Proses Menua dan Sindrom Geriatri

FK-KMK UGM. Proses menua terjadi pada 2 dimensi, yaitu kronologis dan biologis. Secara kronologis, proses menua berkaitan dengan proses bertambahnya umur seseorang. Sedangkan secara biologis proses menua berkaitan dengan perubahan fisik dan kerja organ seseorang.

Pemaparan ini disampaikan oleh dr. Eko Aribowo, M.Kes., SpPD, KGer dari Departemen Ilmu Penyakit Dalam FK-KMK UGM dalam acara Bincang Sehat yang diselenggarakan oleh RAISA (Radio Sehat Indonesia) pada Senin (26/9).

Proses menua tidak bisa dihindari, tapi pola hidup sehat yang dijalani sejak usia muda dapat memperkuat fisik dan organ sehingga proses menua tidak terjadi terlalu awal. Makan makanan dengan gizi seimbang dan olahraga merupakan 2 hal dasar yang harus dibiasakan sejak dini.

“Untuk mengetahui kondisi tubuh kita, medical check up sedini mungkin dapat dilakukan. Hasil dari medical check up bisa digunakan sebagai dasar untuk mengetahui penyakit yang mungkin akan muncul,” ucap dr. Eko.

Proses menua tidak lepas dari munculnya sindrom geriatri. Sindrom geriatri adalah sekumpulan masalah kesehatan yang muncul pada seseorang yang berusia lanjut. “Beberapa contoh sindrom geriatri adalah gangguan tidur, dementia, osteoporosis, dan lain sebagainya,” ungkap dr. Eko.

Kemunculan sindrom geriatri tidak bisa diprediksi, tetapi kita bisa memperlambat kemunculannya dengan menjalani pola hidup sehat sejak dini. (Nirwana/Reporter)

Berita Terbaru