Mengenal Kesehatan Sistem Saluran Pencernaan dan Permasalahannya

FK-KMK UGM. Kondisi saluran pencernaan yang sehat mampu membantu proses penyerapan nutrisi secara maksimal hingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat awam mengenai kesehatan pencernaan, FK-KMK UGM bekerjasama dengan BPP UGM/UGM Press menyelenggarakan kegiatan Bedah Buku “Sistem Gastrointestinal, Hepatobilier, Pankreas”, yang dikemas dalam bentuk talkshow kesehatan untuk masyarakat awam bertajuk: “Mengenal Kesehatan Sistem Saluran Pencernaan dan Permasalahannya”.

“Buku ini terdiri dari sembilan bagian yang merangkum semua permasalahan yang berkaitan dengan kesehatan saluran pencernaan manusia mulai dari anatomi, fisiologi, patologi dan segala hal dalam system pencernaan hinggsa farmakoterapi.”, jelas Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., SpOG(K)., Ph.D dalam sambutannya (18/11).

Acara rutin yang diselenggarakan oleh FK-KMK UGM ini bertujuan untuk menggali dan juga mendeseminasikan serta mempublikasikan buah karya dosen dari FK-KMK UGM untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akademik, klinisi, praktisi, peneliti dan juga alumni dan tentu saja untuk meningkatkan pengetahuan pada masyarakat umum.

Bedah buku kali ini dikemas dalam bentuk talkshow sehingga peserta bisa ikut langsung terlibat memberikan pertanyaan, komentar maupun tanggapan. Acara bedah buku dilaksanakan secara hybrid/daring-luring langsung dari Gedung pascasarjana tahir lt. 1 auditorium.

Acara dibuka dengan sambutan Dekan FK-KMK UGM. Beliau mengapresiasi ketekunan dan kerja keras tim selama penyusanan hingga penerbitan buku. Harapannya buku yang disusun oleh tim dosen FK-KMK UGM ini secara signifikan mampu memperkaya khasanah keilmuan maupun sebagai rujukan pendidikan kedokteran meningkatkan profesionalitas dokter maupun pemahaman masyarakat mengenai kesehatan saluran pencernaan.

“FK-KMK UGM merupakan salah fakultas yang paling produktif dalam mempublikasikan judul buku utamanya dalam bidang kesehatan, terhitung sejak 4 tahun terakhir sudah terbit 50 judul buku, yang artinya dalam satu tahun civitas akademika FK-KMK UGM mengeluarkan 10-15 judul buku.”, ungkap Manager UGM Press, Dr. I Wayan Mustika, S.T., M.Eng.

UGM Press juga berkomitmen akan selalu memfasilitasi civitas akademika UGM dengan terus meningkatkan kualitas buku yang diterbitkan.

Acara yang berlangsung selama 1 jam ini dihadiri sebagai narasumber adalah dr. Ahmad Hamim Sadewa, PhD dan pembedah dalam acara ini adalah Prof. Dr. Dra. Sunarti, M.Kes dan Dr. dr. Neneng Ratnasari SpPD, KGEH, dengan moderator dr. Widya Widyastuti, MSc., M.Med.Ed, PhD dan dihadiri pula kurang lebih delapan puluh peserta secara daring. (Yuga/Reporter)

X