Afkar Aulia, M.Sc, Sp.KJ memberikan penilaian kepada kelima kelompok. Walaupun semua kelompok sudah menunjukkan usaha keras dan gigih, tetap diperlukan penilaian dalam sebuah kompetisi. Penghargaan diberikan kepada kelompok 5 sebagai kelompok terbaik, kelompok 3 untuk riset terbaik, kelompok 1 untuk poster terbaik, kelompok 4 untuk presentasi terbaik, dan kelompok 2 sebagai favorit publik.

Acara ini diakhiri dengan pembagian sertifikat kepada pembicara, pengisian formulir evaluasi, dan upacara penutupan. DISCARD memainkan peran penting dalam memaparkan mahasiswa kedokteran pada metodologi riset, khususnya review scooping dan sistematis. Selain itu, acara ini menekankan pentingnya pendekatan multidisiplin dalam meningkatkan perawatan kardiovaskuler.

Acara ini menjadi bukti semangat kolaborasi dan keunggulan akademik di UGM, membina generasi baru peneliti medis yang siap memberikan kontribusi signifikan untuk kardiologi dan lebih jauh lagi. Acara ini juga dapat melatih siswa dalam mereview hasil riset, sesuai dengan semangat pembangunan berkelanjutan dalam menjalankan pendidikan berkualitas untuk menghasilkan dokter yang dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan untuk semua.

Acara ini juga merupakan salah satu bentuk upaya untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 3 terkait Kehidupan Sehat dan Sejahtera), nomor 4 terkait Pendidikan Berkualitas, dan nomor 17 tentang Kemitraan untuk Mencapai Tujuan (Kontributor dan Foto: Departemen Ilmu Kedokteran Jiwa, Editor: Humas FK-KMK. Artikel ini telah diunggah di Website Departemen Ilmu Kedokteran Jiwa)

Berita Terbaru