FK-KMK UGM. Tugas akhir berupa skripsi, tesis, dan disertasi adalah karya tulis yang wajib bagi para mahasiswa di berbagai jenjang pendidikan tinggi guna memperoleh gelar akademiknya. Hal ini diatur pada Peraturan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Nomor 23 Tahun 2024 pada Pasal 44 ayat 3 bahwa “Tugas akhir dapat berupa skripsi, tesis, disertasi, prototipe, proyek, atau bentuk tugas akhir lainnya yang sejenis dan ditentukan dalam panduan tertulis pada Program Studi,”.
Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, maka Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM menggelar Forum Lokakarya Pembimbingan Tugas Akhir bagi para dosen pembimbing di lingkungan FK-KMK UGM.
“Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga menjadi dosen pembimbing telah menjadi salah satu tugas dan kewajiban kita bersama,” jelas dr. Ahmad Hamim Sadewa, Ph.D., Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FK-KMK UGM.
dr. Dwi Aris Agung Nugrahaningsih, M.Sc, Ph.D., fasilitator pada lokakarya tersebut, mengakui bahwa terdapat beberapa permasalahan dalam ujian proposal maupun akhir yang kerap terjadi. Di antaranya, kurangnya pemahaman proposal, kualitas dan kedalaman literatur, feasibilitas penelitian hingga kurangnya konsistensi proposal dan hasil.
“Perbedaan yang signifikan antara apa yang dijanjikan dalam proposal dan hasil akhir penelitian dapat menimbulkan kekhawatiran tentang metodologi atau pelaksanaan penelitian,” tegas dr. Agung.
Lebih lanjut, dr. Yoyo Suhoyo, MmedEd, PhD., menekankan bahwa para dosen pembimbing harus menerapkan prinsip students centered learning dalam pembimbingan. Di maksudkan, mahasiswa diposisikan pusat proses pembelajaran.
“Mari bersama mengupayakan pendidikan profesi kedokteran dan kesehatan yang lebih baik,” kutip dr. Yoyo mengakhiri pemaparannya.
Tidak hanya itu, lokakarya ini pun memberikan kesempatan kepada para dosen pembimbing untuk mendiskusikan secara berkelompok terkait berbagai persoalan pada dinamika pembimbingan tugas akhir.
Lokakarya ini mencerminkan dedikasi FK-KMK UGM dalam memastikan kesejahteraan pendidikan bagi tiap selaras Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yakni Kehidupan Sehat dan Sejahtera (SDG 3), Pendidikan Berkualitas (SDG 4), Industri, Inovasi dan Infrastruktur (SDG 7), serta Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab (SDG 12). (Isroq Adi Subakti/Reporter).