Optimalisasi UKS Sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan Remaja di SLTP Girimulyo Kulon Progo

FK-KMK UGM. Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada melaksanakan kegiatan Pelatihan Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Sekolah Menengah Pertama di Girimulyo, Kulon Progo pada Kamis, 1 Agustus 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari program pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Dr. Wenny Artanty Nisman, S.Kep., Ners., M.Kes. yang mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Sekolah untuk Meningkatkan Kesehatan Fisik, Psikologis, dan Kesehatan Reproduksi Remaja dengan Mengoptimalkan Peran Unit Kesehatan Sekolah di SLTP di Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo”.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kepercayaan dan kerjasama pihak sekolah akan pentingnya UKS dan upaya promotif dan preventive kesehatan yang dapat dilaksanakan melalui kegiatan UKS. Pada pelatihan pertama (01/07), target merupakan siswa-siswi kelas tujuh dan delapan yang akan menjadi kader di UKS masing-masing sekolah. Sekolah yang menjadi partisipan dalam kegiatan ini yaitu SMP N 1-6 Girimulyo, MTS N 4 Kulon Progo, serta SMP Sanjaya Girimulyo.

Pada pelatihan kedua, kader siswa-siswi akan mendapatkan materi tentang kesehatan fisik serta pengelolaan UKS. Materi yang diberikan berupa penanganan masalah kesehatan yang sering terjadi di sekolah. “Sebelumnya tim sudah melakukan identifikasi untuk menyesuaikan materi yang banyak terjadi di lapangan, sehingga bisa diaplikasikan oleh kader siswa-siswi maupun guru pengelola UKS,” jelas Dr. Wenny. Materi tentang kesehatan fisik di antaranya penanganan luka (P3K), penanganan nyeri haid, pingsan, sakit telinga, dan lainnya.

Melalui program ini diharapkan mampu meningkatkan upaya preventif dan promotif kesehatan di sekolah untuk mengoptimalkan kesehatan fisik, kesehatan psikologis, dan kesehatan reproduksi remaja di sekolah melalui kegiatan UKS yang dikelola dengan baik, juga dengan mengoptimalkan peran masyarakat sekolah yang meliputi guru dan siswa-siswi di sekolah tersebut. Selain itu, program ini diharapkan dapat memberikan pembekalan kepada remaja tentang keterampilan personal dan sosial untuk menghindari perilaku-perilaku negatif yang sering terjadi pada masa remaja. Program pengabdian masyarakat ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) poin 3 yaitu Kehidupan Sehat dan Sejahtera serta SDG 17 yaitu Kemitraan untuk Mencapai Tujuan (Reporter: Resha Ayu/Editor: Putri)

Berita Terbaru