Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dalam Praktik Klinis

FK-KMK UGM. Dalam era medis yang semakin kompleks, keterampilan komunikasi yang baik diperlukan bagi mahasiswa Magister Ilmu Kedokteran Klinis FK-KMK UGM. Pelatihan Public Speaking diperlukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi mereka.

Pelatihan public Speaking dilaksanakan pada tanggal 23 April 2024, di Auditorium Gedung Tahir Utara lantai 1 Pelatihan ini diikuti oleh 74 Mahasiswa Magister Ilmu Kedokteran Klinis FK-KMK UGM.  Pelatihan public speaking merupakan kegiatan rutin yang diadakan Prodi Magister Ilmu Kedokteran Klinis bagi mahasiswa di setiap semesternya. Selain perkuliahan rutin, di setiap semesternya diselingi dengan kegiatan ini untuk menambah ketrampilan berkomunikasi bagi mahasiswa calon dokter spesialis ini. 

Pelatihan ini dibimbing oleh mentor berpengalaman Dr. Ayu Helena Cornelia, BA., M.Si. Mahasiswa pun menyambut baik adanya pelatihan tersebut. Mereka sangat mengapresiasi adanya pelatihan ini. Tanggapan mahasiwa pun sangat positif dan mereka sangat terbantu untuk belajar berkomunikasi dengan baik ketika nantinya mereka harus berhadapan langsung dengan pasien, teman sejawat, ataupun tim medis lain. Pelatihan ini tidak hanya berfokus pada pengembangan kemampuan berbicara di depan umum, namun juga melibatkan aspek lain seperti ekspresi wajah, bahasa tubuh, dan kemampuan mendengarkan. Di akhir acara kegiatan ini ditutup dengan bernyanyi dan berfoto bersama dengan mentor dan semua mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini.  

Pelatihan Public Speaking yang dilaksanakan bagi mahasiswa Magister Ilmu Kedokteran Klinis FK-KMK UGM ini tidak hanya meningkatkan keterampilan komunikasi mereka, tetapi juga memiliki relevansi yang kuat dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Kegiatan ini mendukung SDG 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera karena keterampilan komunikasi yang baik sangat penting dalam praktik klinis untuk memastikan pasien menerima informasi yang jelas dan tepat dari tenaga medis, yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil perawatan dan kesejahteraan pasien. Selain itu, pelatihan ini sejalan dengan SDG 4: Pendidikan Berkualitas, dengan memberikan pendidikan tambahan yang penting bagi calon dokter spesialis agar lebih siap dan kompeten dalam menjalankan tugas-tugas klinis mereka. Dengan demikian, pelatihan public speaking ini tidak hanya memperkaya pengetahuan dan keterampilan mahasiswa, tetapi juga berkontribusi terhadap peningkatan kualitas layanan kesehatan secara keseluruhan. (Penulis: Lucia Widartini. Editor: Nur Aziz)

Berita Terbaru