Riset Kesehatan Berbasis Populasi Untuk Pendukung Kebijakan Kesehatan

FK-KMK UGM. Dalam rangka rangkaian kegiatan Annual Science Meeting (ASM) 2022 dan memperingati dies natalis Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) ke-76, HDSS Sleman menyelenggarakan Simposium HDSS Sleman dengan tema “Translating Research into Action: Peran data berbasis populasi sebagai sumber riset kesehatan berkelanjutan dan pendukung kebijakan kesehatan berbasis data”, Rabu(30/3).

Acara dibuka dengan sambutan oleh Dr. dr. Lina Choridah, Sp.Rad(K) selaku Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengembangan FK-KMK UGM yang menyampaikan tujuan diadakannya simposium ini adalah untuk diseminasi hasil penelitian yang telah dilakukan HDSS selama 8 tahun agar dapat digunakan lebih optimal untuk pembuat kebijakan.

“Tujuan dari simposium ini adalah untuk meningkatkan kemampuan civitas akademika FK-KMK UGM dan AHS terkait dengan penelitian longitudinal berbasis populasi dan memfasilitasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan di HDSS Sleman”, ungkap dr. Lina.

Narasumber dan panelis akan berbagi pengalaman dari berbagai kegiatan penelitian maupun pengabdian masyarakat yang memanfaatkan platform penelitian longitudinal berbasis populasi dalam rangka mendukung kebijakan kesehatan dan peningkatan status kesehatan masyarakat.

Simposium dibagi menjadi empat sesi, pertama adalah  sesi mengenai HDSS Sleman dan kegiatan advokasi ke Kabupaten Sleman. Dalam sesi ini disampaikan mengenai hasil dari kegiatan HDSS Sleman yang telah dimulai sejak tahun 2015 oleh Yayuk Hartiyanti, SKM, MPH. Selanjutnya adalah penyampaian materi oleh dr. Lutfan Lazuardi, M.Kes., Ph.D mengenai peran HDSS untuk mendukung perencanaan dan evaluasi program kesehatan dan sosial Pemda.

Sesi kedua membahas mengenai memanfaatkan data sekunder HDSS Sleman untuk tugas akhir dan publikasi. Sesi ini disampaikan oleh tiga narasumber yaitu dr. Fatwa Sari Tetra Dewi, MPH, Ph.D; dr. Raimond Andromega, MPH, dan dr. Beta Ahlam Gizela DFM, Sp.FM(K).

Selanjutnya sesi ketiga membicarakan topik pengabdian masyarakat menjawab tantangan kondisi kesehatan berdasarkan data populasi dan pada sesi terakhir mengenai pemanfaatan platform penelitian longitudinal berbasis populasi dalam penelitian lanjutan/penelitian tersarang.

HDSS Sleman adalah Sistem Surveilans Demografi dan Kesehatan (Health and Demographic Surveillance System/HDSS) merupakan sistem surveilans yang mengumpulkan data transisi kependudukan, status kesehatan dan transisi sosial secara periodik dalam kurun waktu tertentu. Pada tahun 2014, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman menginisiasi pelaksanaan HDSS di Kabupaten Sleman.

(Yuga Putri/Reporter)

Berita Terbaru