Peran Keluarga dalam Penurunan Angka Stunting

FK-KMK UGM berkomitmen untuk berkontribusi dalam mendukung percepatan penurunan angka stunting di Indonesia melalui kegiatan tri dharma perguruan tinggi. Peningkatan pengetahuan dan pemahaman keluarga serta komunitas penting untuk pencegahan stunting. Plt. Dekan FK-KMK, dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., Ph.D., FRSPH menyampaikan hal tersebut dalam sambutan webinar nasional Pencegahan Stunting melalui Pemenuhan Gizi Anak dan Peran Keluarga Pondasi Generasi Emas Indonesia, Kamis (28/7) secara daring.

Kegiatan webinar yang diselenggarakan oleh Pusat Kesehatan Gizi Manusia Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (PKGM FK-KMK) UGM dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli.

“Peningkatan pengetahuan dan pemahaman keluarga serta komunitas berperan penting untuk pencegahan stunting dan mempersiapkan anak agar tumbuh optimal menjadi generasi maju,” ungkap dr. Yodi. Lanjutnya, webinar ini merupakan salah satu upaya untuk turut memberikan edukasi tentang hal apa saja terkait dengan pencegahan stunting. Edukasi untuk masyarakat, khususnya yang berperan sebagai kader posyandu dan tim pendamping keluarga.

Webinar ini turut mengundang sejumlah narasumber yang akan memaparkan beragam topik menarik dan komprehensif antara lain fenomena stunting dari kacamata pemberdayaan perempuan, strategi dalam menghadapi tantangan pencegahan dan penanganan stunting, pemberdayaan masyarakat dan penguatan peran kader posyandu dan tim pendamping keluarga dalam pencegahan stunting, peran keluarga sebagai kunci pencegahan stunting, pemanfaatan pangan lokal untuk pencegahan stunting. Keempat topik tersebut akan dipaparkan langsung oleh para narasumber yang kompeten dalam bidang masing-masing yaitu Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Ir. Agustina Erni, M.Sc, Menteri Kesehatan Republik Indonesia Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG, Prof. dr. Endang L. Achadi, MPH, Dr.PH dari Universitas Indonesia, dan Setyo Utami Wisnusanti, S.Gz., MPH dari Universitas Gadjah Mada.

Sebelumnya PKGM FK-KMK UGM didukung oleh Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia meluncurkan “4 Seri Buku Cegah Stunting”. Peluncuran buku oleh drg. Agus Suprapto, M.Kes., Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK); Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr., Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada (UGM); Dr. Siti Helmyati, DCN., M.Kes., Ketua PKGM FK-KMK UGM, dan Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK., Medical & Scientific Affairs Director Danone Specialized Nutrition Indonesia, Rabu (27/07) secara daring. (Dian/IRO)

Webinar selengkapnya dapat di akses pada channel YouTube pada link berikut: Webinar Nasional Stunting 2022 – YouTube

X