Peranan Filantropi Kesehatan dalam Pencapaian Agenda Sustainable Development Goals

FK-KMK UGM. Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan Seminar dan Workshop Filantropi Kesehatan pada Selasa (02/02) melalui platform Zoom dan Live Streaming YouTube PKMK FK-KMK UGM. Kegiatan ini digelar secara daring dengan mengusung tema “Peranan Filantropi Kesehatan dalam Pencapaian Agenda Sustainable Development Goals”.

“Sistem kesehatan Nasional Indonesia saat ini mengalami goncangan besar karena Covid-19, goncangan tersebut tidak hanya dampak langsung covid-19 terhadap manusia. Namun, secara tidak langsung juga berdampak pada program-progam SDGs termasuk juga program kesehatan ibu dan anak. Yang menjadi problem bersama adalah masalah anggaran kesehatan yang tertekan untuk pembelian vaksin dengan jumlah yang besar dan tetap harus menangani jaminan kesehatan diiringi pendapatan negara yang berkurang karena pajak-pajak berkurang juga. Dengan situasi yang tertekan ini, perlunya usaha yang inovatif untuk bisa menahan goncangan ini menjadi lebih terkendali. Salah satu strategi untuk meningkatkan pendanaan kesehatan dari filantropi untuk program SDGs”, sambutan pembuka oleh Prof. dr. Laksono Trisnantoro, M.Sc., PhD, Guru Besar Ilmu Kesehatan Masyarakat FK-KMK UGM dan Staf Khusus Kementrian Kesehatan RI.

Sesi pertama seminar menghadirkan narasumber diantaranya, dr. Vivi Yulaswati, M.Sc., PhD., Staff Ahli Menteri Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian PPN/Bappenas, dengan topik “Peranan Filantropi dalam Pelaksanaan SDGs” dan menghadirkan dr. Jodi Visnu, MPH., Mahasiswa Tingkat II Program Doktor FK-KMK UGM dengan topik “Filantropi Kesehatan untuk Pembangunan Bangsa”, sesi kali ini dimoderatori oleh dr. Albarissa Shobry Abdalla.

Selanjutnya sesi kedua yang dimoderatori oleh dr. Jodi Visnu, MPH., menghadirkan narasumber diantaranya, dr. Imran Agus Nurali, Sp.KO., Dirjen Kesmas Kemenkes RI dengan topik “Kebijakan Filantropi dalam Kementrian Kesehatan”, dan menghadirkan menghadirkan Pungkas Bahjuri Ali, STP., M.S., PhD., Direktur Kesehatan dan Gizi Masyarakat dengan topik “Implementasi SDGs dalam Kesehatan untuk Peningkatan Kualitas Gizi Masyarakat”.

Selengkapnya seminar di link: https://youtu.be/JVV1WTvcWbA

(Arif AR/Reporter)

X