Dosen FK-KMK UGM Teliti Soal Kanker Retinoblastoma pada Anak

FK-KMK UGM. Dosen Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan telah melakukan penelitian terkait kanker retinoblastoma pada Rabu (25/1) di Auditorium FK-KMK UGM. Dalam disertasinya, dr. Purjanto Tepo Utomo, Sp.M(K) meneliti hubungan ekspresi mRNA PD-L1 dan TAZ serta ekspresi indeks proliferasi Ki-67 dengan karakter klinis retinoblastoma sebagai faktor prognostik.

Penelitian yang berjudul “Ekspresi PD-L1 dan TAZ serta Indeks Proliferasi Ki-67 sebagai Faktor Prognostik Retinoblastoma” ini dilakukan oleh dr. Tepo atas dasar beberapa penelitian terdahulu, yang jika ditarik kesimpulan akan menghasilkan kemungkinan adanya hubungan antara PD-L1 dan TAZ sebagai faktor prognostik retinoblastoma.

Menurut dr. Tepo, perlu dilakukan pencarian parameter lain dengan cara cek berulang kali menggunakan sampel yang lain. “Satu per satu sampel dicek menggunakan biomarker yang kita anggap bisa menjadi faktor prognostik,” tambahnya.

Hasil penelitian dr. Tepo menyebutkan bahwa bahwa ekspresi mRNA PD-L1 dan mRNA TAZ meningkat secara signifikan pada jaringan retinoblastoma dengan cut-off value sebesar 5.86 untuk PD-L1 dan 9.87 untuk TAZ. “Selain itu, kami menemukan bahwa status metastasis merupakan faktor prognostik yang berhubungan erat dengan overall survival pasien Retinoblastoma,” jelas dr. Tepo.

Melalui disertasinya, dr. Tepo berhasil meraih predikat sangat memuaskan dengan promotor Prof. Dr. dr. Agus Supartoto, Sp.M(K). (Nirwana/Reporter)

X