UGM Adakan Workshop Pengembangan Karir Dosen dan Pemutakhiran Data Rumpun Ilmu

FK-KMK UGM. Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar workshop bertajuk “Pemahaman Bersama terkait Pemutakhiran Data Rumpun Ilmu dikaitkan dengan Pengembangan Karir Dosen.” pada Jumat (07/06). Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada para dosen mengenai pentingnya pemutakhiran data rumpun ilmu serta dampaknya terhadap pengembangan karir akademik mereka.

Workshop ini menghadirkan tiga pembicara ahli, yakni Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M. Sc., Nafiron Musfiqin Uddin, S.E., MM., dan Prof. Ir. Sudaryono, M.Eng., PhD., IPU. Acara dibuka oleh Prof. Dr. Sulistiowati, S.H., M.Hum., selaku ketua senat akademik UGM, dan ditutup oleh Prof. Dr. Phil. Hermin Indah Wahyuni, S.IP., M.Si., yang menjabat sebagai sekretaris senat akademik. Pembicara membahas konsep-konsep terkait rumpun ilmu dan hubungannya dengan pengembangan karir dosen, serta memberikan panduan mengenai prinsip-prinsip ontologis, epistemologis, dan aksiologis dalam penetapan bidang keilmuan di UGM.

Diskusi dalam workshop ini juga melibatkan pengelolaan dan pemutakhiran data rumpun ilmu secara efektif. Prof. dr. Tri Wibawa, PhD., Sp.MK(K), salah satu staf dosen dari Departemen Mikrobiologi FK-KMK UGM dan ketua senat FK-KMK, memoderatori sesi diskusi. Para peserta berkesempatan untuk bertanya dan berbagi pandangan terkait strategi terbaik dalam memperbarui dan mengelola data akademik, yang menjadi salah satu aspek penting dalam pengembangan karir dosen.

UGM berkomitmen untuk mendukung pengembangan karir dosen dengan mengadakan berbagai kegiatan yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan dan kompetensi akademik. Workshop ini merupakan salah satu upaya konkret dalam meningkatkan pemahaman dosen mengenai data rumpun ilmu dan pengembangan karir, yang juga mendukung pencapaian SDG 4: Pendidikan Berkualitas. Dengan peningkatan pemahaman ini, diharapkan dosen-dosen UGM dapat mengoptimalkan kontribusi mereka dalam dunia akademik dan memberikan dampak positif bagi institusi serta masyarakat luas.

Workshop ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi para dosen dan mendorong mereka untuk terus berinovasi dalam bidang akademik, sehingga kualitas pendidikan di UGM terus meningkat dan sejalan dengan standar global. Dukungan UGM terhadap pengembangan karir dosen juga diharapkan mampu menciptakan lingkungan akademik yang dinamis dan produktif, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas lulusan serta penelitian yang dihasilkan oleh universitas. (Penulis: Dian A & Ayu R/Editor:Sitam).

Berita Terbaru