FK-KMK Mengenalkan Next Generation Sequencing

FK-KMK UGM. Next Generation Sequencing (NGS) merupakan alat yang dapat menegakkan diagnosis penyakit genetik lebih cepat dan lebih akurat karena dalam satu kali eksperimen bisa seluruh gene/exon (whole genome/exome sequencing) diperiksa (robust, high-throughput). Pemeriksaan dengan menggunakan NGS memungkinkan penegakan diagnosis penyakit genetik menjadi lebih akurat dan lebih cepat diketahui apabila terdapat mutasi gen pada pasien.

Pokja Genetik FK-KMK UGM menyelenggarakan workshop dengan judul Next Generation Sequencing: Application, Bioinformatic Analysis & Clinical Curation (7-8/3) yang diikuti kurang lebih 40 peserta berbagai profesi (klinisi, peneliti, maupun akademisi). Kegiatan ini juga melibatkan PT Pandu Biosains serta Balai Besar Veteriner Wates. Workshop terdiri dari 1) pengenalan, penggunaan, manfaat, serta tata cara menggunakan NGS di Laboratorium Riset Terpadu FK-KMK, 2) pengenalan alat mesin dan reagen dalam melaksanakan NGS di Balai Besar Veteriner Wates, dan 3) pengenalan pengolahan program software untuk membaca hasil sequencing.

Workshop ini mengundang narasumber ahli NGS, diantaranya Lai Poh San, Ph.D dari National University of Singapore, Christian Gillisen, Ph.D, dan Lot Snijders Blok, Ph.D dari Radboud UMC, Nijmegen. (Kontributor: Panitia Workshop NGS 2019)

Berita Terbaru