FK UGM Salurkan Hibah Alat Endoskopi dari YogyaHealth-ASEA Uninet

FK-UGM. Dalam rangka peningkatan  kerjasama bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pelayanan dengan rumah sakit pendidikan satelit, Fakultas Kedokteran Univesitas Gadjah Mada menyalurkan bantuan peralatan THT dari YogyaHealth-Asean European University Network (ASEA Uninet) kepada  KSM THT RSUD Banyumas. Bantuan hibah berupa 2 (dua) unit  Flexible Fibreoptic Nasolaryngoscopes dan 2 (dua) unit Light Sources senilai ratusan juta diserahterimakan Selasa (26/9) secara simbolis oleh Wakil Dekan Bidang Kerjasama, Alumni dan Pengabdian Masyarakat dr. Mei Neni Sitaresmi, SpA(K)., PhD. kepada KSM THT RSUD Banyumas, dr. Mugiarto Darmosumarto, SP.THT di ruang Wanagama  University Club UGM.

Serah terima yang dilanjutkan penandatanganan berita acara juga disaksikan perwakilan YogyaHealth-ASEA Uninet Dr. Matt Lechner. Dan pada kesempatan tersebut, Matt memaparkan 5 tahapan penting dalam mengoperasikan alat yang digunakan untuk membantu diagnosis dini kanker nasofaring, yaitu mulai dari persiapan, melepaskan kit, pemeriksaan pasien, mengkomunikasikan hasil pada pasien, hingga prosedur pasca pemeriksaan. Selain hadir menyaksikan serah terima alat endoskopi sebagai perwakilan YogyaHealth-Asea Uninet, kunjungan Matt ke FK UGM juga dalam rangka International Surgical Skills Workshop 2017 dengan menggandeng Royal College of Surgeon of England. Workshop yang diselenggarakan tanggal 25-26 September memberikan pelatihan keterampilan dasar bedah kepada para residen FK UGM. Perwakilan peserta workshop dari residen PPDS Obsgin dan THT-KL berkesempatan untuk mencoba secara langsung satu per satu alat endoskopi tersebut sebagai bagian dari pelaksanaan workshop.

“Semoga dengan semakin dilengkapinya peralatan medis di RSUD Banyumas, proses pemeriksaan medis maupun pembelajaran klinik yang dilakukan akan semakin memudahkan semua pihak, baik klinisi, mahasiswa residen, ataupun researcher yang ingin melakukan penelitian terkait kanker nasofaring di rumah sakit satelit kemitraan FK UGM,” ungkap Wadek Mei Neni usai penandatanganan berita acara. (Fitria/Reporter)

Berita Terbaru