Safety, Health, Environment (SHE) & Health Promoting Unit (HPU)
Tim Safety and Health Environment (SHE) FK-KMK UGM merupakan unit di bawah Dekan FKKMK yang memiliki tugas utama untuk memastikan keamanan seluruh civitas akademika dan kesehatan lingkungan kampus FKKMK UGM dalam menjalankan aktivitas akademik sehari-hari. Tim SHE juga memberikan rekomendasi kepada unit di dalam lingkup FK-KMK terkait pelaksanaan dan penerapan aktivitas akademik yang sehat dan aman terhadap ancaman penularan infeksi di lingkungan kampus.
Dalam kondisi pandemic COVID-19 ini, Tim SHE menjadi kesatuan support system yang akan melayani seluruh concern yang terkait tentang COVID-19 (all concern service). Layanan ini bekerja sama dengan Health Promoting Unit (HPU) FKKMK dan Satgas UGM.
Penelusuran kontak (contact tracing), informasi layanan diagnosis dan tatalaksana orang yang terkonfirmasi serta monitoring selama karantina/isolasi mandiri dan informasi serta bantuan untuk ketersediaan shelter atau rumah sakit khusus COVID (RSKC) berada di bawah koordinasi seorang Ketua dan Manajer Insiden, bersama dengan PIC masing-masing fungsi.
SHE juga bekerja sama dengan Genose Center untuk tes Genose, KORPAGAMA untuk layanan swab PCR SARS-CoV-2 dan Gadjah Mada Medical Center (GMC) untuk layanan swab antigen dan tatalaksana kasus.
Masuk link SHE, bila anda merasa menjadi kontak erat kasus suspek atau probable COVID-19, atau merasa bergejala mirip COVID serta memiliki factor risiko tertular COVID-19
Tugas SHE
Panel expert
Memberikan arahan
Mengeluarkan kebijakan yang mendukung
Koordinator/Ketua
Mengordinasikan pembangunan dan pengelolaan system care-support
Manajer Insiden
Memastikan system care-support yang dibangun berjalan sesuai dengan alur dan SOP yang telah disepakati
Memastikan koordinasi antar unit yang berkaitan berjalan sesuai dengan alur
Hotline
Bertanggung jawab terhadap pengelolaan hotline
Metaih operator hotline
Memastikan operator hotline bekerja sesuai alur dan SOP yang telah ditetapkan
Memberikan evaluasi dan feedback terhadap alur yang dibangun
Operator Hotline
Menjalankan alur hotline dan SOP yang telah ditetapkan
Memberikan feedback terhadap system online
Manajemen kasus
Menjalankan alur manajemen kasus
Mengelola setiap kasus sampai tuntas sesuai alur dan SOP menajemen kasus yang telah ditetapkan berdasarkan panduan nasional ter-updated
Memberikan feedback terhadap alur dan SOP
Manajer Isolasi Mandiri
Mengatur kebutuhan fasilitas isolasi bagi civitas yang tidak mampu melakukan isolasi mandiri
Mengatur pemberian paket isolasi mandiri COVID-19 bagi civitas yang membutuhkan
Komunikasi Risiko dan Sistem Informasi
Mengembangkan komunikasi risiko dalam pengendalian kasus COVID-19 secara umum dan di tempat kerja, sesuai dengan situasi terkini
Mengembangkan system informasi untuk mendukung system CST COVID-19 di FKKMK UGM, meliputi: form skrining mandiri, dashboard hotline, dashboard manajemen kasus dan lainnya sesuai kebutuhan
Mengelola database dan dashboard laporan
Penelusuran kontak
Mengembangkan dan menetapkan alur dan SOP untuk telusur kontak erat
Melakukan penelusuran kontak erat kasus positif di lingkungan FK-KMK UGM dan mengelola kontak erat
Mengidentifikasi adanya potensi kluster di lingkungan FK-KMK UGM
Memberikan rekomendasi pengendalian kepada manajer insiden
Pencegahan dan Penanggulangan
Mengembangkan dan menetapkan alur dan SOP pencegahan dan penanggulangan penularan COVID-19
Mengelola dan melakukan Langkah-Langkah pencegahan dan penanggualangan terhadap adanya penularan atau potensi penularan di lingkungan FK-KMK UGM
Tim Desinfeksi
Mengatur dan melaksanakan desinfeksi sesuai SOP dan berdasarkan arahan penanggung jawab pencegahan dan penanggulangan