HOSPREP Program 2024 Hari Ketiga: Pelatihan Kesiapsiagaan Fokus Simulasi Kasus dan Demonstrasi

FKKMK UGM. Kegiatan pelatihan dilakukan di Selayang Hospital di ibukota Malaysia, Kuala Lumpur, pada hari ketiga, 31 Juli 2024, setelah dua hari berada di National Institute of Health (NIH) Malaysia. Pelatihan difokuskan pada kunjungan fasilitas, demonstrasi, dan simulasi kasus. Dr. Fariza sebagai penyaji materi, serta peserta pelatihan yang terdiri dari tenaga medis dan manajer rumah sakit.

Pelatihan ini mencakup materi tentang kesiapsiagaan rumah sakit, kunjungan fasilitas, demonstrasi proses penerimaan pasien dan dekontaminasi, serta simulasi kasus. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan rumah sakit dalam menghadapi insiden kimia dengan fokus pada fase pra-respon dan respon, serta mengedukasi peserta tentang prosedur dan penggunaan alat pelindung diri (APD).

Kegiatan dimulai dengan materi tentang Hospital Preparedness yang disampaikan oleh Dr. Fariza. Materi yang disampaikan meliputi peran Emergency Department Operation Center (EDOC) dan Hospital Disaster Operation Center (HDOC). Direktur Selayang Hospital memberikan sambutan dan menjelaskan kapasitas serta keunggulan fasilitas rumah sakit. 

Peserta menyaksikan demonstrasi proses penerimaan pasien, dekontaminasi, dan penanganan pasien, serta berlatih menggunakan APD dan mengunjungi fasilitas laboratorium bergerak Departemen Kimia Malaysia. Pelatihan ini memberikan wawasan mendalam mengenai penerapan teori dalam praktik dan meningkatkan kesiapan rumah sakit dalam menghadapi berbagai situasi darurat. Kegiatan ini mendukung SDGs No.3 yaitu kehidupan sehat dan sejahtera. (Reporter:dr. Alif Indiralarasati/Editor: Guntari)

Berita Terbaru