Ciptakan Lingkungan Kampus Sehat dengan HPU

FK-KMK UGM– Health Promoting University (HPU) merupakan program pendekatan untuk menciptakan lingkungan kampus yang sehat, Zero Tolerance, Narkoba, Tembakau, dan Alkohol. Saat ini HPU juga turut serta dalam pencegahan Covid-19 yang ada di dalam lingkungan kampus dengan membentuk perilaku yang sehat.

Tema yang diangkat oleh Health Promoting University tersebut juga menjadi perbincangan dalam Raisa Radio sore ini dengan topic: “Zero Tolerance, Narkoba, Tembakau, dan Alkohol” bersama Prof.Dra. R.A. Yayi Suryo Prabandari, M.Si., Ph.D dari Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan dan Kedokteran Sosial dan Dewan Pengarah Health Promoting University Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada

“Di UGM sendiri, program HPU telah berjalan cukup lama dengan tujuh tema utama, yaitu aktivitas fisik, pola makan sehat, kesehatan mental, literasi kesehatan, zero tolerance narkoba, tembakau, dan alkohol, zero tolerance, kekerasan, perundungan, dan pelecehan, serta pembentukan lingkungan hidup sehat, aman, dan ramah difabel” , ujarnya, Selasa (18/05).

Beliau juga menerangkan bahwa HPU merupakan suatu pendekatan untuk menciptakan lingkungan belajar dan budaya organisasi yang mendorong kesehatan, kesejahteraan, dan keberlanjutan komunitas, dan memberdayakan civitas untuk bisa mencapai potensi optimalnya.

Dalam Health Promoting University juga terdapat program pendampingan terhadap beberapa perguruan tinggi, ia berharap lebih banyak perguruan tinggi dapat menerapkan HPU dan meningkatkan derajat kesehatan di kalangan warga kampus yang meliputi dosen, mahasiswa, serta tenaga kependidikan.

“Harapannya bisa menyebarkan perguruan tinggi sehat dari barat sampai timur. Ini perlu kerja sama elemen-elemen di perguruan tinggi karena tujuannya melindungi kesehatan dan kesejahteraan,” kata Prof. Yayi.

Terakhir, beliau juga menyampaikan bahwa cita-cita dari adanya program ini adalah berusaha untuk menciptakan lingkungan dan budaya yang sehat sehingga menciptakan lulusan yang memiliki kesehatan dalam kapasitas intelektual serta didukung oleh medical record yang baik.

Bincang santai sore itu dimoderatori oleh  Sekar Putri Andriani, Mahasiswa Program Studi Kedokteran IUP FK-KMK UGM Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada. (Yuga Putri/Reporter)

X