Visitasi Akreditasi Program Studi Magister Kebijakan dan Manajemen Kesehatan FK-KMK UGM

FK-KMK UGM. Program Studi Magister Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM mendapatkan kunjungan dari Asesor LAM-PTKes dalam kegiatan Visitasi Akreditasi pada 19 – 21 Januari 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk validasi, verifikasi dokumen, dan klarifikasi data terkait proses akreditasi yang sedang dilakukan oleh Prodi Magister KMK FK-KMK UGM.

Dekan FK-KMK UGM, dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., Ph.D., FRSPH hadir menyambut Asesor LAM-PTKes yang datang untuk melakukan verifikasi. “Salah satu tujuan FK-KMK UGM adalah menghasilkan lulusan yang inovatif, adaptif, berbudi pekerti luhur dan mampu menjadi agen perubahan di bidang kedokteran dan kesehatan. Akreditasi ini menjadi upaya untuk mewujudkan hal tersebut,” jelas dr. Yodi.

Hadir pula Dr. Drs. Sutanto Priyo Hastono, M.Kes, salah satu Asesor LAM-PTKes. Dirinya mengatakan bahwa di samping melakukan verifikasi terkait akreditasi Prodi Magister KMK, kunjungan ini juga menjadi ajang silaturahmi untuk mempererat relasi yang sudah dibangun. “UGM telah memiliki reputasi yang baik, namun jika kualitas tersebut tidak dipertahankan, lambat laun akan menurun. Akreditasi ini bisa menjadi salah satu upaya untuk mempertahankan reputasi tersebut,” ujar Sutanto.

Prof. Dr. Ridwan Amiruddin, SKM, M.Kes., M.Sc., PH (Asesor LAM-PTKes) menambahkan bahwa tujuan verifikasi ini adalah untuk mengetahui apakah dokumen yang dikirimkan menggambarkan kondisi yang sesungguhnya. “Untuk itu, saya mohon kerja sama dari bapak ibu supaya kegiatan yang akan dilaksanakan selama 3 hari ini bisa selesai dengan lancar,” tambahnya.

Agenda hari kedua (20/1) akan diisi dengan kegiatan asesmen wawancara pengguna lulusan, mahasiswa, tenaga kependidikan, dosen, dan alumni kemudian dilanjutkan dengan observasi sarana prasarana. Pada hari terakhir, akan dilaksanakan konfirmasi dan perbaikan berita acara, serta penandatangan berita acara yang dilakukan oleh asesor, UPPS, dan PS. (Nirwana/Reporter)

X