Kedokteran

Program Studi Kedokteran nasional berstandar global yang inovatif dan unggul, serta mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dengan dukungan sumber daya manusia yang profesional dan berintegritas dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

  • Program Studi favorit. Selalu menjadi pilihan prioritas para calon mahasiswa.
  • Terakreditasi. Terakreditasi A oleh LamPTKes, dan terakreditasi s/d tahun 2019 oleh federasi¬† pendidikan dokter dunia (WFME). Penjaminan mutu akademik internal (AMI) dilakukan secara rutin setiap tahun sehingga manajemen akademik pengelolaan kurikulum, organisasi pendidikan, dan proses belajar mengajar selalu terjaga mutunya.
  • Sumber daya yang kuat. Prodi Kedokteran sebagai bagian dari FK-KMK UGM memiliki sumber belajar kuat dengan adanya 32 departemen, 9 pusat studi, 6 program studi master, 20 spesialisasi, 1 program studi doktoral.
  • Lebih kompetitif. Untuk mengikuti program studi dokter, masing-masing kandidat harus mengalahkan 40 kandidat. Hal ini memberikan dampak yang baik bagi program studi dengan memperoleh mahasiswa terbaik.
  • Kerjasama nasional dan internasional. Prodi Kedokteran mempunyai kerjasama dengan universitas-universitas ternama di Indonesia dan seluruh dunia yang memungkinkan studi lanjut S2 maupun S3.
  • Alumni yang tangguh. Ribuan alumni lulusan Prodi Keodkteran FK-KMK UGM mewarnai bidang kesehatan di Indonesia dan dunia. Hal ini sangat menguntungkan sebagai jejaring sumber daya manusia dan dukungan profesional tingkat nasional dan internasional.
  • Strategi Belajar terkini. Mulai tahun akademik 2020/2021, telah menggunakan kurikulum 2020 yang disesuaikan dengan Standar Nasional Pendidikan Dokter Indonesia Konsil Kedokteran tahun 2019. Struktur kurikulum yang diterapkan menggunakan pendekatan SPICES (Student-centred, Problem-based, Integrated or interprofessional, Community-based, Elective-driven, dan Systematic) yang berbasis luaran (outcome based education).
  • Dua program pendidikan. Kami memiliki 2 program pendidikan, yaitu program reguler dan program internasional.
  • Persentase tinggi lulus ujian nasional. Angka keberhasilan mahasiswa (first taker) pada ujian kompetensi dokter nasional sangat bagus. Lebih 90% siswa lulus untuk UKMPPD nasional. (Lihat spesifikasi program)

Program dan Kurikulum

Administrasi Akademik

X