Doktor UGM Kaji Situasi ICU Masa Pandemi Covid-19

FK-KMK UGM. Mahasiswa Program Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM, dr. Mochamat Helmi, MSc., SpAn., KIC, FISQua, MARS, FRSPH., berhasil meraih gelar Doktor UGM ke-5.572 dengan predikat Cumlaude, dalam ujian terbuka promosi doctor, Senin (1/8) yang digelar secara daring.

Doktor Helmi dalam penelitiannya mengkaji mengenai “Situasi kerja tim medis Intensive Care Unit berfokus pada 4S (Space, Stuff, Staff, System) dalam Menghadapi Lonjakan Jumlah Pasien Kritis Covid-19”, dengan promotor Prof. dr. Laksono Trisnantoro, MSc., PhD.

“Pandemi Covid-19 memberikan tantangan tersendiri bagi tim medis ICU sehingga memerlukan manajemen kesiapan untuk menghadapi lonjakan jumlah pasien,” ungkap dr. Helmi mengawali paparan disertasinya.

Penelitian yang digiatkan pada bulan Maret – September 2022 ini secara umum bertujuan untuk mendokumentasikan situasi kerja ICU dalam menghadapi lonjakan jumlah pasien Covid-19 dengan pendekatan “4S”.

“Hasil penelitian menemukan bahwa tim medis ICU di berbagai RS tidak siap menghadapi surge capacity pada awal Pandemi COVID-19. Oleh karenanya rekomendasi untuk meningkatkan kesiapan perlu dilakukan dengan lebih baik agar lebih siap apabila menghadapi lonjakan jumlah pasien Covid-19 kembali,” ungkapnya. (Wiwin/IRO)

X