Di era sekarang ini, kebutuhan informasi sudah sangat luas. Akses dalam mendapatkan informasipun beragam dan sangat cepat. Internet merupakan salah satu sumber informasi yang sangat dicari saat ini. Semua informasi mulai dari arti nama hingga informasi universitas di luar negeri dapat diakses dengan mudah dan cepat.
Website Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada merupakan pintu masuk bagi pihak internal dan eksternal untuk mengetahui tentang Fakultas. Informasi mengenai data Fakultas maupun informasi seminar/workshop/agenda kegiatan dapat diakses melalui website Fakultas. “Website merupakan salah satu persyaratan dalam akreditasi dari Dikti dalam sebuah institusi Perguruan Tinggi,” jelas Bu Fitri.
Workshop Jurnalistik dalam Media Online diselenggarakan untuk menunjang dan meningkatkan kualitas menulis dari kontributor website Fakultas, reporter Fakultas, staf kependidikan, dosen dan mahasiswa. Workshop yang dilaksanakan di UC UGM Hotel & Convention Yogyakarta (31/10) terselenggara atas dukungan pembicara, antara lain: Dr. Fitri Haryanti, S.Kp., M.Kes yang memberikan materi tentang kebutuhan liputan kegiatan untuk website Fakultas, beliau adalah Asisten Wakil Dekan Bidang Perencanaan, Aset dan Teknoligi Informasi. Dilanjutkan oleh Bapak Bagus Kurniawan dari detik com memberikan materi Kriteria Kegiatan dan Kebutuhan, Pentingnya serta Kode Etik Media Online.
Pembicara lain berasal dari RRI Yogyakarta, Ibu Munarsih dengan materi Teknik Menulis di Media Online. Dilanjutkan dengan Tips menulis kegiatan dan menulis di website oleh Gusti Grehenson, Humas UGM.
“Media online tidak mengenal periodesasi, bisa kapan saja, dimana saja dan tanpa batas. Bagaimana menulis yang singkat dan padat tetapi informatif,” jelas Pak Bagus. Perbedaan website official dan komersial adalah website official tidak boleh menerima iklan.
Ciri media online:
- Tidak mengenal periodesasi
- Cepat atau breaking news/flash news
- Sebaran luas
- Akurat, bisa dikroscek
- Interaktif, terjalinnya interaksi yang menarik antara media dan narasumber
Teknik menulis di Media Online
(Dian/IRO)