Seminar PKR PrOmics untuk Mendorong Kolaborasi Riset Cancer Multiomics di Indonesia

FK-KMK UGM. Pusat Kolaborasi Riset Precision Oncology based Omics (PKR PrOmics) FK-KMK UGM bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI), dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), telah sukses menyelenggarakan seminar virtual pertama pada Selasa (23/07). Seminar virtual ini bertujuan untuk mendorong kolaborasi riset multiomics dalam bidang kanker dan pengembangan sumber daya manusia yang unggul di Indonesia.

Prof. dr. Sofia Mubarika Haryana, M.Med.Sc., PhD, selaku Ketua PKR PrOmics menyampaikan sambutan dan dilajutkan oleh Dr. Ajeng Arum Sari, Direktur Pendanaan Riset dan Inovasi dari Deputi Fasilitasi Riset dan Inovasi BRIN. Seminar yang dilaksanakan menggunakan Zoom Meeting ini terbuka untuk umum. Peserta seminar yang mengikuti meruapakan mahasiswa S1, S2, dan S3 dari berbagai institusi perguruan tinggi dan lembaga riset di Indonesia.

Pada seminar ini, terdapat beberapa panelis, di antaranya Prof. dr. Sofia Mubarika Haryana, M.Med.Sc., PhD (FK-KMK UGM), Prof. Dr. rer. physiol. dr. Septelia Inawati Wanandi (FK UI), dan Prof. Dr. Sunarno, M.Si. Med (BRIN). Dari abstrak yang masuk, sebanyak 10 mahasiswa terpilih untuk mempresentasikan penelitian mereka di bidang cancer multiomics.

Seminar dibagi menjadi dua sesi presentasi yang diikuti oleh sesi diskusi dan tanya jawab. Prof. Dr. rer. physiol. dr. Septelia Inawati Wanandi menyampaikan apresiasinya terhadap presentasi yang dipaparkan, menekankan betapa pentingnya data multiomics untuk riset kanker dan mendorong lebih banyak mahasiswa untuk terlibat dalam penelitian serupa di masa mendatang.

Acara ini tidak hanya menjadi wadah bagi para mahasiswa untuk mempresentasikan hasil penelitian mereka, tetapi juga sebagai platform untuk membangun jaringan kolaborasi yang kuat di bidang cancer multiomics. Inisiatif ini mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) 4 Pendidikan Berkualitas. Selain itu, kolaborasi riset yang diperkuat oleh seminar ini sejalan dengan SDG 17 Kemitraan untuk Mencapai Tujuan, yang menekankan pentingnya kemitraan global untuk mencapai tujuan-tujuan pembangunan berkelanjutan.

Dengan dukungan dari FK-KMK UGM, FK UI, dan BRIN, PKR PrOmics berkomitmen untuk terus mendorong inovasi dan kolaborasi di bidang penelitian kanker, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap ilmu pengetahuan dan kesehatan masyarakat di Indonesia. (Kontributor: Tim PrOmics FK-KMK UGM/Editor:Sitam).

Berita Terbaru