FK-KMK Gelar Serah Terima Jabatan Dekan 2022-2026

FK-KMK UGM. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menggelar serah terima jabatan Dekan pengganti antar waktu 2022-2026, Kamis (6/10) di gedung Auditorium.

Acara serah terima tersebut sebagai tindak lanjut dari Surat Keputusan Rektor UGM Nomor: 900/UN1.P/KPP/Hukor/2022 tentang Dekan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM pengganti antar waktu periode 2021-2026, yang mengangkat dr. Yodi Mahendradhata, MSc., PhD., FRSPH., sebagai Dekan pengganti antar waktu per 1 September 2022 – 30 September 2026.

“Tantangan ke depan untuk FK-KMK UGM cukup berat untuk aspek Tridharma Perguruan Tinggi. FK-KMK UGM saat ini memiliki 38 prodi. Tugas dari fakultas adalah memfasilitasi agar proses pembelajaran kesemua prodi ini berjalan dengan baik, untuk sarana prasarana, maupun laboratorium pendidikan. Hilirisasi dan hulurisasi penelitian, administrasi, SDM terkait Guru Besar, kesejahteraan hingga masalah lain juga menjadi tantangan yang harus dihadapi FK-KMK UGM ke depan,” ungkap Ketua Senat Akademik FK-KMK UGM, Prof. dr. Tri Wibawa, PhD., SpMK., dalam sambutannya.

Prof. Tri juga menambahkan bahwa FK-KMK UGM juga akan menghadapi tahun 2023-2024 sebagai tahun politik, yang akan banyak mewarnai kebijakan nasional, dan berdampak langsung ke UGM. “Kita harus tetap mampu memelihara semangat atau pola pikir akademik yang egaliter agar tidak terpengaruh dengan pola politik yang ada,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini juga, Prof. Ova Emilia, selaku Dekan FK-KMK UGM periode sebelumnya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi mendukung kepemimpinanya selama di fakultas.

“Saya juga memohon maaf jika selama memimpin FK-KMK UGM ada banyak hal yang kurang berkenan bagi Sejawat, dosen, staf, maupun tenaga kependidikan. Semoga kolaborasi dan kerja sinergis ini masih bisa kita wujudkan bersama dalam ruang karya lain di Universitas Gadjah Mada,” ungkap Prof. Ova.

Dekan pengganti antar waktu, dr. Yodi, dalam forum serah terima jabatan ini juga mengungkapkan bahwa jabatan yang diemban saat ini adalah sebuah amanah besar. “Kami perlu menjamin keberlanjutan capaian kinerja sebelumnya. Terima kasih untuk pemikiran dan kinerja Dekan senior, serta kepemimpinan Dekan periode Prof. Ova yang mampu membawa FK-KMK UGM sebagai institusi pendidikan kedokteran, kesehatan masyarakat dan keperawatan menjadi trend setter di Indonesia,” ungkap dr. Yodi.

Posisi FK-KMK UGM saat ini, menurut dr. Yodi mampu menjadi modal besar untuk menghadapi banyak tantangan dan multidisrupsi. Di tengah berbagai disrupsi FK-KMK UGM harus berhadapan dengan beragam tantangan dan semakin menguatnya tuntutan masyarakat, baik untuk penguatan riset, semakin besar harapan peserta didik, dan semakin tinggi tuntutan Kemenkes untuk transformasi kesehatan terkait AHS.

“Di Fakultas ini telah berkumpul insan terbaik mulai dari dosen, mahasiswa, Tendik dan alumni, serta mitra yang hebat seperti RSUP Dr. Sardjito dan RS UGM untuk bahu membahu menghadapi tantangan ke depan. Semua potensi perlu disinergikan dan didukung oleh eksosistem yang mampu mengoptimalkan sinergi,” tegas dr. Yodi.

Dokter Yodi juga berkomitmen bahwa Renstra fakultas 2023-2027 akan menjadi program kerja 100 hari ke depan dengan memegang prinsip continuity and innovation sebagai kata kunci.

Acara serah terima jabatan ini ditandai dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Jabatan oleh Dekan FK-KMK periode 2021 – 2026 dan Dekan FK-KMK pengganti antar waktu periode 2021 – 2026. (Wiwin/IRO)

 

X