JCOEMPH UGM Berbagi Pengalaman Pengelolaan Jurnal dengan BaliMedJ

FK-KMK UGM. Perwakilan Tim Editor Journal of Community Empowerment for Health (JCOEMPH) melakukan kunjungan ke Bali Medical Journal (BaliMedJ) dan publisher PT. Intisari Sains Medis, Kamis-Minggu (29 September – 2 Oktober 2022).  Kunjungan ini bertujuan untuk berdikusi dan berbagi pengalaman dalam pengelolaan jurnal baik terakreditasi nasional ataupun terindeks secara internasional dengan harapan dapat meningkatkan kualitas indeksasi JCOEMPH UGM.

Tim JCOEMPH terdiri atas Pimpinan Redaksi JCOEMPH (Editor in Chief) dr. Widyandana, MHPE., Ph.D., Sp.M(K), Editor Rekanan JCOEMPH (Associate Editor) dr. Hanggoro Tri Rinonce, Sp.PA(K), Ph.D., dan Dewan Redaksi JCOEMPH (Editorial Board) dr. Nurhadi Rahman, Sp.OG, Asisten Jurnal Manajer JCOEMPH Adibah RA., Dietisien, dan Staff FK-KMK Susy Heri Pertiwi, AMd. Tim JCOEMPH diterima oleh Editor Eksekutif (Executive Editor) BaliMedJ dr. I Gede Putu Supadmanaba, M.Sc, Manajer Jurnal (Journal Manager) dr. I.B. Amertha Putra Manuaba, SKed, MBiomed, Pimpinan Redaksi (Editor in Chief) Prof. Dr. Sri Maliawan, SpBS, Bali Medical Journal,

JCOEMPH sendiri merupakan jurnal pengabdian masyarakat di bawah Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM yang telah berdiri sejak tahun 2018 dan hingga kini aktif menjadi jurnal rujukan pengabdian masyarakat khususnya civitas akademika UGM. Jurnal yang telah memperoleh akreditasi SINTA 3 kini tengah menyusun langkah untuk menuju SINTA 1 dan tentu saja SCOPUS.

Sementara BaliMedJ merupakan rujukan jurnal kesehatan terindeks SCOPUS dan SINTA 1 di Indonesia. Tak hanya itu, beberapa indeksasi internasional seperti Web of Science dan DOAJ pun sudah didapatkan BaliMedJ. Tak ayal dalam sekali publikasi issue dapat mencapai puluhan manuskrip. Editor BaliMedJ pun meliputi empat benua dan lebih dari lima negara, hal ini tentu saja karena kerja sama BaliMedJ dengan para peneliti dan akademisi yang luar biasa.

Inovasi kegiatan JCOEMPH mendapatkan apresiasi dari Editor Eksekutif BaliMedJ, dr. I Gede Putu Supadmanaba, M.Sc. Inovasi kegiatan tersebut diantaranya: konferensi Conference on Community Empowerment for Health (CCE Health) yang diadakan tahunan untuk meningkatkan pengiriman naskah, lomba fotografi juga dilaksanakan untuk memperoleh gambar sampul tiap edisinya, dan workshop pendampingan jurnal setiap dua kali setahun.

Pimpinan Redaksi Bali Medical Journal mengatakan bahwa semangat tim editorial JCOEMPH patut diapresiasi karena masih sedikit jurnal kesehatan yang menjejaki indeks hingga SCOPUS sehingga masih banyak dibutuhkan lagi semangat para pengelola jurnal guna meningkatkan indeksasi jurnal kesehatan di Indonesia. Selain itu, yang paling penting adalah bagaimana cara meningkatkan sitasi jurnal JCOEMPH pada naskah terpublikasi di SCOPUS, hal ini tentu saja dapat meningkatkan penilaian pada penulis, editor, dan juga reviewer jurnal nantinya.

Tim JCOEMPH menyempatkan untuk berkunjung ke publisher jurnal di Denpasar, PT. Intisari Sains Medis atas usulan BaliMedJ yang disambut oleh dr. I Wayan Ardyan Sudharta Putra, S.Ked. Tim JCOEMPH menyampaikan tujuannya untuk menjalin kerja sama dalam pengelolaan jurnal dan disambut baik oleh PT. Intisari Sains Medis. (Kontributor: Adibah Rasikhah Amanto/JCOEMPH)

X