Media Visual Fotografi Sebagai Konten Branding Rumah Sakit

FK-KMK UGM. Raisa Radio UGM mengadakan acara Bincang-Bincang Pagi dengan topik “Media Visual Fotografi Sebagai Konten Branding Rumah Sakit” yang disampaikan oleh Muhammad Fajar Apriyanto, S.Sn., M.Sn dosen Program Studi Fotografi FSMR ISI Yogyakarta. Acara ini berlangsung pada pukul 07.30-08.30 melalui platform Zoom dan aplikasi Radio Raisa di play store untuk android pada Senin (01/02).

Fajar Apriyanto memulai presntasi dengan memaparkan bahwa, “Rumah sakit memerlukan sebuah bahasa komunikasi visual nonverbal untuk menginformasikan kepada masyarakat umum mengenai fasilitas, sarana prasarana, dan kekuatan serta keunikan yang dimiliki rumah sakit”, paparnya.

Membangun konsep branding rumah sakit dapat dengan menonjolkan keunggulan atau kekuatan rumah sakit seperti: sejarah berdiri, pelayanan prima, arsitektur bangunan dan sebagainya. Adanya fotografi dapat memberikan bahasa visual yang mudah dipahami dan dimaknai tanpa harus memberikan intervensi berupa tulisan.

Kebutuhan branding rumah sakit dapat berupa company profile, brosur, website, katalog, sosial media, surat kabar ataupun baliho. Maka membutuhkan bagian marketing, public relations dan humas dalam penentuan objek yang akan difoto atau video. Pihak rumah sakit berdiskusi untuk menentukan spot dan titik yang akan menjadi objek foto. Selanjutnya dibuat time schedule jadwal pemotretan.

“Dalam fotografi angle atau sudut pengambilan gambar itu sangat sekali menentukan bagaimana informasi/pesan yang akan disampaikan ke masyarakat, karena setiap angle itu mempunyai persepsi yang berbeda-beda”, tambah Fajar.

Rentang waktu terbaik pemotretan di outdoor pada jam 06.00-08.00 dan 16.00-18.00. Sehingga hindari pemotretan jam 09.00-15.00 karena cahayanya terlalu keras dan kurang menguntungkan untuk fotografi. (Arif AR/Reporter)

X