FK-KMK UGM Kembali Menggelar Winter Course 2023

FK-KMK UGM. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) berkolaborasi dengan Fakultas Farmasi dan Fakultas Kedokteran Gigi UGM melaksanakan Winter Course 2023 dengan tema “Healthy Lifestyle for the Prevention and Management of Metabolic Disorder”. Pada Senin (9/1), Pembukaan Winter Course 2023 telah dilaksanakan di Auditorium Lantai 1 FK-KMK UGM. Rangkaian kegiatan akan berlangsung selama 2 minggu mulai dari tanggal 9 Januari 2023 sampai dengan tanggal 20 Januari 2023.

Ketua Tim Internasionalisasi FK-KMK UGM, dr. Gunadi, Ph.D., Sp.BA, Subsp.D.A.(K) menjelaskan bahwa metabolic disorders merupakan kondisi yang saat ini menjadi perhatian dunia. “Bagian terpenting dari metabolic disorders adalah gaya hidup dan kebiasaan makan. Dalam Winter Course 2023 akan kita kupas bagaimana penanganan dan tindakan pencegahan dalam kasus metabolic disorders,” jelasnya.

Hadir pula Dekan dari ketiga fakultas yang berkolaborasi dalam kegiatan ini. Dekan FK-KMK UGM, dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., Ph.D., FRSPH mengungkapkan bahwa sejak era Covid-19, metabolic disorders semakin tinggi prevalensinya. Kondisi ini bisa ditangani dengan pendekatan interprofesional. Winter Course 2023 hadir dan didesain sebagai salah satu wadah untuk mempelajari hal tersebut,” jelas dr. Yodi.

Fakultas Farmasi diwakili oleh Sekretaris Program Studi Farmasi, apt. Muhammad Novrizal Abdi Sahid, M. Eng, Ph.D. Dirinya mengatakan bahwa topik yang diangkat dalam Winter Course 2023 penting karena prevalensinya di seluruh dunia terus meningkat. Semua peserta akan mendapatkan banyak pengetahuan baru mengenai metabolic disorders,” terangnya.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran Gigi hadir sebagai perwakilan dari FKG. “Fakultas Kedokteran Gigi menyambut dengan baik kolaborasi dalam Winter Course 2023 karena kegiatan ini merupakan salah satu wadah bagi mahasiswa untuk belajar secara interdisipliner dengan topik metabolic disorders,” ungkapnya.

Winter Course 2023 memiliki tujuan untuk dapat membuka wawasan peserta tentang berbagai strategi dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan sehingga lebih tanggap dan adaptif untuk melakukan pencegahan, promosi, dan rehabilitasi terkait metabolic disorders di masyarakat. Untuk mewujudkan hal tersebut, telah dihadirkan berbagai narasumber dari dalam dan luar negeri, seperti dari Universitas Gadjah Mada, Erasmus University Rotterdam, University of Malaya, dan Universiti Putra Malaysia.

Kegiatan Winter Course diikuti oleh 63 mahasiswa dari jenjang Sarjana, Pascasarjana yang terdiri dari 52 mahasiswa UGM dan non-UGM, serta 11 mahasiswa asing yang berasal dari Medical University of Innsbruck, Austria; International Medical University Malaysia; Univerity Putera Malaysia; dan Ramathibodi School of Nursing, Mahidol University. (Nirwana/Reporter)

X