Satgas Covid-19 FK-KMK UGM
Menu
Tentang SHE & HPU
Tugas SHE
Alur Respon
Tentang SHE & HPU
Safety, Health, Environment (SHE) & Health Promoting Unit (HPU)
- Tim Safety and Health Environment (SHE) FK-KMK UGM merupakan unit di bawah Dekan FKKMK yang memiliki tugas utama untuk memastikan keamanan seluruh civitas akademika dan kesehatan lingkungan kampus FKKMK UGM dalam menjalankan aktivitas akademik sehari-hari. Tim SHE juga memberikan rekomendasi kepada unit di dalam lingkup FK-KMK terkait pelaksanaan dan penerapan aktivitas akademik yang sehat dan aman terhadap ancaman penularan infeksi di lingkungan kampus.
- Dalam kondisi pandemic COVID-19 ini, Tim SHE menjadi kesatuan support system yang akan melayani seluruh concern yang terkait tentang COVID-19 (all concern service). Layanan ini bekerja sama dengan Health Promoting Unit (HPU) FKKMK dan Satgas UGM.
- Penelusuran kontak (contact tracing), informasi layanan diagnosis dan tatalaksana orang yang terkonfirmasi serta monitoring selama karantina/isolasi mandiri dan informasi serta bantuan untuk ketersediaan shelter atau rumah sakit khusus COVID (RSKC) berada di bawah koordinasi seorang Ketua dan Manajer Insiden, bersama dengan PIC masing-masing fungsi.
- SHE juga bekerja sama dengan Genose Center untuk tes Genose, KORPAGAMA untuk layanan swab PCR SARS-CoV-2 dan Gadjah Mada Medical Center (GMC) untuk layanan swab antigen dan tatalaksana kasus.
- Masuk link SHE, bila anda merasa menjadi kontak erat kasus suspek atau probable COVID-19, atau merasa bergejala mirip COVID serta memiliki factor risiko tertular COVID-19
Tugas SHE
- Panel expert
- Memberikan arahan
- Mengeluarkan kebijakan yang mendukung
- Koordinator/Ketua
- Mengordinasikan pembangunan dan pengelolaan system care-support
- Manajer Insiden
- Memastikan system care-support yang dibangun berjalan sesuai dengan alur dan SOP yang telah disepakati
- Memastikan koordinasi antar unit yang berkaitan berjalan sesuai dengan alur
- Hotline
- Bertanggung jawab terhadap pengelolaan hotline
- Metaih operator hotline
- Memastikan operator hotline bekerja sesuai alur dan SOP yang telah ditetapkan
- Memberikan evaluasi dan feedback terhadap alur yang dibangun
- Operator Hotline
- Menjalankan alur hotline dan SOP yang telah ditetapkan
- Memberikan feedback terhadap system online
- Manajemen kasus
- Menjalankan alur manajemen kasus
- Mengelola setiap kasus sampai tuntas sesuai alur dan SOP menajemen kasus yang telah ditetapkan berdasarkan panduan nasional ter-updated
- Memberikan feedback terhadap alur dan SOP
- Manajer Isolasi Mandiri
- Mengatur kebutuhan fasilitas isolasi bagi civitas yang tidak mampu melakukan isolasi mandiri
- Mengatur pemberian paket isolasi mandiri COVID-19 bagi civitas yang membutuhkan
- Komunikasi Risiko dan Sistem Informasi
- Mengembangkan komunikasi risiko dalam pengendalian kasus COVID-19 secara umum dan di tempat kerja, sesuai dengan situasi terkini
- Mengembangkan system informasi untuk mendukung system CST COVID-19 di FKKMK UGM, meliputi: form skrining mandiri, dashboard hotline, dashboard manajemen kasus dan lainnya sesuai kebutuhan
- Mengelola database dan dashboard laporan
- Penelusuran kontak
- Mengembangkan dan menetapkan alur dan SOP untuk telusur kontak erat
- Melakukan penelusuran kontak erat kasus positif di lingkungan FK-KMK UGM dan mengelola kontak erat
- Mengidentifikasi adanya potensi kluster di lingkungan FK-KMK UGM
- Memberikan rekomendasi pengendalian kepada manajer insiden
- Pencegahan dan Penanggulangan
- Mengembangkan dan menetapkan alur dan SOP pencegahan dan penanggulangan penularan COVID-19
- Mengelola dan melakukan Langkah-Langkah pencegahan dan penanggualangan terhadap adanya penularan atau potensi penularan di lingkungan FK-KMK UGM
- Tim Desinfeksi
- Mengatur dan melaksanakan desinfeksi sesuai SOP dan berdasarkan arahan penanggung jawab pencegahan dan penanggulangan
Alur Respon
HOTLINE SHE
- Direct Call Line 0811-284-8778
- 0811-284-8778 | 0811-284-8206 | 0811-284-8297