Etika dalam Dunia Kesehatan, Apa Saja Masalahnya?

FK-KMK UGM. Dr. Peter Johannes Manoppo, Sp.B., MBIO membahas etika dalam isu kesehatan pada webinar Raboan Discussion Forum yang diselenggarakan oleh  CBMH (Center for Bioethics and Medical Humanities) FK-KMK UGM, Rabu (21/9). Dr. CB Kusmaryanto, SCJ juga hadir dalam acara Raboan sebagai moderator.

Dr. Peter memaparkan bahwa ada beberapa hal yang menjadi latar belakang topik webinar kali ini, seperti mewujudkan zero hunger, air bersih dan sanitasi, kesehatan dan kesejahteraan, dan lain sebagainya.

“Beberapa etika isu kesehatan yang perlu dielaborasi adalah memaksimalkan peran komite etik di rumah sakit, lebih memperhatikan etika dalam gaya hidup dokter, serta edukasi, training, dan role modelling terkait etika di dunia kesehatan bagi mahasiswa kedokteran,” jelasnya.

“Permasalahan etika yang ada di Indonesia adalah pemilihan anggota komite etik di rumah sakit yang kurang transparan. Hal ini menyebabkan kepercayaan masyarakat berkurang,” Dr. Peter memaparkan. Peningkatan kepercayaan masyarakat ini yang harus lebih diperhatikan.

Dr. Peter juga menambahkan bahwa peran dokter di Indonesia terbatas pada pemeriksaan dan penanganan penyakit (misalnya operasi) sehingga hubungannya dengan pasien tidak seintim hubungan pasien dengan perawat.

Dr. Peter ada 3 cara untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat, yaitu kejujuran dari dokter, transparansi dalam penanganan pasien, serta memperbolehkan pasien untuk memiliki pilihan lain atas pengobatan dirinya. (Nirwana/Reporter)

X