WORKSHOP MANAJEMEN KEPERAWATAN DALAM KONSEP PATIENT CENTERED CARE

Rumah sakit memiliki tanggung jawab besar di bidang kesehatan serta dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan
bermutu tinggi dari masyarakat. Mutu pelayanan kesehatan yang tinggi dapat diwujudkan dalam bentuk pelayanan prima di
bidang kesehatan, yaitu suatu pelayanan kesehatan yang tidak hanya memberikan pelayanan sesuai standar tetapi juga
mengedepankan kepuasan pelanggan.
Perawat sebagai salah satu ujung tombak pelayanan kesehatan di rumah sakit harus memahami dan mengerti akan tuntutan
masyarakat tersebut, karena perawat menghadapi secara langsung pelanggan baik pasien maupun keluarga selama pasien
selama memperoleh pelayanan kesehatan di rumah sakit. Di samping itu, adanya keinginan dari pihak manajemen rumah sakit
kepada perawat untuk memberikan pelayanan komprehensif yang mampu memuaskan konsumen dan mampu menciptakan
loyalitas pelanggan, mengharuskan perawat untuk menjadi perawat yang profesional. Profesionalitas perawat ini akan diukur
melalui proses akreditasi ataupun evaluasi mutu yang lain.
Untuk mencapai pelayanan keperawatan yang profesional dan mampu mendukung keberhasilan akreditasi, diperlukan soft skill
dari para perawat. Namun seringkali, hal ini kurang dianggap penting oleh para perawat. Banyak permasalahan timbul yang
bersumber dari rendahnya soft skill yang dimiliki perawat dan selanjutnya berdampak pada rendahnya kepercayaan konsumen
pada perawat dan tidak munculnya loyalitas konsumen kepada rumah sakit. Pelatihan ini dirancang untuk dapat memperbaiki
soft skill dari para perawat rumah sakit dan akan berdampak positif pada pelayanan kesehatan di rumah sakit

Pelaksanaan:

tanggal :1 – 2 Juli 2013
pukul : 08.00 WIB
tempat : Fakultas Kedokteran UGM

TUJUAN WORKSHOP
1. Memahami peran keperawatan dalam konteks efisiensi dan
efektifitas pelayanan kesehatan di rumah sakit.
2. Memahami tentang patient centered care dan family centered care
3. Memahami tentang pengelolaan SDM keperawatan
4. Memahami tentang manajemen logistik bidang perawatan
5. Memahami tentang konsep soft skill pada pelayanan keperawatan
6. Mampu melakukan excellent services pada pelayanan keperawatan
7. Memahami tentang model praktik keperawatan profesional dan
standar asuhan keperawatan
8. Memahami dan melakukan audit keperawatan untuk mencapai
mutu pelayanan
9. Memahami konsep infeksi nosokomial dan pelaporannya

NARA SUMBER
1. Dr.Fitri Haryanti.S.Kp.M.Kes
2. Heru Subekti S.Kep.,Ns.MPH
3. Dian Wardanah.S.Kep.,Ns.,MPH,
4. Nuryandari.SKM.,M.Kes
5. Tim Training dan Konsultan Keperawatan

Informasi Pendaftaran:
Hernie Setyowatie, SE (Menik)
Gedung IKM Lantai 2, Jl. Farmako Sekip Utara Jogjakarta 55281
Telp/fax : 0274 – 581679 / 551408, HP : 0818 26 9560
Email : menik1234@yahoo.co.id,

poster bisa dilihat di : http://ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/1451/2013/06/Topik02PPE-2013-1.jpg

Berita Terbaru