Konferensi Internasional Pertama Ina-MHPE

FK-KMK UGM. Departemen Pendidikan Kedokteran dan Bioetika Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) UGM menyelenggarakan kegiatan The 1st International Conference of Indonesian Medical and Health Professions Education (Ina-MHPEC).  Ina-MHPEC mengangkat tema yang berjudul “Towards the New Normal Era: Character Building and Competence Development in Medical and Health Professions Education”, Selasa-Rabu (5-6/7) di Gedung Auditorium FK-KMK, serta secara daring melalui platform zoom meeting.

Tenaga medis dan kesehatan yang profesional dan berkarakter baik dalam menjalankan tugasnya merupakan kewajiban. Tenaga kesehatan harus mampu melindungi dan memberikan rasa aman bagi masyarakat dalam aspek kesehatan, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup, serta meningkatkan produktivitas dan kompetensi. Perguruan tinggi dan sekolah kedokteran perlu melakukan reformasi pengembangan karakter dalam kurikulum pembelajaran pendidikan kedokteran dan kesehatan. Beberapa sekolah kedokteran di seluruh dunia telah menerapkan reformasi pengembangan karakter dalam kurikulum etika dan profesionalisme.

Konferensi internasional menghadirkan pembicara kunci dari luar negeri maupun dalam negeri, seperti Professor K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dengan topik The Role of National Outlook: Expected Values of PANCASILA for Health Professions Education, Professor Patricia S O’Sullivan, EdD dari University of California, San Francisco, USA yang memaparkan Character Building and Mentoring dan Professor Vishna Devi V Nadarajah BSc., MHPE., PhD dari International Medical University, Malaysia membahas tentang Teaching values through leadership training in medical and health professions education,

Professor Yvonne Steinert, Ph.DD. dari Faculty of Medicine and Health Sciences, McGill University, Montreal, Canada dengan topik current issue in professional development of medical and health professions education, serta Professor dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Ph.D., Sp.OG(K) FK-KMK UGM yang memaparkan creating ideal learning environment for character building in medical and health professions education. Selain itu pembicara pakar internasional dan nasional lainnya.

Kedepannya kegiatan konferensi internasional Ina-MHPEC akan rutin diselenggarakan tiap tahunnya sebagai komitmen untuk memajukan bidang pendidikan kedokteran dan profesi Kesehatan serta mengadakan forum ilmiah terpadu di bidang pendidikan kedokteran dan profesi kesehatan. Melalui konferensi ini juga diharapkan mampu untuk memberikan usulan ide penerapan character building bagi tenaga medis dan kesehatan.

Kegiatan ini merupakan serial kegiatan yang berlangsung sejak Januari hingga Juni 2022 yaitu pre-conference webinar The I Am HP Explore yang menghadirkan pembicara pakar Pendidikan kedokteran dan kesehatan dari nasional maupun internasional. Bulan Agustus – September 2022 akan diselenggarakan post-conference workshops. Konferensi internasional ini merupakan kerjasama dengan Departemen Pendidikan Kedokteran Universitas Indonesia (UI) dan Pendidikan Kedokteran Unit Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (UA) mengundang para pemimpin dan pendidik di dalam dan luar negeri. (Dian/IRO)

Berita Terbaru