Belajar Sistem Kesehatan dari Pandemi

FK-KMK UGM. Departemen Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (KMK) Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menyelenggarakan The 16th Virtual Postgraduate Forum on Health System & Policy dengan topik Learning Health Systems During Pandemic and Beyond: Lessons from Asia on Innovations Toward More Resilient Health System. Acara berlangsung selama dua hari, Jumat-Sabtu (15-16/7) secara daring dan dapat disaksikan melalui kanal YouTube HPM FK UGM.

“Melalui pandemi sangat banyak ketidaktahuan dan ketidakpastian, kita melihat bagaimana belajar sangat penting bagi sistem kesehatan untuk navigasi. Kemampuan untuk belajar adalah kunci untuk kesiapsiagaan, karena kita hidup di zaman pandemi, krisis adalah new normal,” ujar Dekan FK-KMK dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., Ph.D., FRSPH dalam sambutannya.

Menurut dr. Yodi, sepanjang sejarah kesehatan menunjukkan bahwa bagian penting dari belajar (baik itu pandemi maupun krisis) adalah kemampuan pembelajaran sistem kesehatan telah membuat perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan dalam menghadapi setiap ancaman kesehatan dalam menciptakan kondisi kesehatan yang lebih baik, menerapkan kebijakan kesehatan serta reformasi. Namun demikian, pandemi kembali menunjukkan kepada kita bahwa tidak ada alternatif lain untuk sistem kesehatan, tetapi menjadi sistem kesehatan yang belajar.

Forum ini membahas mengenai sistem kesehatan dari berbagai negara di Asia dan sekitarnya, mengatasi dan belajar selama pandemi sesuai konsep sistem kesehatan, mengeksplorasi isu-isu strategis dalam sistem kesehatan selama pandemi, serta menghasilkan pengetahuan baru tentang pembelajaran sistem kesehatan.

Forum ini menghadirkan pembicara pakar baik dalam negeri maupun luar negeri. Forum ini merupakan Kerjasama antara FK-KMK UGM dengan Universiti of Kebangsaan Malaysia; Prince of Songkla University, Thailand; dan Centre for Health Equity Monitoring Foundation, Thailand yang diketuai oleh Dr. Diah Ayu Puspandari, Apt., M.Kes dari Departemen KMK FK-KMK UGM. (Dian/IRO)

Berita Terbaru